KINGPRASTYO.COM

Tempat Sharing Informasi Generasi Milenial

Home / Artikel / Otomotif / 10 Perbandingan Avanza Vs Xenia yang Perlu Anda Tahu

10 Perbandingan Avanza Vs Xenia yang Perlu Anda Tahu

/
/
/
29 Views
img

Kedua mobil tersebut memiliki banyak kesamaan mulai dari bentuk nya sampai dengan spesifikasinya. Namun mesikpun demikian mobil tersepbut sangat laris di pasaran. Hal ini dikarenakan memang kegunaan mobil tersebut yang berfungsi sebagai mobil keluarga.

Tak jarang banyak para pembeli yang bingung akan membeli mobil merk keduanya. Oleh karena itu untuk menambah pemahaman anda maka inilah beberapa perbedaan suzuki avanza dan daihatsu xenia, di antaranya :

1. Desain Eksterior Bagian Depan

Desain eksterior mobil merupakan bagian yang paling mencolok sebagai pembedaan keduany a yaknipada bagian depan mobil. Pada mobil suzuki jika kita melihat sisi bumper depannya pada tipe G menggunakan grille chrome yang akan terbatas di bagian tengah dan sisi bawah mobil sedangkan untuk daihatsu xenia pada grille nya menambah aksen fog lamp.

New Avanza Review
cargallery.siaminside.com

Namun pada daihatsu xenia tidak menggunakan chrome untuk mengcover fog lamp. Menariknya pada avanza tipe Veloz telah di lengkapi front fascia, hal ini di upayakan agar lebih menarik dan terkesan modern.

2. Desain Eksterior Bagian Belakang

Pada bagian eksterior belakangpun memiliki perbedaan yang cukup mencolok yakni pada toyota avanza menggunakan standard yang di gunakan oleh avanza yakni pada rear bar nya. Pada avnza yang tipe G telah menggunakan rear spoiler, hal ini akan berdampak pada tampilan luarnya yang sungguh menawan pada mobil.

Penambahan aksesoris ini hanya berlaku pada mobil xenia yang memiliki tipe tinggi, namun jika tipe yang rendah tidak adan bagian tersebut.

3. Pilihan Mesin Yang Digunakan

Perbedaan dari dua mobil tersebut adalah pada mesin yang di gunakan. Pada mesin yang berkapasitas 1.300 cc meskipun di gunakan untuk kedua mobil tersbut mobil yakni daihasu xenia dan toyota avanza. Namun di bawah dari kapasitas tersebut 1300 cc yakni pada kapasitas 1000 cc di gunakan untuk mobil toyota avanza.

Mobil Avanza
carguide.ph

Sedangkan pada daihatsu xenia tidak menggunakan kapasitas mesin tersebut. namun meski demikian mobil tersbut memiliki fasilitas VVT – I yang akan memiliki tenaga lebih jika di jalankan.

4. Velg Mobil

Melihat pada desain eksteriornya maka ada perbedaan yang cukup signifikan yakni pada penggunaan bagian vleg mobilnya baik daihatsu xenia ataupun toyota avanza. Pada daihatsu xenia menggunakan mesin 1000 cc yakni telah di pasangkan velg dengan ukuran 13 inchi.

Hal ini sangat berbeda jika di bandingkan dengan toyota avanza karena pada semua tipenya menggunakan velg mobil yang memiliki ukuran lebih besar di bandingkan daihatstu xenia yakni 14 inchi.

Adapun kesamaan pada tipe kedua mobil tersebut yakni pada varian xenia tipe standar dan avanza tipe E menggunakanvelg kaleng. Namun hal tersebut tetap saja ada perbedaan yakni pada toyota avanza lebih menggunakan velg bernuansa sporty karena mobil ini di gunakan di jalan biasa.

5. Desain Interior

Desain interiorpun berbeda anatara kedua mobil tersbut yakni pada daihatsu xenia memiliki rupa yag mengkombinasikan 2 tipe piihan warna cukup mencolok perbedaanya. Kesan mewah dan elegan sangat kuat pada mobil tersbut karena inilah tujuan produsen menggunakan warna pada mobil jenis ini. di bagian dashboardnya memiliki kombinasi yang cukup berbeda yakni yakni mengkombinasikan 2 warna coklat muda dan dark coklat.

Bergeser pada panel Multi Information Display atau MID terdapat dari tombol audio serta ac. Adapun pada panel ersebut terda[at beberapa fasilitas mewah dan canggih yang diimiliki daihatsu xenia yakni seperti indikatoor lampu sein, indikator ECO lamp, indikator bahan bakar dll.

Great New Xenia
youtube.comXenia

Hal tersebut sangat berbeda dengan toyuta avanza karena mobi, tersebut memiliki kesan konseo modern dan elega. Selain itu pada dasboard terdapat aksen yang gela yakni sesuai pada temanya, adapun temanya adalah dashboard panel design with all new black tone.

Selain itu bukan hanya terlihat modern saja karena mobil toyota avanza memiliki kesan sporty yang cukup kental. Memiliki panel yang berukuran 6,1 inc dengan di dalamnya beberapa koneksi seperti CD DVD AUX USB slot ipod dan slot phone serta masih banyak lagi.

6. Fitur AC (Sistem Pendingin)

Pada sisi interiornya memiliki fitur yang cukup berbeda antara kedua mobil tersebut yakni untuk daihatsu xenia dengan bermesinkan kapssitas 1300 cc telah di lengkapi AC duble power. Sedangkan pada mobil daihatsu xenia yang di lengkapi kapasitas mesin sebesar 1000 cc hanya menggunakan single blower tidak memiliki fasilitas Ac double power. Hal ini cukup banding terbalik dengan toyota avanza karena pada mobil terebut baik pada tipe rendah atau tinggi tetap konsisten menggunakan AC double power.

7. Head Unit

Perbedaan selanjutnya terletak pada head unit kedua mobil tersebut yakni pada daihatsu xenia memiliki keunggulan yang lebih tinggi dari pada toyota avanza. Hal tersebut tak lepas dar pengaruh fitur – fitu yang di miliki toyota avanza yakni MP CD AUX USB dan lainnya sehingga head unit di gunakan untuk memutar fitur tersebut. namun berbeda dengan merk toyota avanza yang tipe G karena pada tipe tersebut hanya terdapat CD dan MP3. Pada toyota veloz telah di bekali head unit dengan varian indash double din dan switch cntrol hampir sama memiliki tenaga seperti head unit yang dimiliki daihatsu xenia.

8. Fitur Keamanan

Perangkat keamanan padakedu mobil tersebut cukup standard dan tidak terlalu canggih, hanya saja berbeda pada seatbelt nya. Meskipun demikian pada toyota avana yang memiliki kapasitas mesin 1500 cc dan veloz telah menggunakan dual SRS airbags yang berfungsi untuk menjaga keamanan penumpang jika terjadi kecelakaan. Selain itu terdapat pula fitur canggih seperti ABS pada pengereman mobil tersbut.

9. Ukuran Bodi Mobil

mobil xenia
hobijam.com

Body ukuran kedua mobil tersebut juga memiliki perbedaa yang cukup jauh yakni padatoyota avanza memiliki ukuran 4.190 x 1660 x 1695 mm serta bobot 1.085 kg. adapun jarak sumbu roda pada toyota avanza adalah 2.655 mm. sedangkan untuk ukuran mobil daihatsu xenia pada tipe D dan M sendiri adalah sama dengan tipe avanza. Namun pada daihatsu xenia tipe X dan R berukuran 4.140 x 1660 x 1695 mm memiliki bobot 1427 kg, adapun hal tersebut ujug aterjadi pada mobil X dan R di dua jenis yakni matic maupun maunal.

10. Harga Mobil

Harga beli mobil keduanya juga ukup berbeda yakni toyota dengan harganya yang cukup tinggi dibandingkan dengan mobil daihatsu xenia. Toyota avanza memiliki harga 155.000.000 sedangkan pada daihatsu xenia memiliki harga 134.000.000.

Hal ini akan menjadi pedoman anda agar memilih salah satu dari kedua pilihat tersebut. Namun bagaimanapun itu hal inilah yang akan menjadi acuan seberapa irit kedua mobil tersbut tanpa menggunakan alat penghemat bahan bakar dengan alasan demi menghemat pengeluaran bugdet yang lebih tinggi.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This div height required for enabling the sticky sidebar
%d bloggers like this: