KINGPRASTYO.COM

Tempat Sharing Informasi Generasi Milenial

Home / Artikel / Pendidikan / 3 Cara Menulis Surat Kuasa (Perseorangan, Kedinasan dan Istimewa)

3 Cara Menulis Surat Kuasa (Perseorangan, Kedinasan dan Istimewa)

/
/
/
11 Views
img

Surat kuasa merupakan surat yang berisi informasi memberikan tugas atau wewenang untuk melakukan kegiatan dari si pembuat wewenang kepada orang yang ditunjuk atas dasar persetujuan yang memberikan wewenang .

Surat ini merupakan surat yang sangat penting bagi seseorang yang diberikan wewenang  karena menjadi bukti jika seseorang tersebut benar adanya mewakili atas nama pemberi wewenang.

Surat kuasa ini umumnya digunakan pada saat anda berhalangan melakukan suatu tugas atau kegiatan, akan tetapi tetap ingin menyelesaikan tugas tersebut. Oleh sebab itu surat ini menjadi media untuk orangl lain untuk menyelsaikan tugas anda.

Sesuai dengan pengertian surat kuasa yang telah dijelaskan sebelumnya, fungsi dan manfaat utama dari surat ini adalah sebagai bukti pernyataan dari pembuat surat, bahwa pihak penerima kuasa memiliki hak dan kewajiban untuk melakukan tugas dan kegiatan dari si pembuat surat.

Sebagai contoh apabila pada suatu hari anda sakit akan tetapi pada hari itu juga anda di haruskan mengurus harta kekayaan anda yang akan diwariskan. Maka apabila anda memberikan surat ini kepada orang yang anda tunjuk, dia akan melakukan tugas sesuai dengan wewenang yang anda berikan didalam surat ini.

contoh surat kuasa
slideshare.net

Berdasarkan sifatnya surat kuasa dapat dibedakan menjadi tiga jenis yaitu:

Contoh Surat Kuasa Perseorangan

Surat kuasa perseorangan adalah surat yang dituliskan seseorang untuk memberikan wewenang kepada orang lain, yang diberikan wewenang selain itu terkadang surat ini juga dikeluarkan oleh perusahaan kepada pekerjanya untuk melakukan tugas yang telah di tentukan oleh perusahaan.

Surat Kuasa Kedinasan

Surat kuasa kedinasaan adalah surat  yang dituliskan oleh organisasi, perusahaan dan instansi pemerintah kepada seseorang yang umumnya adalah pemangku jabatan tertentu untuk menjalankan tugas sesuai dengan arahan penulis.

Beberapa contoh dari surat ini seperti surat workshop, surat seminar, surat desposisi, surat perintah, surat keluar, surat tugas dan lain lain.

Surat Kuasa Istimewa

Surat ini adalah surat yang biasanya diberikan kepada seseorang untuk menyelesaikan perselisihan terkait masalah hukum.

Umumnya surat ini diberikan antara klient dan pengacara yang sedang terkait permasalahan hukum. Surat ini sering digunakan baik digunakan antara perseorangan ataupun lembaga kepada perseorangan.

Terdapat beberapa bagian yang berbeda antara surat yang dituliskan peseorangan dan perusahaan, meskipun keduanya merupakan surat resmi. Perbedaan tersebut akan lebih rinci dibahas di penjelasan selanjutnya.

Namun umumnya bagian bagian penyusun surat ini adalah sebagai berikut :

  1. Judul dan nomor surat
  2. Nama atau organisasi si pembuat surat
  3. Nomor surat
  4. Identitas pemberi kuasa
  5. Penerima kuasa
  6. Hal yang akan dilimpahkan
  7. Tanggal dan waktu pembuatan surat kuasa
  8. Tanda tangan pemberi dan penerima
  9. Material sebagai simbol kekuatan hukum

Berikut ini merupakan cara membuat surat kuasa berdasarkan jenisnya :

Cara Membuat Surat Kuasa Perorangan

Surat ini merupakan salah satu jenis surat yang paling mudah dibuat karena sifatnya yang hanya memberikan wewenang atau kuasa dari perseorangan ke orang lain.

contoh surat kuasa perseorangan
shuttleworthca.com

Misalnya anda menuliskan surat ini kepada saudara anda untuk menyelesaikan tugas jual beli rumah misalnya. Apabila surat ini telah diterima adik anda maka tugas dari surat ini selesai.

Akan tetapi Dalam pembuatan surat kuasa perseorangan, anda hanya perlu menuliskan beberapa hal, yaitu :

  1. judul surat harus ditulis surat kuasa perseorangan
  2. bagian berikutnya dalah data diri dari penerima surat, perlu di ingat setelah anda menuliskan data diri anda. Anda juga perlu menuliskan data diri orang yang akan diberikan wewenang. Contoh : dengan ini memberikuasa kepada (data diri)
  3. isi tentang apa saja surat kuasa yang ada di dalamnya. Bagian ini merupakan bagian yang sangat penting karena merupakan bagian yang utama, apabila bagian ini lupa dituliskan maka penerima wewenang tidak akan mengerti tugas yang harus dijalankan.
  4. Tanggal dan tanda tangan. Tuliskanlah tanggal dan tanda tangan secara rinci, apabila diperlukan gunakanlah materai jika perut soal hukum.

Contoh Surat Kuasa Kedinasaan

Surat ini umumnya surat yang dituliskan oleh instansi atau dinas untuk menyerahkan wewenang kepada seseorang. Oleh sebab itu berbeda dengan surat sebelumnya, surat ini lebih sulit dari yang pernah dibayangkan anda.

Beberapa hal yang harus terdapat dalam surat untuk memastikan keaslian dan menghindari penyalah gunaan wewenang. Hal hal yang harus ada dalam surat ini yaitu:

  1. Surat harus memiliki kepala surat dari instansi. Kepala surat merupakan bagian yang sangat penting dalam surat ini karena ini sebagai legitimasi bahwa anda memang betul mendapatkan wewenang tersebut. Contoh apabila yang memberikan wewenang disurat ini adalah dinas perhubungan maka kepala surat ini juga harus tertera nama dinas perhubungan.
  2. Judul surat. Judul surat harus tertulis judul surat kuasa kedinasan.
  3. Nomor surat Kuasa. Bagian ini merupakan bagian yang tidak akan terpisahkan dari surat ini karena bagian ini menyangkut administrasi instansi atau perusahaan.
  4. Membuat bagian data diri pemberi kuasa. Menuliskan data diri pemberi kuasa merupakan bagian yang tidak boleh terlupakan diantara banyanya nama yang harus dituliskan. Nama tersebut dapat berupa nama instansi, organisasi, serta alamat apabila yang memberikan wewenang adalah perorangan maka dituliskan juga nomor induk kependudukan dan jabatan.
  5. Membuat data diri penerima surat kuasa, data diri penerima surat kuasa darus dituliskan secara rinci.
  6. Paragraf tujuan pemberi kuasa, pada bagian ini harus dijelaskan secara terperinci apa saja yang dapat dilakukan penerima wewenang.
  7. Tempat dan waktu surat kuasa dibuat, berikan tanggal berlaku surat, hal ini diberikan agar tidak terjadi penyalahgunaan.
  8. Tanda tangan kedua belah pihak, di bawah tanda tangan jangan lupa membuat nama,nomor induk pegawai dan jabatan.
  9. Materai atau cap instansi sebagai bukti persetujuan dari instansi perusahaan atau organisasi.

Cara Membuat Surat Kuasa Istimewa

Untuk membuat surat ini, sebenarnya hampir sama dengan surat yang lainya bedanya disurat ini, materai merupakan sebuah hal yang wajib ada, sebagai bukti administrasi hukum yang sah.

contoh surat dinas istimewa
ezylet.com

Selain itu, terkadang jika surat ini diberikan kepada kantor pengacara, mereka meminta menggunakan kepala surat atau kop surat dari kantor mereka.

Surat kuasa memiliki beberapa ciriciri atau karakteritik yang khas. Berikut adalah ciri ciri surat kuasa tersebut adalah:

  1. Surat kuasa dituliskan dengan menggunakan bahasa indonesia baku, baik dan benar dan mudah untuk dipahami.
  2. Surat kuasa berisi pernyataan pengalihan kekuasaan atau wewenang.
  3. Bahasa dan kata kata yang digunakan dalam surat kuasa dibuat dengan singkat, padat, jelas, sesuai dengan peruntukan dan mudah untuk dipahami oleh pembaca.

Dalam membuat surat kuasa, yang pertama harus dipahami adalah tujuan dari surat ini dibuat untuk apa, karena ketika anda memahami maksud dan tujuan dari surat ini anda akan mudah menentukan jenis apa yang akan buat dan ketentuan cara menjawabnya.

Selamat mencoba, semoga bermanfaat.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This div height required for enabling the sticky sidebar
%d bloggers like this: