KINGPRASTYO.COM

Tempat Sharing Informasi Generasi Milenial

img
Home / Artikel / Otomotif / 7 Cara Mengendarai Mobil Matic (Khusus Bagi Pemula)

7 Cara Mengendarai Mobil Matic (Khusus Bagi Pemula)

/
/
/
47 Views

Cara mengendarai mobil matic memang bagi sebagian orang ada yang belum memahaminya karena memang belum pernah memilikinya ataupun memang kurang nyaman ketika harus menggunakan mobil jenis matic ini.

Layaknya sepeda motor matic yang bekerja secara otomatis dalam pengaturan gigi roda.

Penggunaan matic ini tentunya lebih memperingan kinerja dari pengguna mobil tersebut dan juga lebih efisien tenaga tentunya bagi driver baik pria maupun wanita.

Sejatinya sebuah perkembangan teknologi tentang matic ini diperuntukkan bagi para wanita yang ketika akan mengendarai sebuah alat transportasi akan di mudahkan sehingga nyaman dan aman.

Ada banyak jenis dan merk dari alat transportasi yang ada namun tidak semua mampu memberikan kenyamanan. Dengan dikeluarkannya mobil matic ini tentunya ini menjadi opsi untuk mengendarai mobil secara nyaman dan efisien tenaga.

Adapun hal tersebut namun masih ada saja yang belum mengetahui perihal tentang penggunaan mobil matic ini. Marilah kita simak cara mengendarai mobil matic dengan mudah dan aman.

1. Langkah Pertama Hidupkan Mobil dan Pastikan Kondisi Netral

menyalakan mesin mobil matic
blogarama.com

Mengawali cara mengendarai mobil matic ialah mempersiapkan diri dan juga kondisi mobil itu sendiri. sehingga dalam proses mengendarai nantinya tidak akan terjadi hal-hal yang tidak diinginkan. Setelah semua peralatan dan perlengkapan administrasi terpenuhi baik itu surat wajib dan lain sebagainya maka mobil pun siap dihidupkan.

Sebelum menghidupkan mobil matic ini pastikan anda mengecek kode netral ataupun parkir sehingga dalam keadaan yang benar. Ketika anda tidak mengeceknya dan langsung menghidupkannya tanpa sadar maka mobil pun tidak akan menyala karena mobil matic telah di desain bisa hidup ketika tuas berada di posisi netral atau parkir.

2. Langkah Kedua Diamkan Sejenak Agar Mesin Panas

cara mengemudi mobil matic
jacobsdrivingschool.com

Layaknya seorang manusia yang membutuhkan peregangan otot agar dalam menjalani aktivitas lancar adan aman. Mobil pun demikian juga membutuhkan waktu untuk pemanasan, maka dari itu ketika anda akan memakainya sebaiknya di panaskan terlebih dahulu agar seluruh komponen mesin siap untuk digunakan.

Pemanasan mobil ini dimaksudkan untuk mencapai transmisi pada mesin matic, apabila mesin belum terlalu siap untuk melakukan perjalanan kemudian dipaksakan untuk melakukannya maka transmisi mesin pun belum normal dan akan mengakibatkan hal yang tidak diinginkan dan bisa mempercepat umur dari mesin tersebut.

3. Langkah Ketiga Mulai Jalankan Mobil

mobil matic transmisi
carfromjapan.com

Cara mengendarai mobil matic selanjutnya yaitu persiapan untuk melakukan perjalanan. Terdapat tuas yang menandakan aktivitas dari mobil yang ingin di jalankan untuk drive ( D ) berarti maju dan (R) mundur.

Kode pada mobil matic ini wajib di ketahui oleh pemakai dari mobil sebab masih banyak kecelakaan yang terjadi di karenakan belum memahaminya pemakaian dari mobil yang satu ini.

Ketika dalam perjalanan ada ketentuan dalam menghadapi setiap rute yang ada, ketika mendapati jalanan yang menanjak maka tuas digeserkan ke posisi 2, sedangkan ketika mendapati jalanan yang menurun tajam maka tuas digeserkan ke posisi 1 atau L.JI.

4. Langkah Keempat Sesuaikan Kecepatan Mobil

mengendarai mobil matic
mylovelycar.com

Pada sebuah mobil matic terdapat tombol OD yang mana fungsinya untuk mengatur posisi mobil untuk berpindah tuas ke posisi 3. Yaitu posisi dimana ingin mendahalui atau meningkatkan akselerasi dari mobil ketika ingin menambahkan kecepatan sehingga kecepatan pun akan bisa meningkat seiring tombol OD tersebut di aktifkan.

Tetapi ketika tombol OD  di off kan maka akan membatasi mobil matic untuk berakselerasi dan hanya berada di gigi tiga saja, kecepatan maksimal dari posisi 3 ini bisa mencapai 80 KM/JAM.

Pembagian mode pada mobil matic terbagi menjadi beberapa bagian saja namun mampu mengubah akselerasi yang baik dan cepat.

5. Langkah Kelima Mengemudi Kondisi Macet

gambar mobil macet
Pinterest.com

Mobil matic pun juga memiliki mode ekonomis yang mana mampu mengendalikan efisiensi bahan bakar di saat kemacetan sehingga tinggal bagaimana kita saja dalam memposisikan mode dari mobil matic ini.

Mode sport pun juga bisa kita lakukan cukup dengan mengganti tuas ke posisi OD karena akan mampu mencapai ke titik maksimal kecepatan. Dan tombol ini sangat sesuai ketika digunakan pada posisi akan melaju dengan kencang.

6. Langkah Keenam Atur Mode Berkendara

gambar mode berkendara
drive2.com

Cara mengendarai mobil matic untuk menjadi manual pun juga tersedia bagi anda yaitu dengan memilih mode pengoperasian pada mobil dengan kode M (manual).

Ketika mode M telah aktif maka cara mengemudi mobil seperti pada umumnya pun akan bisa dilakukan. Bagi anda cukup memperhatikan kode yang ada pada mode mobil karena mobil matic ini bekerja pada tanda mode untuk setiap hal yang dilakukan.

Pada posisi manual maka perpindahan tuas pun akan berbeda tentunya, untuk pengoperasian manual maka menggunakan kode + dan -. Jika ada posisi menambah gigi maka tuas geser ke kode + sedangkan ketika ingin mengurangi gigi geser tuas ke kode -.

Cukup simple bukan karena memang pemakaian dan pengoperasian dari mobil ini kebanyakan memang pada pengaturan mode saja.

7. Langkah Ketujuh Jalankan Mobil Matic Sesuai Mode

gambar mobil sedang ngebut
wallup.net

Pastikan setiap pengoperasian pada mobil matic ini mengikuti alur yang telah ditentukan karena perawatan mobil matic ini bisa berasal pada pemakaian yang baik dan benar.

Penggunaan mode haruslah tepat agar setiap kecepatan dan perlambatan ini tidak menjadikan mesin bekerja terlalu berlebihan.

Tidak tepat bila dalam penggunaan mode cepat namun tidak meletakkan tuas pada posisi OD karena dampaknya ialah akan tersendat pada batas maksimal.

Bila mengalami hal tersebut maka segeralah rubah tuas ke posisi OD agar mampu bekerja lebih cepat lagi dan mampu melaju dengan semestinya ketika ingin menjalankan mobil dengan akselerasi yang lebih tinggi.

Mudah bukan ketika harus menggunakan mobil matic karena memang hal ini yang menjadi saat ini semakin banyak lagi pengguna dari mobil matic, dikarenakan kemudahan dan kenyamanan yang ada pada mobil ini.

Serangkaian pemakaian dari mobil matic terletak pada posisi mode yang ada pada mobil dan tinggl kita arahkan ke posisi semestinya.

Tetapi ketika penggunaan mode ini tidak sesuai dengan kecepatan yang seharusnya maka akan menjadikan mesin pun memompa kinerja secara berlebihan dan akan berbahaya ketika mobil melaju, maka dari itu ketika anda mengendarai mobil matic pastikan untuk selalu fokus pada posisi tuas dan mode yang anda pergunakan.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: