KINGPRASTYO.COM

Tempat Sharing Informasi Generasi Milenial

Home / Artikel / Pendidikan / 5 Hal yang Harus Dipahami Sebelum Menulis Surat Pernyataan

5 Hal yang Harus Dipahami Sebelum Menulis Surat Pernyataan

/
/
/
30 Views
img

Surat pernyataan adalah surat yang dibuat untuk menunjukan sebuah sikap atau keputusan terkait suatu kejadian yang terjadi. Surat ini merupakan penggambaran sikap dari sang penulis surat.

Pernyataan ini bersifat formal karena disampaikan melalui tulisan dan berbentuk surat. apabila disampaikan melalui lisan, pesan singkat, telepon, sms, ataupun media sosial maka pernyataan ini bersifat tidak formal

Surat pernyataan dalam perkembangan jaman, penulisan secara manual mulai ditinggalkan untuk saat ini kebanyakan pengguna, surat ini lebih banyak menggunakan komputer untuk menulis.

Sekalipun pada akhirnya esensinya akan sama, keberadaan surat ini sangatlah diperlukan bahkan pada suatu perkara kita diwajibkan untuk mengirim surat ini secara vie email.

Tujuan dari surat ini ditulis, adalah agar diketahui dan menjadi pegangan terhadap pihak pihak terkait yang bersangkutan dan berkepentingan dengan suatu hal yang dibahas dari surat ini.

Sehingga apabila dikemudian hari ada sesuatu yang tidak sesuai dengan surat pernyataan tersebut, maka hal ini dapat dijadikan suatu bukti untuk meluruskan ke pernyataan tersebut.

Surat ini dapat dikategorikan termasuk surat yang jarang sekali orang membuat, karena pada umumnya surat ini dibuat menyangkut soal perkara hukum. Yang terkadang dihindari oleh masyarakat.

contoh surat pernyataan
slideshare.net

Terdapat beberapa contoh kegunaan dari surat ini, adapun salah satu contohnya adalah surat pernyataan kesanggupan pembayaran hutang atau tagihan yanag biasanya dibuat oleh instansi atau perorangan.

Misalnya anda membuat surat pernyataan akan melunasi tagihan, kemudian sampai tenggang waktu yang telah disepakati anda tidak melunasinya, maka pihak yang melakukan tagihan akan mengingatkan kepada anda.

Fungsi Surat Pernyataan

Sehingga dapat terjdi hubungan yang baik dan diharapkan pemilik tagihan dapat melunasi tagihanya sesuai dengan waktu yang telah ditentukan, dengan demikian dapat disimpulkan jika fungsi surat ini adalah :

  1. Deklarasi pernyataan sikap terhadap suatu tindakan .
  2. Dokumen pendukung ketika anda akan melakukan urusan urusan mengurus surat pajak mungkin atau yang lainya
  3. Dokumen pelengkap atau bukti apabila anda sedang tersangkut perkara hukum seseorang.

Ciri ciri Surat Pernyataan Resmi

Surat pernyataan mempunyai beberapa ciri ciri khusus yang tidak bisa dipisahkan sehingga ini merupakan bagian pembeda dari surat-surat yang lain yang terkadang begitu anda melihatnya anda langsung paham bahwa surat tersebut merupakan surat pernyataan resmi.

serat pernyataan
thecreativepenn.com

Berikut penjelasanya :

  1. Surat ini ditulis menggunakan bahasa yang formal dan baku dengan bentuk kalimat yang singkat dan efektif. Hindari penggunaan bahasa yang tidak formal atau tidak baku
  2. Materai digunakan apabila surat ini menyangkut masalah hukum.
  3. Tujuan dan maksud dari surat ini harus jelas, tidak membuat ambiguitas atau makna yang ganda, sehingga pembaca surat ketika membaca tidak menangkap maksud lain, selain maksud yang anda maksud.
  4. Identitas dari pembuat surat harus jelas dan apabila surat ini dibuat atas kesepakatan kedua pihak maka identitas keduanya harus tercantum.

Format dan Bentuk Surat

Surat ini memiliki format surat yang mudah karena hanya berisi tiga bagian. Bagian tersebut sangatlah penting dalam surat ini dan mutlak harus terdapat di surat ini, bagian tersebut adalah  :

  1. Bagian pembuka

Tuliskanlah judul surat dengan huruf kapital dengan posisi di tengah  dengan huruf cetak tebal. Penulisan bagian ini harus mengikut ketentuan, diusahakan tidak boleh sembarangan

  1. Isi pernyataan

Bagian ini berisi tentang maksud dan tujuan anda membuat surat ini, perlu dicermati dengan seksama bagian ini ketika anda menulis surat pernyataan, karena bagian ini harus tersampaikan kepada orang yang membacanya

  1. Bagian penutup

Surat bagian ini terdiri atas tanggal, tempat, nama , dan nomor induk kependudukan si pembuat surat. Nama ini harus tercantum dengan jelas agar tidak salah arti.

Tips Membuat Surat Pernyataan

Menulis surat ini anda perlu menggunakan tips ataupun cara, tips ini  bertujuan agar anda tidak kesulitan dalam menulis surat ini, berikut tips yang dapat anda gunakan dalam menulis surat pernyataan :

  1. Sebelum anda menulis surat ini kethuilah maksud dan tujuan terlebih dahulu dibuat untuk kepentingan apa. Apakah surat tersebut berisikan tentang kesanggupan bekerja, hutang atau yang lainya.
  2. Buatlah yang pertama kali dengan judul SURAT PERNYATAAN dengan demikian bagian ini tidak terlupakan
  3. Tulislah isi dari surat tersebut mengenai maksud, tujuan dan identitas pembuat surat karena bagian ini adalah bagian yang penting dalam pembuatan surat ini.
  4. pada bagian penutup surat anda disarankan menulis nama, tanda tangan, tempat tanggal dibuatnya surat tersebut.
  5. Periksa berulang ulang surat tersebut dengan teliti agar tidak terjadi kesalahan. Hindari pembuatan mendadak karena mengingat pentingnya surat ini.
  6. Berikanlah tanda tangan seusai surat ini selesai ditulis
  7. Pergunakan surat ini dengan bijak.

Jenis-jenis Surat

Seperti hal yang lainya surat ini juga memiliki beberapa jenis, maka dalam pembuatan anda harus mengerti dan paham terlebih dahulu. Karena beberapa jenis surat dipergunakan sesuai dengan keperluan anda.

surat pernyataan
jasonstapletonprogram.com

Berikut adalah beberapa surat yang biasanya dibuat :

  1. Surat nomine

Surat ini dapat dibilang merupakan surat yang jarang dipergunakan oleh masyarakat awam. Surat ini biasanya dipergunakan sebagai pengakuan harta atas nama orang lain.

Apabila dilhat dari artinya  Nomine sendiri adalah harta yang didapatkan oleh seseorang yang berasal dari orang lain berdasarkan pemberian, amanat atau hibah. Surat ini lebih sering digunakan dalam pembagian harta warisan atau harta gono gini.

  1. Surat hutang

Surat ini adalah surat yang berisikan tentang keterangan hutang. Menyangkut nominal yang dipinjamkan, waktu peminjaman, waktu tempo pengembalian, nama yang dipinjam dan yang meminjam.

  1. Surat kepemilikan harta

Surat ini berisi tentang keterangan dalam pemilik harta tentang jumlah keseluruhan harta yang dimiliki dan biasanya akan diperbaharui setiap tahunya apabila anda akan mengurus pajak.

  1. Surat kesanggupan

Surat ini biasanya lebih sering digunakan masyarakat apabila akan memasuki instansi atau lingkungan baru, seperti lingkungan kerja. Surat ini terdapat beberapa jenis dan disesuaikan dengan kebutuhan alasan surat tersebut dibuat.

  1. Surat status karyawan
  2. Surat berkelakuan baik
  3. Surat jual beli tanah
  4. Surat kesanggupan bekerja
  5. Surat kesanggupan menaati peraturan
  6. Surat ketentuan gaji
  7. Surat belum menikah
  8. Surat perjanjian pernikahan
  9. Dan lain lain.

Surat ini sangat banyak sekali jenisnya apabila kita rinci satu persatu yang jelas ketika anda membuat surat ini anda harusberfikir terlebih dahulu tentang tujuan dibuatnya surat ini untuk apa, jangan sampai ketika anda sudah menuliskanya anda tidak paham surat ini untuk apa.

Demikian contoh contoh surat pernyataan, pada intinya keterampilan dalam membuat ini sangat diperlukan  karena kebutuhan masyarakat yang semakin banyak dan semakin beragam, selamat mencoba. Good Luck  !

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This div height required for enabling the sticky sidebar
%d bloggers like this: