img
Home / Artikel / Otomotif / 4 Jenis Peredam Suara Mobil Terbaik Harga Murah Meriah

4 Jenis Peredam Suara Mobil Terbaik Harga Murah Meriah

/
/
/
24 Views

Peredam suara mobil saat ini menjadi perhatian khusus bagi pengendara karena ada sebagian orang yang tidak nyaman ketika memiliki suara mobil yang berbunyi agak berisik, tetapi ada pula yang memang sengaja ingin menjadikan mobil yang dimiliki mengeluarkan suara yang kencang.

Tetapi apapun itu dalam pengendalian suara mobil dapat dilakukan dengan dengan beberapa cara.

Apa yang di Maksud Peredam Suara Mobil?

pengertian peredam mobil
Pinterest.com

Sejatinya sebuah peredam suara itu dibangun sebagai penghambat dan meminimalkan suara yang keluar pada knalpot. Memang pastilah akan ada dampak yang akan ditimbulkan pada mobil baik itu sifatnya mengganggu bagi kesehatan mobil maupun mengganggu komponen pada mobil.

Tetapi pada hakekatnya pengendalian suara ini bisa dilakukan dengan aman dan tidak membuat komponen pada mobil menjadi terganggu.

Ada banyak peredam suara mobil yang bisa dipasangkan pada mobil yang kita miliki sebagai salah satu sarana modifikasi dengan mengembangkan keluaran suara yang tentunya secara sugesti akan semakin meningkatkan kecintaan pemilik kepada mobilnya.

Selain itu mampu meminimalkan ketidaksukaan kepada mobil yang di miliki sehingga peredam suara mobil ini sangatlah membantu.

Pada modifikasi sebuah mobil untuk mendapatkan peredaman suara yang maksimal menggunakan beberapa jenis alat peredam suara yakni  aluminium foil, butyl rubber, rockwool dan aspal.

Beberapa peredaman ini akan menghasilkan peredaman yang berbeda tentunya karena harga dan kualitas dari bahan yang berbeda pula.

1. Aspal

Peredam suara mobil yang satu ini memang menjadi primadona para pecinta modifikasi mobil khususnya masalah peredaman suara karena selain harganya yang murah juga mudah dalam proses pemasangannya sehingga tidak membutuhkan waktu yang terlalu lama.

Selain itu dengan bahan jenis aspal ini maka akan sangat memungkinkan jiwa peredaman akan tahan air dan paling maksimal dalam peredaman suara.

Tetapi yang menjadi perhatian khusus terhadap jenis peredaman mobil yang satu ini ialah perihal bobot dari mobil yang tentunya akan bertambah. Kita ketahui jika aspal ini memiliki bobot yang cukup lumayan menambah berat dari sebuah mobil.

Peredam suara perlembarnya memiliki berat sekitar 2 kg, tinggal berapa lembar yang di pergunakan dalam melapisi interior mobil itulah yang menambah berat dari mobil tersebut. Dari sisi positif nya memang berbahan aspal ini lah yang paling terjangkau dari harga nya dan pula ketahanan dan keawetan dari peredam tersebut.

Sedangkan dari sisi kelemahannya ketika menambah beban dari mobil tersebut maka akan menambah pula biaya untuk bahan bakar karena dari penambahan beban dari mobil pastilah akan meningkatnya konsumsi dari bahan bakar. Sehingga memang dampaknya akan selalu berbanding lurus.

2. Aluminium Foil

Jenis peredam suara mobil yang satu ini memiliki keunikan tersendiri karena memang dari segi harga sangatlah terjangkau namun sangat rentan terkena air ataupun kelembapan.

Namun demikian untuk menjaga suara yang masuk ke dalam mobil aluminium foil ini mampu bekerja secara maksimal sehingga suara dari luar pun dapat tertahan di luar.

Pemerataan pemasangan yang menjadikan interior mobil ini memikat hati para pengguna peredam suara. Berbeda dengan jenis aspal yang ketika dalam proses pemasangan haruslah menentukan pula desain dari mobil ini yang tentunya akan dipengaruhi waktu pengerjaan.

Peredaman menggunakan aluminium foil ini memungkinkan proses pemasangan dengan waktu yang lebih singkat juga lebih mudah dalam pemerataan peredaman. Memang lah secara kualitas yang dihasilkan pastilah berbeda tetapi secara keberhasilan sama-sama mampu mengendalikan suara dari luar.

Pemadatan yang dapat di maksimalkan dari jenis aluminium foil ini memang sangat unik dan karena selain beratnya yang paling ringan di antara jenis peredam lainnya namun mampu menahan redaman suara dari luar dengan cukup baik.

Sehingga memang inti dari peredaman ini ialah menjaga kepadatan dari pemasangan peredaman yang baik dan benar sehingga tidak memberi ruang bagi suara untuk masuk.

3. Rockwool

Tidak berbeda dengan aluminium foil, jenis peredam suara mobil yang satu ini juga tergolong ringan dan tipis yang menyebabkan mudahnya dalam proses pemasangan sehingga waktu pengerjaan pun akan semakin cepat.

Tetapi yang menjadi permasalahan ketika menggunakan jenis ini maka akan lebih berhati-hati ketika terkena air atau dalam kondisi lembab karena akan mengakibatkan lapisan menjadi rapuh dan rusak.

Selain itu penggunaan jenis rockwool ini secara tampilan akan lebih halus di bandingkan dengan menggunakan bahan aspal yang membuat bobot mobil menjadi lebih berat.

Maka tidak heran meskipun secara bahan yang tidak sekuat aspal namun memiliki daya tarik tersendiri bagi pengguna peredam suara.

Rockwool ini mampu menahan peredaman suara dengan sangat rapat karena memang bahan yang lentur yang menjadikannya mampu mengikuti dan mengisi lekukan dari interior mobil sehingga tidak adanya kebocoran dari peredam suara tersebut.

Tingkat kepadatan terbaik memang rockwool selain lentur dan mudah dibentuk juga tipis bahannya.

4. Butyl Rubber

Peredam suara pada mobil yang satu ini termasuk ke dalam jenis pengembangan peredam suara yang paling mutakhir karena kualitas dan bahan yang dimilikinya mampu menyempurnakan peredam suara dengan jenis-jenis sebelumnya.

Bisa kita lihat penggunaan dengan jenis aspal memang harga terjangkau dan tahan air tetapi menambah bobot pada mobil sehingga mengakibatkan peningkatan kebutuhan bahan bakar.

Bila dilihat dari aspek finansial memang akan sebanding antara aspal, aluminium foil dan rockwool karena sama-sama memiliki keunggulan dan kelemahan sendiri-sendiri.

Maka dari itulah dibuatlah pengembangan yang terbarukan yaitu butyl rubber guna mengcover seluruh permasalahan yang ada pada peredaman suara pada mobil.

Ketika air mampu merusak dan mengakibatkan menurunnya kualitas peredaman maka jenis butyl rubber ini tidak mengalami permasalahan berarti dengan air ini. Dan justru sifatnya tahan panas sehingga dalam suhu dan kondisi ruangan apapun akan tetap terjaga dan awet.

Bahan yang berkualitas tentunya di butuhkan dana yang berbeda dengan jenis lainnya tetapi jangka waktu yang dimiliki inilah yang menjadikan mampu mengefisiensikan pengeluaran biaya ke depannya. Ketika menggunakan jenis dengan harga yang murah tetapi tingkat keawetan tidak terjamin dan pastinya akan mengeluarkan biaya di kemudian hari.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: