KINGPRASTYO.COM

Tempat Sharing Informasi Generasi Milenial

img
Home / Artikel / Gaya Hidup / 13 Menu Sarapan Sehat yang Wajib Anda Konsumsi

13 Menu Sarapan Sehat yang Wajib Anda Konsumsi

/
/
/
158 Views

Beberapa orang sering mengabaikan sarapan pagi, mungkin karena terburu-buru mau berangkat sekolah, kuliah atau kerja. Sehingga sarapan kadang terabaikan begitu saja karena tidak sempat menyiapkan sarapan.

Saran saya, mulai sekarang hentikanlah kebiasaan tersebut dan mulailah untuk tidak mengabaikan sarapan. Beberapa penelitian menunjukan mereka yang mengkonsumsi menu sarapan sehat dengan teratur, akan memiliki badan yang ideal dan juga akan meningkatkan produktivitas dalam belajar maupun bekerja.

Sarapan di pagi hari berguna untuk mengganti nutrisi-nutrisi yang hilang setelah perut kosong selama waktu istirahat di malam hari. Pada pagi hari zat gula dalam tubuh akan turun ketingkat yang paling rendah karena perut kosong selama berjam-jam.

Pada saat bangun tidur, tubuh membutuhkan sekitar 114 macam nutrisi untuk memenuhi kebutuhan sel-sel tubuh. Oleh karena itu sarapan juga tidak boleh sembarangan. Berikut beberapa jenis makanan yang baik untuk sarapan.

1. Menu Sarapan Sehat dengan Telur

Telur-menu-sarapan
besthomechef.com.au

Di dalam telur, terkandung banyak protein sehingga sebagian orang memilih untuk memilih telur kerena baik untuk sarapan. Protein yang terkandung dalam telur sangat cocok untuk menjadi tenaga ketika kita hendak beraktifitas.

Kandungan satu buah telur ukuran besar mengandung sekitar 6 gram protein. Di mana protein ini bisa didapatkan dari telur yang direbus. Anda pun bisa memakanya satu atau dua telur untuk menjadi menu sarapan, sehingga bisa memperoleh tenaga dan agar tidak mudah lapar.

2. Sarapan Sehat dengan Oatmeal

sarapan-oatmeal
www.eggs.ca

Oatmel merupakan makanan yang berbahan dasar gandum. Makanan ini tentunya banyak mengandung gizi dan juga serat sehingga sangat baik untuk dikonsumsi tubuh. Selain karena praktis untuk sarapan, oatmeal juga bisa membuat tubuh tetap sehat, bugar dan berenergi.

Sarapan pagi dengan oatmel bisa membuat perut kenyang lebih lama dan bisa bertahan sampai jam makan siang tiba. Oatmeal memilki kandungan 150 kalori. Dengan begitu, oatmeal bisa memenuhi 15% serat dan 10% zat besi dari kebutuhan normal gizi di dalam tubuh.

Jika ingin varian yang berbeda bisa menambahkan buah-buahan yang segar untuk menambah rasa dan juga memperkaya vitamin lainya.

3. Minum Susu Segar

sarapan-susu-segar
healthimpactnews.com

Susu meruppakan salah satu dari makanan 4 sehat 5 sempurna. Minuman yang umumnya berasal dari sapi ini dikenal akan kaya kalsium dan mineral, yang tentunya baik untuk menguatkan tulang dan mencegah Osteoporosis.

Meneguk setidaknya satu gelas susu perhari bisa mempengaruhi performa otak dan mental. Menurut Milk Life (28/10/2004) dalam study di International Diary Journal, tim peneliti dari University of Maine menemukan orang dewasa dengan konsumsi susu teratur mempunyai daya ingat yang tinggi. Bahkan hasil study menyatakan peminum susu menunjukan kesehatan lebih baik secara keseluruhan.

4. Sarapan Roti Tawar Gandum

sarapan-roti-gandum
news.discovery.com

Pada umumnya roti tawar gandum tidak jauh beda dengan roti tawar putih lainya, karena sama-sama terbuat dari gandum. Bedanya roti tawar gandum memiliki serat yang lebih banyak ketimbang roti tawar putih.

Selain mengandung serat yang tinggi, roti tawar gandum juga mengandung vitamin dan mineral yang lebih tinggi dari pada roti tawar biasa. Biasanya roti gandum bisa dimakan dengan susu atau madu, yang tentunya akan menambah gizi untuk tubuh.

5. Menu Makan Pagi dengan Ubi Rebus

sarapan-ubi-rebus
kaloriku.com

Mungkin sebagian orang tidak mengira bahwa ubi sangat baik untuk sarapan. Di dalam ubi terkandung berbagai gizi yang baik untuk tubuh, beberapa diantaranya ubi mengandung vitamin C dan A, yang tentunya sangat baik untuk mata dan imunitas.

Meskipun rasanya manis, ubi mengandung kalori lebih sedikit, lebih banyak serat, dan karbohidrat yang banyak. Serat yang terkandung di dalam ubi bisa menjadi sumber energi terbaik untuk anda yang aktif.

6. Menu Sarapan Sehat Beras Merah

nasi-beras-merah
www.allianz.co.id

Di masyarakat, beras merah mungkin memang tidak sepopuler beras putih. Tapi, apakah anda tau kandungan beras merah lebih baik dari pada beras putih?. Nah, ternyata, di dalam beras merah terkandung zat-zat yang luar biasa dan tentunya sangat berguna bagi tubuh.

Beras merah memiliki kandungan vitamin B dan vitamin E, kaya akan serat alami dan kandungan mineral yang tinggi. Serat yang terkandung di dalam beras merah sangat bagus untuk pencernaan, sehingga sangat cocok dikonsumsi pada pagi hari ketika perut masih kosong.

7. Asupan Gizi dengan Sarapan Buah-buahan

sarapan-buah-buahan
www.ebubble.com

Beberapa orang mungkin bertanya-tanya, pagi-pagi kok makan buah, gak sakit tuh perutnya?  Sebenarnya, itu semua hanya mitos. Buah mengandung begitu banyak zat-zat alami yang sangat dibutuhkan oleh tubuh.

Sarapan buah bisa dengan berbagai variasi. Bisa dibikin jus tapi tanpa gula, bisa dicampur dengan berbagai jenis buah lainya dan dibikin salad buah atau langsung dimakan juga sama baiknya.

8. Konsumsi Madu di Pagi Hari

sarapan-madu
www.lifehack.org

Madu diketahui memiliki begitu banyak manfaat yang baik untuk kesehatan. Cairan yang keluar dari lebah ini tidak bisa kadaluarsa dan bisa dicampur ke berbagai minuman dan olahan makanan.

Minum satu sendok madu dengan teratur di pagi hari sangat baik untuk tubuh. Selain untuk kesehatan tubuh madu juga bisa menambah stamina untuk beraktifitas di pagi hari. Bahkan beberapa atlit pun mewajibkan untuk minum satu sendok madu setiap pagi. Selain itu madu juga bagus untuk perempuan yang ingin mempunyai rahim sehat dan terhindar dari penyakit.

9. Menu Sarapan Sehat Kentang Rebus

sarapan-kentang-rebus
www.harvesttotable.com

Berbagai jenis sayuran sangat baik dikonsumsi. Tapi disini penulis memasukan jenis kentang rebus untuk menjadi menu sarapan pagi yang sehat. Mengapa kentang? Manfaat kentang rebus sebagai sumber karbohidrat yang kaya akan nutrisi serta kalori rendah dan kaya vitamin C. Bahkan di negara-negara Eropa kentang sudah menjadi makanan pokok.

 

 

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: