air mineral terbaik

Air Mineral Terbaik? Berikut Rekomendasi dan Penjelasan TUNTAS Mengenai Mineral Water

Air Mineral tidak seperti AIR BIASA yang melalui proses KIMIA. Air Mineral berasal dari lapisan bawah tanah yang sudah bersih secara alami.

Seperti namanya, air mineral mengandung banyak mineral yang bermanfaat untuk tubuh, seperti magnesium, kalsium, dan sodium.

Tapi, apakah air mineral itu lebih baik jika dibandingkan dengan air minum biasa? Dan apa saja manfaat air mineral untuk kesehatan tubuh?

Dalam artikel ini, akan kita kupas tuntas apa saja jenis-jenis air mineral, manfaat, dan rekomendasi Air Mineral Terbaik untuk Anda.

 Jenis-jenis Air Mineral di Indonesia

air minum sehat

Apakah Anda bisa membedakan antara Air Mineral, Air Demineral, Air Mineral Alami, dan Air Minum Embun?

Ya, sekilas terdengar sama, tapi beberapa jenis air tersebut berbeda.

Pemerintah Indonesia melalui Menteri Perindustrian sudah membedakan Air Mineral menjadi 4 bagian, yaitu:

1. Air Mineral

Air Mineral adalah air minum dalam kemasan yang mengandung mineral dalam jumlah tertentu tanpa menambahkan mineral dengan atau tanpa penambahan oksigen (O2) atau karbon dioksida (CO2).

2. Air Demineral

Air Demineral adalah air minum dalam kemasan yang diproses melalui proses pemurnian secara destilasi, deionisasi, reverse osmosis dan/atau proses setara lainnya, dengan atau tanpa penambahan oksigen (O2) atau karbondioksiada (CO2).

3. Air Mineral Alami

Air Mineral Alami adalah air minum yang diperbolehkan langsung dari air sumber alami atau di bor dari sumur dalam, dengan proses terkendali yang menghindari pencemaran tau pengaruh luar atas sifat kimia, fisika, dan mikrobiologi air mineral alami.

4. Air Minum Embun

Air Minum Embun adalah air minum yang diperoleh dari proses pengembunan uap air dari udara lembab menjadi tetesan air embun yang diolah lebih lanjut menjadi air minum embun yang dikemas.

Bagaimana, sekarang sudah tahu kan jenis-jenis air mineral yang direkomendasikan pemerintah untuk dikonsumsi? Alhamdulillah….

Masyarakat masih mengkonsumsi Air Keran/PDAM untuk minum, apakah Aman? Dan Apa bedanya dengan Air Mineral?

air keran

Semua makhluk hidup perlu minum untuk bertahan hidup. Air tidak hanya mengandung unsur fisik cair yang penting untuk tubuh, tapi juga memiliki unsur-unsur penting untuk kesehatan tubuh.

Sebagian masyarakat Indonesia mengkonsumsi AMDK (Air Mineral Dalam Kemasan) untuk kebutuhan sehari-hari, karena AMDK dianggap lebih bersih dari zat-zat berbahaya dalam tanah, karena diambil dari sumber air murni.

Bagaimana air mineral jika dibandingkan dengan Air Keran/PDAM?

Berdasarkan Penelitian, perbedaannya tidak terlalu jauh.

Kedua jenis air tersebut sama-sama melalui proses pengolahan, tapi keduanya memiliki kadar yang berbeda. Apa saja perbedaanya? Akan kita kupas perbedaan air mineral dan air keran berikut ini:

Air Keran/PDAM

air minum keran

Air Keran biasanya berasal dari air bawah tanah yang dipompa ke atas untuk disalurkan ke rumah-rumah warga untuk dikonsumsi.

Sumber air dipompa ke pabrik untuk diolah, dimana air tersebut akan diproses, diberi desinfektan secara kimia.

Hasil pengolahan disalurkan ke rumah-rumah warga melalui sistem perpipaan sehingga bisa dikonsumsi.

Sama seperti air mineral, air keran memiliki kandungan mineral yang dibutuhkan oleh tubuh seperti kalsium, magnesium, dan kalium.

Akan tetapi kandungannya lebih tinggi dibanding air mineral.

Sebagian pakar berpendapat itu baik bagi tubuh, tapi ada beberapa poin yang perlu Anda perhatikan, seperti endapan yang mengakibatkan korosi pada pipa yang terbawa air dan mungkin Anda konsumsi.

Air Mineral

sumber mata air

Air Mineral berasal dari sumber mata air.

Sumber mata air ini ada beberapa jenis, ada sumber mata air bawah tanah yang terjadi secara alami dari panas bumi, ada juga yang dari bawah pegunungan.

Air mineral dari air mata pegunungan dianggap lebih bersih dan lebih segar, karena berasal dari perut bumi dataran tinggi yang jauh dari pencemaran lingkungan.

Baca Juga: Menu Sarapan Sehat

Pemerintah Indonesia sudah mengeluarkan peraturan SNI bagi produsen air mineral, jika hendak memproduksi AMDK.

Mineral yang terkandung dalam air mineral setidaknya mengandung beberapa unsur dibawah ini:

  • Kalium
  • Bikarbonat
  • Seng
  • Kalsium
  • Sodium
  • Besi
  • Magnesium

Tidak seperti air PDAM, air mineral di masukkan dalam kemasan langsung dari sumbernya.

Kebanyakan orang lebih memilih air mineral karena dianggap lebih bersih dan segar, karena berasal dari sumber mata air pegunungan dan minimnya proses desinfeksi Kimia.

Rekomendasi air mineral yang bagus  dikonsumsi adalah Air Mineral Dzakya yang diproduksi PT Dzakya Tirta Utama.

Dzakya merupakan air mineral terbaik karena diambil dari sumber mata air pegunungan Karanganyar Solo.

Dzakya banyak digunakan pasien untuk perawatan kesembuhan, bahkan seluruh RS di Solo menggunakan Air Mineral Dzakya untuk diberikan kepada pasiennya.

Apa Saja Manfaat dan Kegunaan Air Mineral bagi Tubuh?

air mineral

Kenapa mengkonsumsi air mineral begitu penting bagi tubuh? dan apa saja akibatnya kalau kekurangan cairan dalam tubuh?

Segala rasa penasaran itu akan kami jawab pada penjelasan berikut:

  1. Air Mineral Sebagai Sumber Magnesium

    Air mineral dan Air Keran/PDAM  sama-sama mengandung magnesium. Zat ini bermanfaat untuk mengatur kadar glukosa dalam darah, mengatur tekanan darah, dan fungsi saraf.

    Kebutuhan magnesium antara laki-laki dan perempuan berbeda, berikut perbedaannya:
    – Wanita membutuhkan 310-320 mg
    – Laki-Laki membutuhkan 400-420 mg

    Beberapa gejala yang ditimbulkan karena kekurangan magnesium adalah sebagai berikut:

    1. kelelahan
    2. mual dan muntah
    3. kehilangan selera makan
    4. kelelahan otot
  2. Air Mineral Bermanfaat untuk Menurunkan Tekanan Darah

    Kekurangan magnesium bisa mengakibatkan tekanan darah tinggi, gagal jantung, dan menyebabkan kondisi dimana detak jantung berjalan tidak normal. Oleh sebab itu, penting sekali mengkonsumsi air mineral bagi tubuh.

  3. Air Mineral Mengatur Sirkulasi Darah

    Kalsium, Magnesium, dan Kalium yang terkandung dalam air mineral bisa memperlancar sirkulasi darah. Semakin banyak air yang terdapat dalam tubuh manusia, maka peredaran darah juga semakin mudah. Akan tetapi para ahli sudah merekomendasikan untuk mengkonsumsi air mineral setidaknya 1 liter setiap hari.

  4. Air Mineral Penting untuk Memperkuat Tulang

    Air mineral mengandung kalsium yang baik untuk tulang, apalagi ketika masih dalam masa pertumbuhan.

    Selain itu sangat bermanfaat dalam mensuplay kebutuhan kalsium untuk pertumbuhan tulang Anda.

Rekomendasi Air Mineral Terbaik untuk dikonsumsi Sehari-hari

air mineral terbaik

Kami membuat penelitian dengan membandingkan beberapa produk air mineral dalam kemasan berdasarkan Harga dan Kandungan dalam Air Mineral.

Seperti kita tahu bersama “Top Of Mind” air minum di Indonesia dianggap sebagai air mineral terbaik. Tapi tahukan Anda, bahwa mereka punya pabrik yang berbeda-beda, dan setiap pabrik memiliki sumber air mineral yang berbeda, otomatis kandungan mineral yang terkandung juga tidak sama.

Oleh sebab itu, kami merekomendasikan dua Brand Air Mineral yaitu Air Mineral Dzakya dan Air Ok Oce.

Kenapa Banyak Orang Merekomendasikan Air Mineral Dzakya dan Air Ok Oce sebagai air mineral terbaik? berikut penjelasannya….

  • Berasal dari sumber mata air pegunungan dataran tinggi, sehingga tidak mengandung zat berbahaya dari pencemaran lingkungan.
  • Semua Rumah Sakit di Solo menggunakan Air Mineral Dzakya, karena setiap orang sakit membutuhkan minuman dan makanan yang sehat bergizi.
  • Sedekah setiap Liter-nya. Setiap 1 Liter air yang terjual, maka Dzakya dan Ok Oce bersedekah Rp 15,- ke masyarakat melalui BAZNAS.

Bagaimana? Sudah tahu kan perbedaan dan manfaat air mineral?

Yuk mulai hidup sehat dari sekarang…… 🙂

Leave a Reply