img
Home / Artikel / Pendidikan / Penjelasan Lengkap Ukuran Lapangan dan Teknis Permainan Bola Voli

Penjelasan Lengkap Ukuran Lapangan dan Teknis Permainan Bola Voli

/
/
/
216 Views

Permainan Bola Voli dan Ukuran Lapangan Bola Voli – Pada awal ditemukanya olahraga voli, olahraga ini diberi nama Mintonette. Olahraga ini ditemukan oleh seorang instruktur kebugaran jasmani yang bernama Willian G Morgan di YMCA (Young Men’s Christian Association) pada tanggal 9 februari 1895 di Holyoke, Massachusetts Amerika Serikat.

Perubahan nama Mintonette menjadi volleyball (bola voli) terjadi pada tahun 1896, pada demonstrasi pertandingan pertamanya di International YMCA Training School.

Semenjak saat itu bola voli mulai dikenal oleh masyarakat bahkan oleh dunia, bahkan sampai sekarang olahraga tersebut telah dikenal dengan nama olahraga voli.

# Permainan Bola Voli

Olahraga voli merupakan jenis olahraga yang dimainkan oleh banyak orang. Para pemainya dibagi menjadi dua grup, dan masing-masing grup saling berlawanan.

Jumlah tiap grup yaitu adalah 6 orang, adapun variasainya semisal voli pantai yang hanya membutuhkan jumlah pemain dua orang saja.

Olahraga bola voli dinaungi oleh FIVB (Federation Internationale de Volleyball) sebagai induk organisasi International, sedangkan di Indonesia sendiri dinaungi oleh PBVSI (Persatuan Bola Voli Seluruh Indonesia).

1. Ukuran Lapangan Bola Voli

Ukuran Lapangan Bola Voli
worldsportedition.blogspot.com

Lapangan permainan bola voli mempunyai ukuran yang telah distandarkan oleh FIVB, ukuran inilah yang biasa dilakukan pada pertandingan baik skala nasional ataupun International.

Lapangan olahraga voli masing-masing mempunyai ukuran 9 x 9 meter, jadi total panjang keseluruhan lapangan olahraga voli mempunyai ukuran 18 meter, sedangkan untuk lebarnya mempunyai ukuran 9 meter.

2. Ukuran Garis Batas Lapangan Bola Voli

Adapun garis batas lapangan olahraga voli. Semua garis batas lapangan, garis tengah, garis daerah serang yaitu 3 meter.

Untuk garisnya bisa menggunakan kayu, tali, cat atau break tape yang lebarnya tidak lebih dari 5 cm.

3. Tinggi Net Permainan Bola Voli

Net Bola Voli
worldleague.2015.fivb.com

Untuk jaring atau net dalam olahraga voli mempunyai ukuran khusus yang telah ditetapkan. Dalam pertandingan resmi International, ukuran standarnya sebagai berikut:

  • Tinggi net untuk laki-laki pada lapangan olahraga bola voli adalah 2,43 meter.
  • Tinggi net untuk perempuan pada lapangan olahraga voli adalah 2,24 meter.
  • Untuk lebar net pada olahraga voli adalah 1 meter.
  • Tinggi antena pada net bola voli adalah 0,8 cm.
  • Tinggi tiang net olahraga bola voli mempunyai ukuran 2,55 meter.
  • Jarak antara tiang net dengan garis yang berada disamping lapangan olahraga voli yaitu 0,5 hingga 1 meter.

4. Ukuran Bola Voli

Standar Ukuran Bola Voli
www.iconsport.fr

Bola yang digunakan dalam olahraga voli pertandingan resmi International juga memiliki ukuran standar yang telah ditentukan yaitu:

  • Ukuran diameter bola voli yaitu 65 hingga 67 cm.
  • Berat bola voli yaitu 260 sampai 280 gram.
  • Sedangkan tekanan udara pada bola voli yaitu 0,30 hingga 0,325 kg/cm (4.26-4.61 psi, 294.3-318.82 mbar atau hPa).

5. Peraturan Permainan Bola Voli

Peraturan Permainan Bola Voli
www.presstv.ir

Permainan olahraga voli dimainkan oleh dua tim yang masing-masing tim berjumlah 6 orang pemain.  Setiap tim bertarung untuk bisa mencapai angka 25 terlebih dahulu.

Dalam sebuah tim ada 4 jenis pemain yang masing-masing memiliki peran sangat penting, yaitu spiker (smash), tosser (setter),  libero dan defender (pemain bertahan).

Tosser memiliki makna pengumpan, yaitu orang yang memiliki tugas untuk memberi operan kepada rekan-rekan satu timnya dan mengatur jalanya permainan.

Spiker memiliki tugas untuk mencetak angka atau bertugas untuk memukul bola dengan sekeras-kerasnya ke daerah pertahanan lawan.

Libero adalah tipe pemain bertahan yang bisa bergerak dengan bebas keluar masuk lapangan namun ia tidak bisa melakukan smash ke daerah lawan.

Defender merupakan tipe pemain bertahan yang bertugas untuk menerima serangan dari lawan.

Permainan olahraga bola voli menuntut untuk selalu berfikir menggunakan otak, terutama bagi pemain yang berposisi tosser. Tosser harus bisa mengatur jalanya pertandingan.

Seorang tosser harus harus bisa memutuskan apa yang akan ia perbuat, ke arah mana bola yang akan ia berikan dan semua itu harus ia lakukan dengan cepat.

Penghitungan angka pada olahraga bola voli adalah jika musuh memasukan bola ke area kita, maka kita telah kehilangan bola dan musuh akan mendapatkan poin.

Serve yang dilakukan pemain harus bisa melewati net dan masuk ke area musuh. Jika hal tersebut gagal maka otomastis musuh akan mendapat nilai.

6. Tehnik Servis Olahraga Bola Voli

Tehnik Servis Bola Voli
www.myactivesg.com

Pada saat ini servis bukan lagi sebagai pukulan bola untuk mengawali pertandingan, namun servis dilakukan sebagai serangan pertama kepada lawan.

Servis terbagi menjadi beberapa jenis. Dari mulai servis tangan bawah, dan servis tangan atas. Untuk servis tangan atas dibedakan menjadi dua bagian yaitu floating dan ceklis.

Hal yang perlu diperhatikan ketika melakukan servis adalah sikap badan pada posisi siap dan pandangan focus pada bola yang akan dipukul. Lambung ke atas sesuai dengan kebutuhan dan mengetahui kapan harus memukul bola.

7. Tehnik Smash dalam Olahraga Bola Voli

Tehnik Smash Bola Voli
www.youtube.com

Spike atau smash merupakan bentuk pola serangan yang sering dilakukan oleh para atlet voli untuk menyerang lawan supaya bisa mendapatkan poin.

Tehnik smash adalah cara memainkan bola dengan akurat dan efektif sesuai dengan peraturan permainan bola voli yang dijalankan, supaya bisa memperoleh pukulan yang sangat keras agar bisa mematikan pergerakan lawan dan memperoleh poin.

8. Tehnik Bloking (pertahanan)

Tehnik Bloking Bola Voli
www.summersportversilia.it

Pengertian blok dalam permainan olahraga voli adalah sebuah tindakan untuk bisa menahan atau membendung serangan lawan  yang berupa pukulan keras (smash) supaya lawan tidak bisa memperoleh poin.

Bloking dilakukan di dekat jarring untuk mencoba menahan bola yang datang dari arah lawan. Tehnik bloking sendiri dibagi menjadi dua macam.

Bloking tunggal merupakan Bloking yang dilakukan oleh satu pemain.

Bloking ganda adalah tindakan untuk membendung bola yang dilakukan oleh dua orang atau lebih. Hal yang harus diperhatikan dalam tehnik bloking adalah memadukan langkah dan timing ketika hendak meloncat serta pergerakan arah bola.

9. Posisi Pemain Bola Voli

Posisi Pemain Bola voli
kids.britannica.com

Pada saat servis dilakukan, kedua tim harus berada di dalam lapangan atau daerah lapngan masing-masing.

Pada posisi paling dekat dengan net ada satu orang dinamakan tosser sedangkan pada posisi kanan dan kiri tosser ada spiker kemudian pada pemain yang berada di posisi paling belakang tiga orang adalah defender.

Di Indonesia sering diadakan kejuaraan olahraga voli yaitu kompetisi Proliga yang merupakan kompetisi kejuaraan voli professional tingkat nasional yang diikuti oleh seluruh tim terbaik yang ada di Indonesia.

Jika anda tertarik dengan cabang olahraga lain semisal memanah silahkan kunjungi website harga panahan.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: