9 Tips Membuat Surat Lamaran Kerja Anti Ditolak

Surat lamaran kerja merupakan hal penting yang harus dipersiapkan ketika kamu ingin mendaftar suatu pekerjaan. Diterima atau tidak kamu nantinya pada perusahaan yang dituju bisa jadi ditentukan berdasarkan surat lamaran kerja yang kamu buat.

Dalam surat lamaran kerja memuat informasi tentang diri kamu secara individu, sehingga dapat pula dikatakan dalam surat ini kamu mempromosikan diri agar nantinya perusahaan dapat tertarik untuk merekrut kamu menjadi salah satu karyawan disana.

Penting untuk diperhatikan bahwa dalam menulis surat lamaran kerja harus natural dan yang pasti ada dalam diri kamu. Sehingga kamu tidak membuat informasi yang terkesan mengada-ada agar mudah diterima pada perusahaan yang dituju tersebut.

Agar surat lamaran kerja yang kamu tulis tidak salah kaprah dan sesuai dengan kriteria yang diinginkan, carilah referensi untuk membuat surat lamaran kerja. Kamu bisa menggunakan internet dan buku-buku panduan cara menulis surat lamaran kerja.

 

Menulis surat lamaran kerja yang baik dan benar, ada aturan-aturan yang harus diperhatikan. Tentu saja dalam membuatnya kamu tidak bisa asal-asalan, selain itu kata yang digunakan harus tertata dan baku.

Begitu banyak orang yang membutuhkan pekerjaan, namun jumlah lapangan kerja yang tersedia kurang memadai. Agar kemungkinan diterima di perusahaan yang kamu inginkan semakin besar, maka kamu harus menulis surat lamaran yang baik dan benar. Banyak persiapan yang harus kamu lakukan dalam mendaftar suatu pekerjaan.

Selain menyiapkan mental, tenaga, dan biaya untuk mendaftar pada perusahaan/instansi yang kamu tuju, kamu juga harus siap menghadapi persaingan yang ketat untuk memasuki perusahaan yang diinginkan. Karena hanya orang-orang yang sesuai dengan kualifikasi yang akan diterima oleh perusahaan.

 

Untuk menentukan siapakah calon pekerja dapat diterima atau tidak, biasanya perusahaan akan melakukan penilaian pertama kali pada surat lamaran yang telah dibuat. Karena dari situ sudah terlihat bagaimana calon pekerja tersebut, apakah sudah lolos kriteria yang dibutuhkan atau belum.

Namun kamu tidak perlu khawatir yang berlebihan apakah bagimana membuat surat lamaran dengan baik dan benar atau tidak. Apakah bisa atau tidak, karena semua itu tentu membutuhkan usaha yang besar pula.

Agar peluang untuk diterima semakin besar, gunakan tips-tips berikut ini :

 

Tips Menulis Surat Lamaran Kerja

1. Pastikan kamu benar-benar mengetahui bahwa di perusahaan yang dituju sedang membuka lowongan pekerjaan. Baca dengan baik persyaratan yang dibutuhkan untuk posisi yang kamu inginkan. Hal ini agar isi surat lamaran yang dibuat tidak keluar konteks.

2. Gunakan bahasa baku dan sesuai ejaan yang disempurnakan (EYD) dalam menulis surat lamaran kerja, jika perusahaan yang kamu tuju adalah perusahaan nasional.

3. Jika perusahaan yang kamu tuju adalah perusahaan internasional, tentu saja kamu harus menggunakan bahasa Inggris yang baik dan benar, serta dapat dimengerti oleh pembaca.

4. Kata-kata yang digunakan harus jelas, singkat, mudah dipahami, dan menarik. Karena disitulah yang akan menunjukkan kualitas diri mu.

5. Pastikan tidak salah dalam menulis alamat, harus jelas, kepada siapa, dimana, untuk keperluan apa. Perhatikan juga dalam penulisan nama, gelar, jabatan harus benar dan sesuai ejaan.

6. Baca ulang surat lamaran kerja yang telah dibuat untuk memastikan bahwa tidak ada salah ketik, bahasa yang digunakan bahasa baku, serta tidak banyak pengulangan kata.

7. Pastikan surat lamaran yang kamu buat bersih dan rapi, baik itu yang diketik maupun tulis tangan. Jangan sampai kertas terlipat, ada kotoran, tulisan kurang jelas, bekas penghapus, dll.

8. Yang paling penting, jika kamu menulis surat lamaran dengan tulis tangan, pastikan tulisan mu bisa dibaca. Hindari menulis surat lamaran dengan jenis tulisan tegak bersambung.

9. Untuk menghindari kertas kotor ataupun terlipat jika tulis tangan, kamu bisa menggunakan tissue sebagai alas.

Jadi gimana? Tidak sulit kan membuat surat lamaran pekerjaan? Nah setelah kamu mengetahui tips-tips dalam membuat surat lamaran, selanjutnya simak cara menulis surat lamaran kerja di bawah ini agar peluang diterima pada perusahaan yang dituju semakin besar.

 Cara Menulis Surat Lamaran Kerja

Menulis surat lamaran kerja baik surat lamaran kerja online, surat lamaran untuk kerja di institusi pemerintah, maupun pada perusahaan lainnya sebenarnya isi dan intinya sama saja. Karena tujuannya adalah mendaftarkan diri untuk bekerja pada perusahaan tersebut.

Berikut ini adalah urutan dalam penulisan surat lamaran kerja :

1. Tempat dan tanggal penulisan surat

2. Tujuan Surat. Kepada Yth. Nama orang beserta gelar dan jabatannya, atau posisi seseorang pada perusahaan yang dituju, mislanya Kepala HRD, kemudian nama dan alamat lengkap perusahaan.

3. Salam hormat.

4. Kata pengantar atau pembukaan. Penting untuk diperhatikan, dalam hal ini kamu wajib mencantumkan darimana kamu mendapat informasi lowongan kerja yang dibuka perusahaan yang dituju. Baik dari internet, sosial media, surat kabar, maupun kolega.

5. Biodata atau data diri. Tulis nama lengkap kamu, tempat tanggal lahir, alamat lengkap, nomor telepon atau handphone yang bisa dihubungi, email, pendidikan. Jika kamu mencantumkan latar belakang pendidikan, maka tulis yang tertinggi saja.

6. Pengalaman kerja jika pernah bekerja atau kemampuan yang dimiliki. Jika kamu memiliki keahlian dalam bidang tertentu, maka tulislah karena ini akan menjadi poin plus. Jika sebelumnya pernah bekerja, maka tulis pekerjaan sebelumnya. Jika belum pernah (fresh graduate) maka tidak perlu.

7. Penutup. Dalam penutup, tulislah bahwa kamu memiliki keinginan yang kuat untuk diterima di perusahaan tersebut, sehingga pembaca yakin bahwa kamu masuk kriteria yang dibutuhkan. Dan jangan lupa mengucapkan Terima Kasih.

8. Lampiran atau data pendukung. Agar perusahaan semakin yakin bahwa kamu adalah orang dibutuhkan, lampirkan juga data-data yang dapat menambah nilai anda. Beberapa data yang sebaiknya ada sebagai lampiran diantaranya :

  •        Pas foto (foto terbaru)
  •        Daftar riwayat hidup/ Cuciculum Vitae
  •        Foto copy Kartu Tanda Penduduk (KTP)
  •        Foto copy Surat Keterangan Berkelakuan Baik/ Catatan Kelakuan Baik dari kepolisian
  •        Foto copy ijazah terakhir
  •        Foto copy sertifikat kompetensi (kursus atau pelatihan yang pernah kamu ikuti).

9. Penghormatan terakhir penuls. Cukup dengan menuliskan Hormat saya diikuti tanda tangan dan nama lengkap kamu.

Jadi bagaimana  apakah kamu sudah mempunyai bayangan bagaimana menulis surat lamaran kerja yang baik dan benar? Nah agar tidak bingung, beberapa contoh di bawah ini bisa dijadikan refensi untuk membuat surat lamaran kerja.

Simak contoh-contoh surat lamaran pekerjaan untuk beberapa perusahaan atau instansi berikut ini :

Surat Lamaran Pekerjaan yang Umum

                                                                                                            Surabaya, 18 Februari 2017

Perihal             : Lamaran Pekerjaan

Kepada            : Yth. Kepala PT Angkasa Raya Kediri

Dengan hormat,

Seperti informasi yang telah saya peroleh di beberapa media bahwasannya di PT Angkasa Raya terdapat lowongan pekerjaan. Dengan ini saya bermaksud melamar dan menduduki posisi pekerjaan di perusahaan tersebut. Adapun bagian yang saya inginkan adalah staff marketing di PT Angkasa Raya. Melalui surat ini, izinkan saya untuk memperkenalkan diri melalui data berikut ini :

Nama                           : Yuanita Megasari

Alamat                        : Jalan Duku No 135, Sarioso, Asemworo, Surabaya

Tempat & Tgl. Lahir   : Surabaya, 24 Maret 1990

Pendidikan Terakhir    : SMK

Telepon                       : 081 389 870 578

Saya menguasai Microsoft Office dengan sangat baik, selain itu kondisi tubuh saya sehat tanpa penyakit apapun. Saya adalah orang yang gigih dan semangat dalam bekerja.

Sebagai pertimbangan, saya lampirkan data berikut :

    1. Curiculum Vitae

 

    1. Fotocopy Kartu Keluarga

 

    1. Fotocopy Ijazah yang telah dilegalisir

 

    1. Fotocopy Transkip Nilai yang telah dilegalisir

 

    1. Fotocopy Sertifikat/ Penghargaan yang telah diperoleh

 

    1. Pas Foto ukuran 4×6 Terbaru

 

  1. Surat Pengalaman Bekerja

Demikianlah surat lamaran ini saya buat, atas perhatian Bapak/Ibu pimpinan saya mengucapkan terima kasih.

                                                                                                            Hormat saya,

                                                                                                            (Yuanita Megasari)

Surat Lamaran Pekerjaan untuk Perusahaan Perhotelan

                                                                                                            Lampung, 11 Agustus 2017

Kepada

Yth. Kepala HRD OVAL Hotel

Jl. Adi Sucipto No 234 Medan

Dengan hormat,

Bersama dengan datangnya surat lamaran kerja ini, saya mengajukan diri untuk bisa bergabung di Perusahaan yang Bapak/Ibu pimpin. Berikut saya perkenalkan secara singkat diri saya :

Nama                                       : Alika Ratna Pertiwi

Alamat                                    : Jalan Kenanga no 70, Lampung Selatan

Tempat Tanggal Lahir            : Lampung, 5 Januari 1993

Pendidikan Terakhir                : D-III

Jenis Kelamin                          : Perempuan

No Telepon                             : 085 743 045 677

Sebagai bahan pertimbangan, saya melampirkan data-data berikut ini :

  • Pas Foto Terbaru ukuran 4×6
  • Curiculum Vitae
  • FC Kartu Tanda Penduduk (KTP)
  • FC Kartu Keluarga (KK)
  • FC Surat Izin Mengemudi (SIM)
  • FC Ijazah Terakhir yang telah Dilegalisir
  • Surat Keterangan Catatan Kepolisian (SKCK)

Saya sangat berharap untuk dapat bekerja di Perusahaan yang Ibu/Bapak pimpin. Oleh karena itu saya menerima segala tahapan pengujian yang akan diberikan. Atas perhatian Ibu/Bapak pimpinan HRD Oval Hotel, saya mengucapkan terima kasih yang sebanyak-banyaknya.

                                                                                                                        Hormat saya,

                                                                                                                        (Alika Ratna Pertiwi)

Surat Lamaran Kerja untuk Bank

Bekerja di sebuah bank menjadi cita-cita banyak orang. Dengan bekerja di bank, setiap harinya orang tersebut terlihat tampil rapi, berwibawa, dan sangat elegan, juga memiliki khas tebar senyum yang mempesona. Hal ini membuat banyak sekali orang maupun mahasiswa fresh graduate yang berlomba-lomba untuk bekerja menjadi pegawai bank Bank.

Karena banyak sekali orang yang berminat bekerja di bank, maka tidak sembarangan orang yang akan diterima untuk bekerja disana. Selain itu, banyak seleksi-seleksi yang ketat harus kamu lewati dari pendaftaran sampai dengan menjadi pegawai tetap.

Jadi jangan sampai kamu asal-asalan dalam mengajukan surat lamaran di bank. Jangan sampai juga kamu melakukan kesalahan dalam penulisannya. Berikut ini adalah contohnya.

                                                                                                                        Pati, 5 April 2018

Kepada

Yth. Pimpinan HRD BPD Bank Jateng Syariah Cabang Kudus

Jalan Ikhlas No 147, Kudus

Seperti halnya informasi yang saya peroleh pada pengumuman lowongan pekerjaan di BPD Bank Jateng Syariah Cabang Kudus, bahwa di perusahaan yang Bapak/Ibu pimpin membutuhkan Tenaga Teller. Oleh karena itu saya berminat untuk mendaftar pada lowongan tersebut, berikut ini data diri saya :

Nama                                       : Andriano Magenta

Tempat dan Tanggal Lahir      : Pati, 6 Maret 1991

Alamat                                    : Jl. Dua Jalak, no 89B, Pati

No Handphone                       : 089 789 099 000

Status                                      : Menikah

 Pendidikan Terakhir               : S1 Ekonomi Syariah

Dengan ini saya lampirkan beberapa berkas pendukung agar bisa dijadikan sebagai bahan pertimbangan.

  1. Curiculum Vitae (CV)
  2. Foto Copy Transkip Nilai
  3. Foto Copy Ijazah S1
  4. Foto Copy Kartu Tanda Penduduk
  5. Surat Keterangan Berkelakuan Baik
  6. Pas Foto 4×6

Demikian surat lamaran ini syaa buat, besar harapan saya untuk bisa bekerja di perusahaan yang Bapak/Ibu pimipin. Saya sanggup mengikuti setiap tahap seleksi yang diselenggarakan dan berjanji akan bekerja semaksimal mungkin jika diterima nantinya. Atas perhatian Bapk/Ibu saya mengucapakan terima kasih.

                                                                                                                        Hormat saya,

                                                                                                                        (Andriano Magenta)

Surat Lamaran Pekerjaan untuk Perseroan Terbatas (PT)  

                                                                                                                        Solo, 7 Mei 2018

Hal                   : Lamaran Pekerjaan

Kepada            :

Yth. Kabag Personalia PT.Sampoerna

di Malang, Jawa Timur

Dengan hormat,

Dengan adanya surat ini, saya ingin melamar pekerjaan di PT.Sampoerna berdasarkan informasi yang saya baca di surat kabar. Saya berkeinginan untuk mengajukan diri pada bagian Marketing, karena saya merasa memiliki pengalaman dan kelebihan dalam bidang tersebut. Berikut ini adalah data singkat saya :

Nama                                       : Adi Pratama Aji

Tempat dan Tanggal Lahir      : Solo, 19 Oktober 1995

Alamat                                    : Jl. Amangkurat I no 90A, Surakarta

Pendidikan Terakhir                : D-III

Nomor Telepon                       : 081 345 687 987

Untuk bahan pertimbangan, saya melampirkan berkas pendukung berikut :

  1. Curiculum Vitae (CV)
  2. Foto Copy Kartu Tanda Penduduk (KTP)
  3. Foto Copy Kartu Keluarga (KK)
  4. Foto Copy SKCK
  5. Foto Copy Ijazah Terakhir
  6. Foto Terbaru ukuran 4×6

Demikian lamaran ini saya sampaikan, sangat besar harapan saya bisa diterima dan bekerja di Perusahaan yang Bapak/Ibu pimpin. Atas perhatian yang diberikan Bapak/Ibu saya mengucapkan terima kasih.

                                                                                                                        Hormat saya,

                                                                                                                        Adi Pratama Aji

Surat Lamaran Pekerjaan untuk Instansi Pemerintah  

                                                                                                            Bandung, 25 September 2017

Perihal             : Lamaran Pekerjaan

Kepada            :

Kepala Sub Bagian Kepegawaian

Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Kota Bandung

Jl. Sijalak Harupat No 178 Bandung

Dengan hormat,

Saya yang bertanda tangan di bawah ini :

Nama                                       : Alisya Aninditya

Tempat, Tanggal, Lahir           : Semarang, 17 Agustus 1996

Alamat                                    : Jl. Ganesha no 90C Bandung ‘

Nomor Telepon                       : 087 776 900 100

Pendidikan                              : D-III Akuntansi

Bermaksud untuk mengajukan lamaran sebagai staff Keuangan Honorer pada dinas yang Bapak/Ibu pimpin. Sebagai bahan pertimbangan saya melampirkan berkas-berkas berikut :

  1. Daftar Riwayat Hidup
  2. Foto Copy Ijazah
  3. Foto Copy Transkip Akademik
  4. Foto Copy Kartu Tanda Penduduk
  5. Foto Copy Sertifikat Magang
  6. Pas Foto Ukuran 4×6 1 lembar

Demikian surat lamaran ini saya buat dengan sebenar-benarnya. Atas perhatian dan kebijaksanaannya saya ucapkan terima kasih.

                                                                                                                        Hormat saya,

                                                                                                                        Alisya Aninditya

Surat Lamaran Pekerjaan untuk Rumah Sakit

                                                                                                                        Jakarta, 4 Juni 2018

Kepada Yth.

Direktur Rumah Sakit Jadi Sehat

Jl. Mawar Raya No.15 Jakarta

Hal      : Lamaran Pekerjaan

Dengan hormat,

Saya yang bertanda tangan di bawah ini :

Nama                                       : Anton Sadewa

Tempat/ Tanggal Lahir            : Jakarta, 4 Agustus 1990

Pendidikan                              : S-1 Farmasi

Telepon                                   : 081 124 567 890

Bersama surat ini, saya tertarik untuk mendaftar pada posisi Apoteker di Rumah Sakit Jadi Sehat. Saya memiliki pengalaman kerja sebagai apoteker di salah satu Rumah Sakit di Bandung.

Sebagai tambahan berikut saya lampirkan :

  1. Daftar Riwayat Hidup
  2. Foto copy KTP
  3. Foto copy ijazah terakhir
  4. Foto copy nilai akademik
  5. Foto copy STRTTK
  6. Foto copy sertifikat Pengalaman Kerja di RS Sinai
  7. Pas foto 4×6

Demikian surat lamaran ini saya buat, besar harapan saya untuk dapat diterima di Rumah Sakit yang Bapak/Ibu pimpin. Atas perhatian Bapak/Ibu saya mengucapkan terima kasih.

                                                                                                                        Hormat saya,

                                                                                                                        Anton Sadewa

Nah itulah tadi tips dan contoh membuat surat lamaran kerja yang baik dan benar. Selamat mencoba, semoga sukses dan perusahaan yang kamu tuju akan menerima dengan senang hati.

Jangan menyerah sebelum memasuki garis finish, karena setiap jerit payah mu terdapat peluang usaha apabila kamu menyadarinya.

Leave a Reply