img
Home / Artikel / Otomotif / 8 Tips Modifikasi Mobil Avanza (Merubah Tampilan Hingga Interiornya)

8 Tips Modifikasi Mobil Avanza (Merubah Tampilan Hingga Interiornya)

/
/
/
23 Views

Avanza merupakan salah satu mobil keluarga keluaran dari Toyota yang sangat laris di pasaran Indonesia. Mobil ini dinilai ideal untuk kebutuhan keluarga maupun pribadi. Dengan trend modifikasi yang sampai kini tidak padam, banyak orang yang melakukan modifikasi mobil Avanza.

Apakah Anda salah satu dari pemilik mobil sejuta umat Indonesia tersebut? Jika iya, apakah Anda berencana juga ingin turut memodifikasinya? Di sini akan diuraikan mengenai beberapa hal yang mungkin bisa Anda jadikan referensi dalam memodifikasi mobil. Berikut selengkapnya!

Berbagai Modifikasi Mobil Avanza

Berikut ini merupakan berbagai macam modifikasi yang bisa Anda terapkan untuk mobil Avanza Anda di rumah:

1. Tampilan Luar

Biasanya dengan menambahkan body kit di bagian bemper depan atau di belakang akan menambah tampilan mobil menjadi semakin sporty. Kini banyak orang yang melakukan recycle bamper mobil yang pada mulanya cacat sebagian.

Meskipun demikian, jika bentuk dan kekuatannya masih bagus, kenapa tidak lagi dipakai? Selain ekonomis, dahulu dalam pembuatannya juga pasti sudah melalui uji ketahan dan QC.

2. Stiker Mobil Avanza

Untuk menambah kesan penampilan yang lebih segar, ditambahkan stiker pada bagian – bagian tertentu. Beberapa orang membubuhkan stiker untuk menunjukkan karakter pemiliknya.

Hal yang perlu diperhatikan adalah, jangan sampai stiker mengganti wana dasar dari Avanza Anda, supaya tidak berbeda dari warna yang telah tertera di STNK. Anda bisa terjerat hukum jika sampai merubah warna dasar tampilan.

Banyak sekali orang yang memilih konsep cutting stiker agar warna asli tidak tertutupi secara keseluruhan. Penempatannya bebas, sesuai dengan yang Anda mau.

Pemasangannya pun tidak perlu dengan pengecatan permanen, bisa langsung ditempel secara instan. Pilihannya ada banyak, bahkan jika Anda menyukai karakter seperti minions, hello kitty, tokoh wayang, atau tokoh super hero maka bisa saja.

3. Ceper Mobil

Yang satu ini yang paling banyak peminatnya. Apalagi jika Avanza yang dimiliki hanya untuk dipakai di jalanan kota. Bukan untuk kebutuhan keluarga yang di bawa rekreasi kemana – mana.

Menceper mobil bisa dilakukan dengan cara memotong per. Ini adalah cara paling murah dan banyak dilakukan di Amerika dan Eropa pada jenis mobil lain. Dengan memotong 1 ulir saja, mobil sudah terlihat lebih pendek.

Cara yang lebih aman yaitu dengan coilover. Ceper dengan cara ini adalah dengan memasangkan ultimate suspension kit yang terdiri dari per dan shock yang mempenyai daya penyetelan rendah / tinggi.

Kekurangan cara ini adalah Anda akan membayar lebih mahal, tetapi ini lebih dianjurkan dibandingkan cara pertama tadi. Cara ini dahulu banyak dipakai untuk mobil balap, bisa bayangkan kekuatan dan keamanannya bukan?

4. Velg Mobil Avanza

Velg bisa diganti sesuai dengan kehendak Anda, asal masih dalam standar keamanan. Jika Anda adalah seorang anak muda yang membutuhkan rekomendasi velg, maka mengganti velg dan ban yang lebih tipis maupun ban yang lebih lebar akan memberikan kesan tampilan mobil yang lebih garang.

Sebelum menggantinya, perhatikan dahulu hal – hal sperti di bawah ini:

  • Ketebalan velg harus disesuaikan dengan ketebalan ban agar nantinya tidak pas terpentok oleh body mobil.
  • Penempatan baut velg dan pengencangannya harus singkron dengan ukuran offset velg. Jika tidak sama, maka pemasangan akan menjadi lebih sulit, belum lagi dengan resiko lain yang mungkin timbul.
  • Perhatikan Pitch Centre Diameter (PCD) velg yang Anda pilih. Harus sama dengan velg ban lama.

Intinya, karena ban merupakan komponen utama mobil agar dapat bergerak maka walaupun diubah, Anda harus tetap memperhatikan safety dan ukurannya agar mobil dapat beroperasi dengan normal.

5. Modifikasi Mobil Avanza Bagian Mesin

Modifikasi Mobil Avanza bisa juga dilakukan untuk mesinnya. Untuk memodifikasi bagian mesin Anda harus berkonsultasi terlebih dahulu dengan ahlinya, yang benar – benar mengetahui seluk beluk mobil supaya pemodifikasian bisa akurat.

Disamping itu, Anda juga harus menanyakan beberapa spare part khusus yang sesuai dengan standar keamanan agar performa dan safety-nya seimbang.

Anda juga dapat mempersiapkan beberapa spesifikasi mobil seperti intake carbon charger, power torque, cyclone 2 pcs, juga oil catch untuk hasil modifikasi terbaik. Anda juga bisa menambahkan header, break pada bagain pad elig, dan front pipe. Ini akan berhasil untuk mendongkrak performa dari Avanza Anda.

6. Mengganti Jok Mobil Avanza

Setelah mesin, interior mobil pun bisa Anda modifikasi, yang penting faktor kenyamanan dan keamanan tetap harus menjadi nomor satu. Walaupun low budget, beberapa jasa pengganti jok kini menawarkan banyak paket set jok mobil berkwalitas baik di atas standar dengan harga terjangkau.

Tak perlu khawatir! Belakangan ini malahan banyak yang di bawah dua juta rupiah. Untuk jok yang lebih menarik Anda bisa memilih jok garson, kerut, atau sporty.

7. Sound System

Untuk Anda yang menyukai dengan gilanya musik, banyak pilihan sound system canggih dengan teknologi baru yang dapat menemani Anda berkendara. Baiknya, tanyakan kepada mekanik atau instalator audio yang sudah ahli. Jika memang akan diganti, sesuaikan dengan kebutuhan dan jenis mobil.

Jika Anda tidak ingin menggantinya, Anda dapat memaksimalkan dengan cara meriset ulang. Walaupun bukan komponen utama penggerak mobil, Anda tetap harus berhati – hati dan jangan melakukan improvisasi sendiri. Perhatikan beberapa hal seperti speaker split, speaker coaxial, dan kapasitor bank-nya.

8. Pasang Kaca Film

Beberapa orang memasang kaca film di kaca mobil mereka untuk menghalau cahaya matahari yang terlalu panas atau untuk kebutuhan privasi. Namun, apapun itu, yang penting tingkat kegelapannya harus disesuaikan dengan standar yang telah ditentukan.

Alasan utamanya adalah untuk kemanan Anda sendiri dan juga pengguna jalan yang lainnya. Pemasangan kaca terlalu gelap juga beresiko melanggar hukum. Ini terutama berlaku untuk kaca bagian depan, supaya tidak mengganggu visibilitas sewaktu berkendara.

Kaca depan mobil tingkat kegelapan yang paling maksimal bisa dipasang adalah 20%. Tidak boleh terlalu gelap karena akan menyulitkan Anda saat menyetir dalam gelap, basement, maupun ketika hujan deras. Untuk bagian kaca samping, kegelapannya boleh sampai 60%.

Itulah delapan modifikasi mobil Avanza yang bisa menjadi pertimbangan bagi Anda dalam merencanakan pemodifikasian. Selamat mencoba dan mengaplikasikan!

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: