KINGPRASTYO.COM

Tempat Sharing Informasi Generasi Milenial

img
Home / Artikel / Tips Penting / 10 Cara Menghilangkan Embun di Jam Tangan Mudah dan Cepat

10 Cara Menghilangkan Embun di Jam Tangan Mudah dan Cepat

/
/
/
22 Views

Jam tangan adalah salah satu aksesoris yang ternyata memang paling banyak digunakan oleh masyarakat sekarang. Laki-laki dan perempuan memang cocok saja menggunakan nya, tetapi nyatanya jam tangan juga memiliki musuh bebuyutan yang membuatnya mudah rusak.

Kenapa jam tangan mudah rusak? Sebenarnya ada banyak hal yang bisa menyebabkan jam tangan mudah rusak. Nah, salah satu penyebabnya adalah karena embun, yap embun memang bisa membuat kelembapan pada jam tangan sehingga mesin nya juga terkontaminasi.

Biasanya kelembapan yang menyerang jam tangan sendiri sering dialami oleh orang-orang yang tinggal di Kota dingin dengan curah hujan tinggi. Jika kelembapan yang dialami jam tangan terus-terusan terjadi, maka kerusakan tidak akan dapat dihindari.

Mungkin anda pernah mengalami jam tangan anda berembun tanpa tahu penyebab nya yang pasti, jadi anda perlu mencari tahu dulu. Nah, agar anda bisa mengatasi masalah embun yang ada dalam kaca jam tangan, coba anda cek lebih dahulu penyebab jam tangan berembun berikut ini:

Penyebab Jam Tangan Berembun atau Lembab

penyebab jam tangan kemasukan air
siam-naliga.com

1. Kehujanan

Penyebab utama kenapa jam tangan bisa berembun adalah karena kehujanan, biasanya seseorang yang keluar rumah dan hujan lupa untuk melepas jam tangan nya. Ini adalah penyebab yang paling sering ditemui, anda sebagai pengguna jam tangan harus melepas jam tangan anda ketika hujan.

Oh iya, ternyata jika jam tangan terus menerus terkena air hujan bisa berembun, dan menyebabkan mesin nya rusak. Jika memang sudah terkena air, sebaiknya anda membuka kaca jam tangan tersebut dan menghilangkan air yang ada di dalamnya.

2. Kepanasan

Embun dalam jam tangan tidak hanya tercipta karena adanya air yang masuk dan terperangkap di dalam jam tangan tersebut. Meskipun kebanyakan jam tangan akan mengalami kelembapan setelah kedinginan atau kehujanan, nyatanya panas juga bisa menyebabkan embun.

Embun sendiri bisa muncul karena adanya perbedaan suhu antara suhu jam dan suhu udara luar sehingga embun terbentuk. Biasanya panas yang terlalu besar bisa membuat embun muncul dengan sendirinya, jadi anda perlu mencegahnya dengan menghindarkan jam tangan dari panas berlebih.

3. Terendam

Penyebab jam tangan berembun biasanya juga karena terendam ke dalam air, terkadang ada saja orang yang lupa melepas jam tangan saat berenang atau lain nya. Anda perlu mengecek lebih dahulu apakah jam tangan anda tersebut memiliki label water resistant.

Water resistant sendiri sebenarnya memiliki arti bahwa ia bisa digunakan dalam air, karena bahan-bahan yang digunakan anti air. Jika tidak ada label seperti itu pada bagian belakang jam tangan, jangan sekali-sekali menggunakan jam tangan anda ke dalam air.

Meskipun begitu, anda jangan menggunakan jam tangan anda masuk ke dalam air dalam waktu yang lama. Setiap merk pasti memiliki daya tahan masing-masing untuk bisa berada dalam air, misalnya ada yang kuat 4 jam, 8 jam, dan lain nya.

Jika anda terlalu lama memasukkan jam tangan anda, maka bukan nya tidak mungkin ia akan berembun. Karena itulah anda harus hati-hati dan sebaiknya jangan pernah menggunakan jam tangan saat cuaca yang terlalu dingin maupun panas.

Cara Menghilangkan Embun di Jam Tangan

cara menghilangkan jam tangan berair
FratelloWatches.com

1. Jemur

Tentunya setelah tahu penyebab kenapa jam tangan bisa berembun, anda harus tahu bagaimana cara menghilangkan embun di jam tangan. Cara menghilangkan embun sendiri anda bisa menjemurnya, jangan salah paham dulu, karena cara menjemur jam tangan beda dengan menjemur pakaian.

Jika pakaian dijemur dibawah sinar matahari, sedangkan kalau jam tangan disimpan di ruangan yang memiliki sirkulasi udara yang bagus. Intinya anda taruh di ruangan terbuka saja, di tempat yang cukup hangat tetapi memiliki udara segar yang masuk.

2. Bongkar Jam Tangan

Cara menghilangkan embun di jam tangan selanjutnya adalah dengan membongkar jam tangan tersebut. Biasanya pada bagian belakang jam tangan ada skrup kecil yang bisa dibuka, sehingga anda hanya membutuhkan obeng kecil saja untuk membongkarnya.

Setelah dibongkar, anda bisa menjemurnya dengan cara diatas, jadi tidak dijemur dibawah matahari langsung. Anda perlu hati-hati ketika membongkarnya, karena jika salah anda tidak bisa mengembalikan nya kembali nanti, simpan baik-baik skrup kecilnya.

3. Buka Kaca

Selain membongkar bagian belakangnya, anda juga bisa membuka bagian kaca jam tangan sehingga anda bisa mengelapnya. Biasanya embun akan menempel pada kaca jam tangan sehingga anda bisa menggunakan kapas atau kain untuk menghilangkan nya.

Cara menghilangkan embun di jam tangan yang satu ini akan sangat membantu tentunya, karena anda bisa mengelapnya dengan hati-hati. Jika sudah hilang semua embun yang ada di dalamnya, anda bisa menjemurnya agar kelembapan nya terjaga.

4. Bungkus Jam Tangan Dengan Handuk

Ketika sedang hujan terus menerus, tentunya anda tidak akan bisa menjemur jam tangan anda yang sedang berembun tersebut. Jika demikian, anda bisa membungkus jam tangan tersebut dengan handuk, lalu meletakkan nya dengan model bagian belakang jam menghadap ke bawah.

Lalu simpan handuk tersebut dalam ruangan yang udaranya terbuka, kalau bisa di tempat yang akan terkena matahari tetapi udaranya segar. Dengan begitu embun yang menempel pada jam tangan anda bisa mengering dan hilang.

5. Hair Dryer

Hair dryer biasanya menjadi salah satu cara menghilangkan embun di jam tangan dengan mudah dan cepat yang paling recommended. Jadi anda bisa mengatur hair dryer tersebut dengan tingkat panas paling rendah, lalu keringkan jam tangan anda dengan hair dryer tersebut dengan jarak setidaknya 15 cm agar tidak memberikan efek panas yang terlalu pada jam tangan.

6. Beras

Jika anda punya beras di rumah, tidak ada salahnya untuk digunakan menghilangkan embun yang ada pada jam tangan. Barang-barang elektronik yang berembun bisa ditaruh dalam beras tanpa perlu membuka casing dan kaca pada jam tangan.

Beras memang bisa menyerap air dengan baik dan cepat, jadi beras tersebut akan membantu anda untuk membuang uap yang ada pada jam tangan.

7. Sinar Lampu

Cara menghilangkan embun di jam tangan yang bisa anda lakukan selanjutnya adalah dengan menjemur jam tangan dibawah lampu. Anda bisa menggunakan lampu meja maupun bohlam, caranya cukup dengan menyinari jam tangan hingga embun yang ada dalam jam tersebut hilang.

8. Laptop

Jika anda hanya memiliki laptop misalnya, maka anda bisa memanfaatkan panas yang keluar dari laptop untuk menghilangkan embun di jam tangan. Caranya sangat mudah, anda hanya perlu mendekatkan jam tangan tersebut dan menghangatkan nya dengan panas laptop supaya embun hilang.

Cara yang satu ini lebih lama dari pada cara yang lain, karena itulah anda sebaiknya menggunakan cara yang lain. Tetapi jika memang anda sedang urgent dan hanya ada laptop, tidak ada salahnya untuk menggunakan metode yang satu ini.

9. Lilin

Cara menghilangkan embun di jam tangan nomor 9 adalah menggunakan lilin yang biasa anda gunakan sebagai lampu saat padam listrik. Sebaiknya anda persiapkan lilin yang sudah pendek ukuran nya, nyalakan lilin tersebut, lalu taruh jam tangan yang berembun di dekat lilin itu.

Cara ini cenderung lama juga, jadi anda harus bersabar untuk menghilangkan embun dari jam tangan anda. Jika anda merasa cara yang satu ini terlalu lama, anda bisa menggunakan silica gel yang pastinya lebih cepat.

10. Silica Gel

Desiccant atau biasa disebut silica gel merupakan cara menghilangkan embun di jam tangan yang paling ampuh tentunya. Anda bisa menemukan tempat jual silica gel dengan mudah saat ini, karena di toko-toko biasanya sudah tersedia.

Silica gel sendiri mampu menyerap uap yang ada pada jam tangan sehingga kondisinya bisa tetap kering dan terjaga. Selain untuk jam tangan, ternyata silica gel juga bisa digunakan untuk menyerap lembab agar kondisi barang hingga makanan tetap kering dan terjaga.

Cara menggunakan nya sangat mudah, anda hanya perlu menyiapkan 1 – 2 kemasan silica gel, lalu anda bisa siapkan toples yang ada tutupnya. Masukkan silica gel dan jam tangan tersebut ke dalam toples, lalu tutup rapat-rapat dan biarkan semalaman, lihat hasilnya esok hari.

Itulah cara menghilangkan embun di jam tangan mudah dan cepat sehingga jam tangan anda tidak akan rusak oleh embun. Meskipun embun yang ada pada jam tangan anda tersebut sedikit, tetapi itu bisa saja membuat mesin nya tidak berfungsi lagi, jadi segera atasi dengan salah satu cara di atas, terima kasih.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: