KINGPRASTYO.COM

Tempat Sharing Informasi Generasi Milenial

img
Home / Artikel / Otomotif / Penting! 7 Tips Membeli Mobil Bekas yang Berkualitas

Penting! 7 Tips Membeli Mobil Bekas yang Berkualitas

/
/
/
54 Views

Tips membeli mobil bekas memang merupakan salah satu cara yang tepat agar kita dalam pemilihan mobil tersebut mampu mendapatkan kualitas mobil yang masih bagus dan layak pakai.

Ada banyak mobil bekas yang sebenarnya seluruh komponen dalam mesin masih sangat bagus tetapi karena keterbatasan pengetahuan menjadikan tidak mengetahui tentang apa saja yang harus diperhatikan dalam menentukan pilihan mobil yang akan di beli.

Saat ini terdapat banyak jenis mobil bekas yang di perjual belikan karena memang mobil saat ini merupakan salah satu kebutuhan yang penting juga dalam melakukan aktivitas keseharian.

Dari harga yang terjangkau hingga harga yang sangat tinggi dapat kita temui pada masing-masing jenis mobil tergantung dengan kualitas dari mesin itu sendiri.

Bagi anda yang ingin membeli mobil bekas ada baiknya membaca tips membeli mobil bekas ini karena bisa jadi mobil dengan harga yang terjangkau namun masih memiliki kualitas mesin yang maksimal.

Tentunya hal tersebut dapat kita ketahui jika telah memiliki pengetahuan dan ilmu dalam memilih mobil bekas ini.

1. Tempat Pembelian Mobil Bekas

Tips membeli mobil bekas yang bisa anda lakukan yaitu menentukan dimana anda akan membeli mobil tersebut. Pembelian di showroom mobil yang mampu memberikan pilihan yang beraneka macam untuk anda memang tersedia di berbagai tempat namun harga nya pun beraneka macam.

Saran untuk anda ketika akan membeli mobil lebih baik langsung lewat pemiliknya saja. Tentunya akan jauh lebih berbeda ketika kita membeli mobil dari pemiliknya langsung dengan ketika kita membeli dari showroom.

Perbandingan harga dan berbagai administrasi nya tentunya akan semakin membuat perbandingan harga jauh berbeda. Maka dari itu ketika bisa membeli dari pihak pertama maka akan menguntungkan bagi anda dan bisa langsung mengetahui tentang riwayat dari mobil tersebut.

2. Eksterior Mobil

Pandangan pertama dari sebuah tampilan mobil itu sangat di perlukan karena sebagai identitas bagi si pemiliknya. Begitupun bagi anda ketika akan membeli sebuah mobil bekas ada baiknya untuk membeli mobil dengan body yang masih bagus, kinclong dan tidak ada goresan sedikitpun.

Pengecekkan awal bisa anda raba kulit dari mobil tersebut karena dari permukaan saja ketika diraba akan terasa kasar atau halus.

Kemudian cek pula kaca dan bawah mobil apakah ada komponen seperti retak, pecah, karat karena tentunya permasalahan kecil tersebut akan menjadikan permasalahan besar kelak ketika jadi anda beli. Maka dari itu perhatikanlah hal-hal terkecil tersebut agar anda tidak menyesal di kemudian hari setelah membeli mobil tersebut.

3. Bagaimana Performa Mesin Mobil

Performa mobil dapat di ketahui pada proses tes kemudi, karena kita akan mengetahui tentang kondisi mobil tidak sekadar dari body nya saja tetapi dapat merasakannya langsung. Mobil dengan kondisi terbaik ketika di starter akan terasa halus dan mudah.

Lalu ketika mesin menyala maka suara dari mesin pun juga akan terasa halus dan tidak tersendat, inilah yang menandakan jika mesin dalam kondisi baik.

Tes perjalanan pun harus dilakukan demi betul-betul mengetahui tentang kondisi sebenarnya dari mobil yang akan kita beli. Menjalankan nya di jalanan juga menjadi hal penting ketika kita membeli sebuah mobil.

Pastikan kondisi kaki ban, setir mobil dalam kondisi seimbang dan stabil, karena bisa di indikasikan jika mobil ini memang masih bagus dan tidak pernah mengalami kecelakaan dan lain sebagainya dengan dibuktikan masih seimbangnya setir dan kaki ban.

5. Aksesoris dan Interior

Tips membeli mobil bekas setelah pengecekan eksterior dan mesin maka kita beralih ke interior yang melekat pada mobil yang akan kita beli nantinya.

Ibarat rumahmu cerminanmu, di dalam mobil yang akan kita beli akan terlihat pemakainya ketika kita memperhatikan dengan seksama tentang isi dalam pada mobil ini. Pastinya mobil yang masih bagus maka interior pun akan terawat dan berfungsi sebagaimana mestinya.

Dashboard, karpet, jok dan lain sebagainya perlulah kita perhatikan pula karena di sana akan mengetahui tentang si pemakai sebelumnya dalam mengurusi mobil yang di miliki.

Dapat di indikasikan jika mobil ini memang terawat ketika interior pada mobil ini masih enak dipandang mata dan di pergunakan.

5. Kelengkapan Surat-Surat Kendaraan

Hal ini yang paling penting bagi anda ketika ingin membeli sebuah mobil bekas yaitu surat mobil. Hak milik dan kewajiban administrasi yang ada pada mobil ini harus jelas agar ketika anda telah membeli barang ini maka ketika melakukan perjalanan di manapun akan aman dan tidak mengalami permasalahan.

Dengan lengkapnya seluruh surat pada mobil tersebut maka secara mesin dan administrasi telah memenuhi tips membeli mobil bekas. Jadi jangan coba untuk membeli mobil tanpa surat dan bukti yang jelas karena ketika anda telah terlanjur membelinya pastilah anda akan rugi.

6. Cek Fisik

Bagian terpenting lainnya dalam tahapan membeli mobil bekas yaitu cek fisik barang yang bisa anda  lakukan di samsat. Dengan pengecekkan ini tentunya akan mendapatkan tentang mobil yang anda beli ini benar-benar masih orisinil dan tidak adanya pergantian spare part.

Indikasi pengecekkan fisik ini ditunjukkan kepada mobil yang telah mengalami kecelakaan besar maka pastilah angka dan kode dalam mobil tersebut akan rusak.

Letak dari kode dan angka pada kerangka mobil ini terletak di bagian depan maka cek fisik ini merupakan salah satu cara paling ampuh untuk mengetahui tentang riwayat dari mobil ini. Sebelum anda membeli mobil ini maka pastikanlah beberapa hal tersebut.

7. Asuransi

Hal penting yang bisa anda pertimbangkan dalam pembelian mobil yaitu tentang kepemilikan asuransi pada mobil yang akan anda beli.

Ketika mobil tersebut memiliki asuransi maka akan sangat baik untuk anda karena telah memiliki bantuan kondisi ketika mengalami hal-hal yang tidak di inginkan.

Dalam proses penamaan jangan khawatir karena nama pemilik asuransi dapat di pindah tangankan dan hal ini telah menjadi hal mutlak ketika sebuah mobil telah didaftarkan sebagai pemakai asuransi.

Jadi setelah mengetahui tentang mobil yang akan anda beli baik dari segi eksterior, interior, mesin dan juga hal-hal penting lainnya maka mobil pun layak untuk dibeli dan tinggal nego harga anda bersama pemilik.

 

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: