KINGPRASTYO.COM

Tempat Sharing Informasi Generasi Milenial

img
Home / Artikel / Lain-lain / Inilah, 13 Pesona Wisata Magelang yang Wajib Anda Kunjungi

Inilah, 13 Pesona Wisata Magelang yang Wajib Anda Kunjungi

/
/
/
44 Views

Kota Magelang, jika orang mendengan nama kota ini, pastinya akan terbayang oleh tempat wisata Candi Borobudur. Namun, tahukah anda bahwa tempat wisata kota Magelang tidak hanya borobudur. Banyak tempat-tempat wisata lainya yang tak kalah keren dari pada Candi Borobudur.

Berikut berbagai parawisata indonesia yang ada di Magelang yang perlu anda kunjungi:

1. Menikmati Sunrise di Punthuk Setumbu

Punthuk-Setumbu-Magelang
liburmulu.com

Punthuk Setumbu merupakan sebuah bukit dengan ketinggian 400 m mdpl yang berada di sebelah barat daya Candi Borobudur, tepatnya di Dusun Kerahan, Desa Karangrejo, Kecamatan Borobudur, Kabupaten Magelang.

Rasakan sensasinya menikmati matahari terbit di pagi hari yang perlahan menyinari Candi Borobudur dengan warna keemasanya dan bercampur dengan kabut.

2. Indahnya Pemandangan Gunung Merapi dari Gardu Pandang Ketep Pass

gardu-padang-ketep
wisatajateng.com

Ketep Pass menjadi tujuan yang sangat cocok jika berkunjung ke Magelang. Berlokasi di Kecamatan Sawangan, sekitar 21 km dari Mungkid, Ibu Kota Kabupaten Magelang. Kita bisa menikmati pemandangan Gunung Merapi dan Gunung Merbabu dari Gardu Pandang yang ada di ketinggian 120 mdpl.

Selain menikmati keindahan Gunung Merapi dan Gunung Merbabu, di kawasan wisata ini kita bisa menikmati fasilitas lain yang disediakan. Seperti Museum Vulkanologi ada juga pelataran Panca Arga dimana kita bisa memandang lima gunung sekaligus, yaitu gunung Merapi, Merbabu, sumbing, sindoro dan slamet.

3. Ramahnya Gunung Andong Bagi Pendaki Pemula

gunung-andong
www.jayanjayan.com

Magelang memiliki gunung yang cukup ramah bagi para pendaki pemula. Gunung Andong terletak di antara Ngablak dan Tlogorjo, Grabag dan memiliki ketinggian 1.463 m. Di lereng Gunung Andong kita akan menjumpai aneka pepohonan hijau di Hutan Wisata Mangli.

4. Curug Silawe di Kaki Gunung Sumbing

curug-silewu
papanpelangi.co

Di selatan kaki Gunung Sumbing, tepatnya di Dusun Kopeng Kulon, Desa Sutopati, Kecamatan kajoran, Kabupaten Magelang, terdapat sebuah air terjun yaitu Curug Silawe. Curug ini memiliki ketinggian 60 meter. Untuk menikmati keindahan air terjun ini kita hanya perlu membayar tiket Rp. 2.000.

5. Berburu Bidadari di Air Terjun Sekar Langit

Air-Terjun-Sekar-Langit-Magelang
www.wovgo.com

Air Terjun Sekar Langit berlokasi di Kaki Gunung Andong, Kecamatan Grabag, Kab. Magelang. Yang membuat tempat ini terkenal adalah cerita mengenai Jaka Tarub. Konon, disinilah tempat Jaka Tarub mengintip para Bidadari yang sedang mandi di telaga dan mencuri selendang salah satu bidadari tersebut.

Sehingga, bidadari tersebut tidak bisa kembali ke langit karena di curu selendangnya dan kemudian hidup di dunia bersama Jaka Tarub.

6. Berendam Air Panas di Pemandian Candi Umbul

pemandian-candi-umbul
repyssa.blogspot.com

Setelah puas bermain air di air terjun sekar langit bisa dilanjutkan dengan menikmati berendam air panas di pemandian Candi Umbul yang letaknya tidak jauh dari air terjun sekar langit. Candi Umbul memiliki dua kolam pemandian, yaitu kolam pemandian air panas dan pemandian air biasa.

Candi Umbul merupakan situs purbakala yang dibangun sejak zaman Wangsa Syailendra.

7. Uji Keberanianmu dengan Arung Jeram di Kali Progo Atas

Arung-jeram-progo-atas
progorafting.com

Jika anda hobi dengan olahraga ekstreme, cobalah olahraga arung jeram. Ada dua sungai yang biasa digunakan untuk rute arung jeram, yaitu sungai Elo dan Kali Progo. Kali Progo sendiri memiliki jeram grade II dan III yang cukup untuk menjadikan seluruh tubuh basah kuyup. Durasinya kurang lebih 2,5 – 3 jam dengan jarak 9 km. Disisi-sisi sungai pun terdapat berbagai pemandangan pepohonan yang asri nan hijau.

8. Candi Borobudur

candi-borobudur
myridemyadventure.blogspot.com

Candi Borobudur termasuk Icon wisata yang sangat terkenal di Indonesia, bahkan Mancanegara. Berbagai turis pun tak mau ketinggalan untuk berwisata ke tempat yang termasuk 7 keajaban dunia ini. Jika berkunjung ke Candi ini maka kita cukup untuk membayar tiket masuk sebesar Rp. 30.000 bagi orang dewasa dan Rp. 12.500 bagi anak-anak. Di dalamnya kita bisa menikmati pemandangan 540 stupa dan 1460 relief yang ada di Candi ini.

9. Wisata Rumah Kamera

rumah-kamera
maeshare.blogspot.com

Pertama kali melihat penampakan rumah ini pastinya kita akan tahu mengapa bernama Rumah Kamera. Tentu saja sangat jelas karena rumah ini berbentuk kamera. Nama pemilik rumah ini adalah bapak Tanggol Angien Jatikusumo, atau biasa dipanggil pak Tanggol.

Di dalamnya kita bisa menikmati berbagai lukisan yang mengesankan hasil karya pak tanggol. Jika sudah puas melihat-lihat lukisan, maka kita bisa menuju puncak bangunan tersebut, tepatnya di bangunan yang berbentuk lensa dan melihat pemandangan sekitar. Lokasi tempat ini ada di jalan Majaksingi, Kecamatan Borobudur, Magelang, Jawa Tengah. Untuk bisa masuk tarif yang dikenakan hanya sebesar Rp. 5000 per orang.

10. Candi Selogriyo

candi-selogriyo
pendekartidar.org

Selain Candi Borobudur, Magelang juga memiliki Candi yang tak kalah eksotik yaitu Candi Selogriyo. Candi ini merupakan peninggalan purbakala yang terletak di kecamatan Windusari, Kab. Magelang, Jawa Tengah.

Meskipun medan perjalanan menuju tempat ini lumayan sulit, tapi  semua perjuangan kita akan terbayar dengan pemandangan yang ada di sana.

11. Desa Wisata Candirejo

desa-wisata-Candirejo
www.ticmagelang.com

Desa Wisata Candirejo yang berada di Kec. Borobudur. Memiliki daya tarik tersendiri untuk dijadikan sebagai tujuan wisata. Budaya tradisional masyarakatnya masih sangat kental dan juga panorama alamnya.

Di sini terdapat berbagai kesenian seperti jathilan, juga kubro siswo dan juga kerajinan tangan. Ada juga tradisi yang masih sering dilakukan di sini yaitu nyadran dan sedekah bumi.

12. Wisata Magelang Taman Kyai Langgeng

taman-kyai-langgeng-magelang
goborobudur.com

Taman Kyai Langgeng atau yang biasa disebut Taman Bunga memiliki luas 27 hektar. Tempat ini merupakan salah satu tujuan rekreasi keluarga yang banyak diminati di Magelang.

Di dalamnya terdapat berbagai wahana bermain anak, macam-macam bunga yang indah, pemandangan-pemandangan yang hijau dan berbagai macam fauna yang bisa menambah edukasi anak.

13. Alun-alun Kota Magelang

alun-alun-magelang
lpmgemakeadilan.com

Disinilah pusat kota magelang, biasanya tempat ini dijadikan untuk bersantai-santai di sore hari dan juga berbagai acara, seperti konser band, pesta rakyat, atau upacara hari besar kenegaraan. Selain itu, tempat ini juga sebagai pusat kegiatan publik dan dipandang sebagai simbol kerukunan beragama.

Karena di sekitar alun-alun ini terdapat berbagai rumah peribadatan seperti masjid, gereja dan klenteng. Jangan ketinggalan juga untuk mencicipi makanan khas magelang yaitu kupat tahu khas magelang.

 

 

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: