KINGPRASTYO.COM

Tempat Sharing Informasi Generasi Milenial

Home / Artikel / Pendidikan / 9 Contoh Daftar Pustaka Anti Revisi Beserta Cara Penulisanya

9 Contoh Daftar Pustaka Anti Revisi Beserta Cara Penulisanya

/
/
/
37 Views
img

Daftar pustaka merupakan salah satu kosa kata yang tidak asing bagi seseorang yang sedang menempuh pendidikan, khususnya kalangan mahasiswa. Daftar pustaka menjadi hal yang sangat penting dan tidak boleh terabaikan oleh mahasiswa.

Seringkali dosen memberi tugas untuk membuat makalah, proposal, karya tulis ilmiah, ataupun skripsi yang mengharuskan seorang mahasiswa menulis daftar pustaka. Karena hal tersebut sudah menjadi kaidah atau etika dalam penulisan karya tulis yang sangat wajib.

Lalu apa itu daftar pustaka? Daftar pustaka dalah suatu tulisan yang berada di akhir sebuah karya tulis ilmiah yang biasa dijadikan sebagai sumber atau referensi oleh seorang penulis dalam menyusun sebuah karya tulis ilmiah.
Daftar pustaka meliputi :

  1. nama pengarang ditulis dengan urutan : nama akhir, nama awal, dan nama tengah tanpa gelar akademik,
  2. tahun penerbitan, judul & sub judul,
  3. nama penerbit, dan
  4. kota penerbitan.

Dalam membuat karya tulis ilmiah, biasanya penulis tidak hanya menggunakan satu sumber referensi atau rujukan, melainkan dari berbagai sumber misalnya buku, artikel, dokumen resmi pemerintah, maupun internet.
Berikut ini adalah contoh daftar pustaka dari berbagai sumber rujukan.

Contoh Daftar Pustaka Rujukan Buku

Contoh Daftar Pustaka
wallpaperscraft.com

Pustaka yang dirujuk berupa buku ditulis dengan urutan nama pengarang, tahun terbit, judul buku dengan cetak miring, kota terbit dan penerbit. Pemisahan bagian-bagian menggunakan tanda titik (.), kecuali antara nama dan penerbit menggunakan titik dua (:). Contoh :

Arikunto, Syharsini. 1993. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Yogyakarta: Rineka Cipta.

Maulana, Soni Farid. 2000. Mata Mbeling Jeihan dan Sastra Indonesia. PT Grasindo: Jakarta.

Rujukan Buku Terjemahan

Buku terjemahan ditulis sama dengan buku asli, hanya saja ditambahkan nama penerjemah didahului kata Terjemahan. Contoh :

Dunnn, W.N. 1995. Analisa Kebijakan Publik. Terjemahan Muhadjir Darwin, Hanindita. Graha Widya: Yogyakarta.

Oppeinheim, A.V., Willsky, A.S. 2000. Sinyal dan Sistem. Terjemahan N.R. Puspawati dan Agus Santoso Tamsir, Erlangga : Jakarta.

Rujukan Makalah/ Jurnal

journal
remukan.com

Penulisan daftar pustaka dari majalah atau jurnal yaitu, Nama pengarang. Tahun. Judul Tulisan. Volume : Halaman. Makalah yang disajikan dalam seminar, penataran, dan lokakarya ditulis dengan menambahkan kata “Makalah ini disajikan dalam….”

Indriati, E. 1999. Molar Patterns on Javanese People. Makalah disajikan dalam The International Conference on Paleonthropology, October 14-15, Beijing.

Khalis Umil. 2007. Partisipasi Perempuan dalam Pembangunan. Makalah. Dalam: Seminar Pengarusutamaan Gender di FEMA IPB, 18 September.

Rujukan Majalah

gambar majalah
haydenjdesign.com

Padepokan Seni Pedhalangan Reno Budoyo. 2000. Wayang Purwo sebagai Tontonan, Tuntunan, dan Tatanan di Era Global. Caraka : Vol.3.2001. No.7:7-15.

Piliang Ij. 2010 Jun 10. Demokrasi di Era Otonomi Daerah. Kompas. Rubrik Opini: 6 (kol 1-6)

Rujukan Laporan Penelitian

Laporan penelitian : skripsi, tesis, disertasi ditulis dengan menambahkan pernyataan “skripsi, tesis, disertasi”, diikuti nama universitas atau lembaga penyelenggara penelitian. Nama kota dibubuhkan apabila nama universitas itu tidak menggunakan nama kota.

Mittariq, R. 2006. Perancangan Kualitas Menggunakan Metode Respon Surface untuk Palikasi Produk Konsumsi Manusia. Tugas Akhir. Universitas Gajah Mada. Yogyakarta.

Yuwono, N. 1990. The Stability of Revetment Blockwork Under Action. Ph.D. Thesis. Stratclyde University. Glasglow.

Rujukan Bersumber Internet

gambar macbook
seo4world.com

Penulisan rujukan dari internet dimulai dari judul, sumber dan tanggal akses.

Bencana Alam Terbesar di Indonesia Sepanjang Tahun 2017. http://nationalgeographic.co.id/berita/2017/12/7-bencana-alam-terbesar-di-indonesia-sepanjang-tahun-2017 diakses pada tanggal 12 Januari 2018 pukul 21.46

Chiraphadhanakul, S.,Dangprasert, P., dan Avatchanakom , V.,Generic Forecasting Algorithm with Financial Application. Proceedings of the 1997 IASTED. http://csdl.computer.org/dl/proceeding/iis/1997/8218100/821801. (19 Januari 2007).

Rujukan Dokumen Resmi Pemerintah

Penting untuk diperhatikan bahwa dalam menulis karya tulis ilmiah dengan mengutip dokumen-dokumen resmi pemerintah harus jelas sumbernya.

gambar istana bogor
betulcerita.blogspot.com

Namun beberapa dokumen biasanya tidak selengkap buku, sehingga ada beberapa aturan dalam menulisnya.
Judul atau nama dokumen ditulis dibagaian awal dengan huruf miring, diikuti tahun, kota terbit, dan nama penerbit. Jika dokumen resmi pemerintah tersebut diterbitkan oleh suatu penerbit tanpa pengarang atau lembaga.

Contoh :

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 22 Tahun 1999 tentang Pemerintah Daerah.

Peraturan Daerah Kabupaten Magelang Nomor 3 Tahun 2011 Tentang Organisasi dan Tata Kerja Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kabupaten Magelang.

Pustaka yang ditulis atas nama lembaga ditulis dengan urutan sebagai berikut. Nama lembaga penanggung jawab ditulis paling depan, diikuti tahun, judul karangan, nama tempat penerbitan, dan nama lembaga tertinggi yang bertanggung jawab atas penerbitan tersebut. Contoh :

Pusat Pembinaan dan Pengembangan Bahasa. 1978. Pedoman Penulisan Laporan Penelitian. Jakarta : Departemen Pendidikan dan Kebudayaan.

Daftar Pustaka Rujukan Artikel

gambar web artikel
ktla.com

Dalam penulisan daftar pustaka yang bersumber dari kumpulan artikel (ada editornya), ditulis dengan urutan nama pengarang, diikuti dengan tahun penerbitan, serta judul artikel ditulis tanpa cetak miring.

Nama editor ditulis seperti menulis nama pengarang buku, dan diberi keterangan (Ed.) yang berarti editor. Judul buku kumpulan dicetak miring diikuti nomor halaman.

Contoh :

Carrier, G.F.,Greenspan, H.P. 1958. Water Waves of Finite Amplitude on A Sloping Beach, Journal of Fluid Mechanics, 4: 97-109.

Thompson, W.C.(Ed). 2010, Success in Kashmir: a positive trend in civil-military integration during humanitarian assistance operations, Disasters Journal, 34(1): 1-15.

Artikel dalam surat kabar atau Koran ditulis sama dengan bahan pustaka yang berupa artikel dalam jurnal. Jika artikel itu tanpa nama pengarang, yang ditulis pertama ialah nama Koran. Di belakang angka tahun dan nomor Koran ditambahkan tanggal dan bulan terbitan, dilanjutkan dengan nomor halaman yg disingkat hlm.

Contoh :

Jawa Pos. 1995. Wanita Kelas Bawah Lebih Mandiri. IV. 02.22 Juni, hlm.3.Kartono, St. 2006. Membangun Pendidikan yang Manusiawi.

Yogyakarta: Kedaultan Rakyat. Selasa Pon 11 April 2006 (12 Maulud 1939) Kol.3 hal 10.

Contoh Daftar Pustaka Rujukan Rekaman

Rekaman kaset
pxhere.com

Rujukan karya tulis ilmiah juga bisa bersumber dari rekaman, baik rekaman video, kaset, CD-ROM, atau artikel jurnal elektronik. Cara penulisannya hampir sama dengan rujukan tertulis.

Bedanya judul ditulis di depan diikuti nama produser dan director jika berbentuk video. Nama pembicara dicantumkan dalam rekaman kaset, dan nama penulis dicantumkan apabila sumber berupa CD-ROM dan artikel jurnal elektronik.

Contoh :

Porro, L. (Producer) & S.Kotton (Director). 1994. Isabel Allende: The Women’s Voice in Latin-American Literatur. (Videorecording). San Fransisco:KQED.

Costa Jr.,P.T.(Pembicara). 1998. Personality, Continuity, and Changes of Adult Life. Rekaman Kaset No. 207-433-88A-B. Washington, DC: American Psychological Association.

Preiss, Byron, dan Hixon, Jeff. 1994. The Ultimate Frangk Lloyd Wright: American Architect. (CD-ROM. New York: Byron Press Multimedia).

Funder, D.C. 1994 March. Judgemental Process and Content. Commentary on Koehler on Base-rate (9 pagraf). Psycholoquy. (Online serial) 5 (17). Diperoleh dari FTP: Hostname: princenton.edu.Directory:pub/harnad/Psycoloquy/1994. Volume.5 File:psycoloquy, 94.5.17.base-rate,12.funde. (20 Juni 2000).

Dengan daftar pustaka menjadikan suatu karya tulis menjadi valid, karena disusun berdasarkan referensi yang sudah ada dan sesuai dengan bidangnya masing-masing.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This div height required for enabling the sticky sidebar
%d bloggers like this: