KINGPRASTYO.COM

Tempat Sharing Informasi Generasi Milenial

img
Home / Artikel / Otomotif / 17 Langkah Efektif Cara Menghemat BBM Mobil (Terbukti Irit Sampai 30%)

17 Langkah Efektif Cara Menghemat BBM Mobil (Terbukti Irit Sampai 30%)

/
/
/
75 Views

Sumber Daya Minyak Bumi yang tidak dapat diperbarui, dapat Anda bantu penghematannya dengan cara menghemat BBM Mobil. BBM atau bahan Bakar Minyak adalah asupan pokok untuk sebuah kendaraan agar bisa beroperasi dan berjalan dengan baik. Tak hanya untuk mobil, berlaku juga untuk kendaraan lain.

Sejauh ini hanya sedikit bahan bakar alternatif yang telah ditemukan, dan penggunaannya pun belum umum. Setelah diterapkan dalam kendaraan pun, kerjanya tidak sebaik jika menggunakan BBM yang berasal dari minyak bumi.

Oleh sebab itu, orang – orang masih banyak yang memilih menggunakan BBM. Baik Pertralite, Pertamax, Solar, ataupun Premium. Konsumsi bahan bakar yang semakin besar, sayangnya berbanding terbalik dengan ketersediaan minyak bumi.

Hal ini membuat semakin lama harga BBM semakin melonjak. Untuk itu, Anda dan kita semua wajib untuk mulai berhemat. Terutama untuk para pengguna mobil.

Cara Menghemat BBM Mobil Secara Umum

mobil Tesla
ExtremeTech.com

Menurut survey, penggunaan bahan bakar paling banyak adalah untuk kendaraan roda empat. Jadi, bagaimana cara menghemat BBM mobil? Berikut inilah caranya:

1. Berpergian Sendiri Tak Perlu Pakai Mobil

Apabila Anda berpergian sendirian, lebih baik jangan memakai mobil. Pakailah motor, sepeda, atau angkutan umum. Menggunakan mobil memakan bahan bakar yang lebih banyak, sia – sia jika hanya dipakai satu orang saja. Ditambah lagi, Anda akan menyumbang kemacetan.

2. Satu Arah? Pergi Bersama Teman

Jika kakak, adik, atau saudara yang melakukan perjalanan satu arah, sebaiknya pergilah bersama mereka. Lakukan hal ini sekali – kali. Untuk kembali pulang, Anda bisa memanfaatkan angkutan umum atau mintalah teman untuk mengantar. Hemat banyak, bukan?

3. Jarak Dekat Tak Perlu Mobil

Berpergian dalam jarak dekat, Anda tak perlu memakai mobil. Malahan kalau hanya 5 – 10 menit saja, Anda bisa berjalan kaki. Dengan begitu, Anda akan meminimalisir penggunaan Bahan Bakar Minyak. Ambil hikmahnya, Anda akan menjadi lebih sehat dan bugar karena sekaligus berolah raga.

4. Hindari Kemacetan

Jangan pernah memilih jalan yang sering dilanda kemacetan. Jika Anda sudah terjebak macet, maka Anda akan mengeluarkan bahan bakar lebih besar. Jalan yang biasanya bisa ditempuh dalam 30 menit bisa menjadi dua kali lipat waktunya. Begitu juga dengan bahan bakar mobil Anda.

5. Hindari Penguapan

Cara ini dapat Anda tempuh dengan memarkirkan mobil d tempat yang teduh. Jika selalu dalam tempat yang panas, penguapan bahan bakar bisa terjadi. Meskipun tidak begitu banyak, namun jika kebiasaan ini terus dilakukan, maka akan banyak juga bahan bakar yang akan terbuang sia – sia.

Cara Hemat BBM Mobil Berdasarkan Kondisinya

cara hemat bahan bakar mobil
Carscoops.com

Menghemat BBM mobil bukan berarti selalu berusaha meminimalisir penggunaannya. Anda juga bisa berhemat dengan cara melakukan beberapa hal terhadap kondisi mobil yang Anda miliki. Bagaimana caranya? Berikut ini penjelasannya!

1. Menggunakan Oli Sintesis

Penggunaan oli dan BBM ternyata memiliki keterkaitan. Untuk bisa menghemat bahan bakar, silakan ganti Oli Anda dengan Oli sintesis. Penggunaannya bahkan dapat menghemat bahan bakar sampai 15 %. Tentu saja, dengan penggunaan yang benar dan sesuai petunjuk ya!

Jangan lupa untuk mengganti oli secara rutin. Tak perlu tunggu satu atau dua bulan, jika sudah mencapai batas kilometer tertentu cepatlah diganti.

2. Jangan Tunggu BBM sampai Habis

Kebanyakan orang akan menunggu hingga indikator BBM menunjukkan pada skala terendah. Sebaiknya, jika sudah mencapai setengah atau maksimal seperempat segeralah isi ulang kembali bahan bakar Anda. Jika tidak, maka pompa bensin akan bekerja ekstra sehingga penggunaannya pun menjadi lebih boros.

Jika mungkin, pilih bahan bakar kualitas terbaik yang bisa membantu untuk merawat mesin mobil Anda. Hanya saja harganya sedikit lebih mahal.

3. Kontrol Kerja Mesin Kendaraan

Cara Menghemat BBM Mobil selanjutnya yaitu pengontrolan bertujuan untuk memperhatikan mesin agar ia tidak bekerja terlalu berat. Perhatikan jika RPM sudah melibihi angka 3000.

Pemakaian AC juga ternyata memberikan pengaruh besar. Jika mobil dalam keadaan berhenti misalnya karena kemacetan, matikan AC. Tujuannya adalah untuk meringankan kerja mesin, sehingga bahan bakar yang digunakan juga tidak ekstra.

4. Sebisa Mungkin Kurangi Kecepatan

Kecepatan berpengaruh terhadap konsumsi bahan bakar. Semakin cepat Anda berkendara, semakin banyak pula BBM yang dibutuhkan. Hal ini terjadi karena mobil perlu kekuatan tambahan agar bisa membelah angin.

Bahkan menurut survey, mobil akan memakan 33% bahan bakar lebih banyak ketika dikendarai dengan sangat kencang.

5. Perhatikan Kondisi Ban Mobil

Tekanan ban dapat berpengaruh terhadap penggunaan bahan bakar, untuk itu ceklah setiap kali akan digunakan. Pada kondisi ban yang prima, pemakaian bahan bakar dapat diminimalisir sampai 3%.

Setiap saat kondisi ban dapat berubah. Terutama saat musim dingin atau dalam daerah dingin, karena secara otomatis ia akan menyusut. Jika dibiarkan maka hal ini bisa memperberat kerja mesin.

Pengecekan ini juga bisa menanggulangi resiko ban yang bisa lekas aus. Batas pengisian angin ban mobil yang paling tepat adalah 3 PSI, sesuai dengan anjuran pabrik. Jika mengisi secara maksimal, tekanan akan menjadi lebih besar.

6. Tune Up

Sering tune up sangat dianjurkan karena dapat membuat kinerja mesin menjadi maksimal, sehingga penyerapan bahan bakar tidak akan terbuang sia – sia. Beberapa mekanik terkadang melakukan tune up untuk speed mobil tanpa memerhatikan penggunaan bahan bakar.

Jadi agar aman, lakukan request tersendiri pada pihak bengkel mobil jika tune up yang Anda lakukan bukan untuk speed, untuk hemat BBM.

7. Beban Mobil Jangan Terlalu Banyak

Mengapa tidak boleh terlalu banyak? Bukankah tujuan menggunakan mobil bertujuan untuk memuat lebih banyak orang atau barang? Memang benar demikian adanya, tetapi jika Anda ingin hemat BBM, silakan untuk mengurangi muatan.

Angkutlah barang sewajarnya saja. Beban yang terlalu berat dapat mengganggu energi kinetik. Terutama untuk jenis mobil – mobil non hybrid. Beban tambahan 50 kg saja bisa menambah pemakaian bahan bakar sebanyak 1 %.

Jika Anda memakai mobil jenis mini bus, tetapi hanya selalu ditumpangi maksimal empat orang, sebaiknya copot saja jok paling belakang. Jangan gemar menyimpan barang – barang tidak penting dalam mobil seperti peralatan olahraga dan barang berat lainnya.

8. Cek Filter Udara Mobil Secara Berkala

Filter udara di mobil harus selalu diperiksa. Jika filter telalu kotor, pemakaian bahan bakar juga akan lebih boros. Selain itu, jika filter kotor maka mesin mobil akan sering mati saat idle. Jika memungkinkan, jangan berkendara di jalanan yang belum diaspal dan berdebu.

Mengapa? Hal ini bisa memperpendek usia filter udara mobil Anda. Jangan lupa untuk menggantinya jika filter sudah tidak layak pakai, supaya tidak membuat kerusakan lain.

9. Jangan Memodifikasi Ban Mobil Dengan Ukuran Tidak Sesuai

Banyak orang yang memodifikasi mobil dengan mengganti ban normal dengan ban yang tidak sesuai. Ban yang dibuat sesuai setelan pabrik sudah didesain mempunyai hambatan gelinding paling minimal, sehingga kerja mesin juga tidak terlalu berat.

Jika daya gelinding ban berat, maka bahan bakar yang dipakai akan lebih besar sebagai kekuatan ekstra yang mobil butuhkan untuk tetap berjalan seperti pada kondisi normal.

10. Seringlah Cek Sistem Jika Mobil Anda Injeksi

Untuk jenis mobil injeksi, Anda wajib untuk sering melakukan cek pada sistem emisi mobil, sensor oksigen, dan juga saluran gas pembuangan mobil. Pastikan semua oke dan layak. Perhatikan lampu engine check. Jika ia menyala, maka ada hal yang tidak beres pada mesin kendaraan Anda.

Perlu Anda tahu, kerusakan sedikit saja pada mobil bisa mempengaruhi penggunaan bahan bakar. Misalnya saja saat sensor oksigen mengalami gangguan atau kerusakan, konsumsi bahan bakar pada mobil bisa meningkat sapai 20%.

11. Tekanan Gas Mobil Tidak Boleh Terlalu Dalam

Ada batasan RPM tertentu saat mobil bekerja dengan baik dan efisien. Khusus untuk mobil manual, Anda tidak diperkenankan untuk mengganti transmisi terlalu cepat atau meloncat banyak. Misalnya langsung masuk pada gigi 4, tanpa melalui gigi 3 dengan cara semestinya.

Tambahkah kecepatan dengan bertahap dan lembut. Untuk mencapai gigi 5, usahakan untuk mempertahankan kecepatan di gigi 4 untuk sementara. Penambahan kecepatan yang mendadak dan tekanan gas yang terlalu dalam dapat memboroskan pemakaian BBM. Mesin juga lebih mudah rusak.

12. Jangan Terlalu Banyak Melakukan Pengereman

Ini sangat disarankan. Beberapa orang menyetir dengan cepat sampai sedikit ugal – ugalan meski di jalanan yang lumayan ramai. Akibatnya ia akan sering melakukan pengereman. Dalam prosesnya pun sering tidak dilakukan dengan smooth.

Kenapa? Hal ini membuat energi yang dipakai mobil yang baru saja dibakar akan terbuang sia – sia. Tentu saja ini akan membuat pemakaiannya menjadi lebih boros.

13. Jangan Nyalakan Mobil Saat Berhenti

Beberapa orang tidak mematikan mesin mobil saat mampir di suatu tempat. Sebenarnya hal ini tidak benar, Anda akan membuang energi dan bahan bakar mobil dengan percuma. Tetap matikan mesin, walaupun urusan Anda hanya sebentar.

Misalnya saat mengambil uang di ATM, mampir di mini market, dan lain – lain. Mematikan mesin dalam 20 detik saja bisa menghemat BBM, lho! Cara Menghemat BBM mobil yang satu ini nyatanya efektif lho!

14. Tidak Memanaskan Mobil Terlalu Lama

Ada anggapan bahwa semakin lama memanaskan mobil, akan semakin baik. Sebenarnya itu mitos saja, yang ada bahan bakar akan terbuang sia – sia. Panaskan mobil seperlunya saja. Jika mobil Anda adalah tipe mobil baru masa ini untuk memanaskannya saja hanya perlu waktu yang singkat.

15. Idle Terlalu Lama? Jangan!

Idle merupakan sebuah kondisi dimana kendaraan kurang gerak, tidak terlalu sering dipakai, dan menggunakan energi hanya sedikit saja. Alih – alih bisa menghemat bahan bakar, yang ada nantinya kendaraan Anda berujung pada pemborosan.

Fakta menyebutkan bahwa kendaraan yang Idle dalam waktu lama maka jika dipakai lagi, konsumsi bahan bakarnya akan menjadi lebih besar.

Bagaimana solusinya? Jika Anda tidak ingin menggunakannya karena tidak bepergian selama beberapa minggu, setidaknya dua hari sekali bawalah untuk keliling komplek dan panaskan seperlunya dengan rutin.

16. Gunakanlah Cruise Control

Cara menghemat BBM mobil lainnya adalah dengan penggunaan cruise control dapat menghemat penggunaan bahan bakar beberapa persen. Selain itu, kecepatan mobil juga menjadi lebih stabil dan konstan.

17. Gunakan AC Seperlunya

Penggunaan AC harus diatur, supaya tidak memperberat kerja mesin. Aturlah pada suhu yang semestinya. Jangan terlalu dingin, selain tak baik untuk kesehatan, nyatanya penggunaan bahan bakar juga akan bertambah beberapa persen.

1 Comments

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: