KINGPRASTYO.COM

Tempat Sharing Informasi Generasi Milenial

img
Home / Artikel / Tips Penting / Cara Merawat Sepatu Kulit, Kets dan Sintetis Agar Tetap Awet

Cara Merawat Sepatu Kulit, Kets dan Sintetis Agar Tetap Awet

/
/
/
78 Views

Mungkin kamu termasuk orang yang suka menggunakan atau bahkan mengkoleksi sepatu berbahan kulit, kanvas, sintetis, kets atau bahan lainya. Sepatu berbahan tersebut memang membutuhkan perawatan dan penanganan khusus, agar sepatu kamu tidak mudah rusak dan tetap nyaman digunakan.

Terlebih jika sepatu yang kamu koleksi adalah sepatu-sepatu bermerek yang memiliki harga lumayan tinggi, pastinya perlu perhatian yang ekstra bagi koleksi sepatu kamu tersebut.

Pasti kamu merasa kesal ketika melihat sepatu kesayangan ditumbuhi jamur dan warnanya kusam baunya pun juga tidak sedap. Padahal sepatu tersebut sudah disimpan di tempat yang bersih dan aman jauh dari serangga. Tapi kenapa sepatu masih bias ditumbuhi jamur?

Dalam merawat sepatu memang harus berhati-hati. Berikut ada beberapa tips merawat sepatu kesayangan kamu agar tetap dalam kondisi baik meskipun disimpan di dalam lemari dengan waktu yang lama dan tidak ditumbuhi jamur.

Sepatu Berbahan Kulit Asli

cara-merawat-sepatu-kulit
blog.esrocte.com

Sepatu dengan bahan kulit asli memang sangat nyaman digunakan di kaki. Harganya pun juga tergolong mahal, karena sepatu ini berbahan asli dari kulit hewan. Selain kenyamanan sepatu kulit juga lebih awet disbanding sepatu berbahan lainya. Namun cara perawatanya juga harus tepat, agar sepatu tidak cepat rusak.

Sepatu berbahan kulit harus ditempatkan di tempat yang kering agar tidak ditumbuhi jamur akibat kelembapan, namun jangan diletakan pula ditempat yang panas karena jika terlalu panas bias merusak kulit sepatu tersebut.

Cara Perawatan

Jika sepatu hendak disimpan, simpanlah di dalam kotak yang rapat kemudian selipkan beberapa sachet silica gel biru atau putih. Karena fungsi silica gel ini mampu menyerap kelembapan penyebab jamur. Selain itu juga bias menghindarkan dari serangga.

Setelah kamu menggunakan sepatu, sebaiknya bersihkan sepatu tersebut dari kotoran dan debu yang menempel. Cukup diusap dengan tisu atau bias juga dengan air untuk membersihkanya. Jangan lupa juga bersihkan air yang menempel pada sepatu sampai benar-benar bersih. Jika ada air yang tersisa, hal inilah yang dapat menimbulkan jamur.

Oleskanlah moisturizer pada permukaan sepatu agar tetap lembab dan tidak kering, atau kamu juga bisa menggunakan handbody lotion untuk dioleskan.

Baca: 7 Cara Ampuh Merawat Tas Kulit Kesayangan Agar Awet

Cara Perawatan Sepatu Kets Berbahan Kanvas

sepatu-kets
pixabay.com

Jika sepatu sudah terlihat kotor, cuci bersih sepatu tersebut menggunakan sabun atau deterjen. Bilas sampai benar-benar bersih dan tidak ada gelembung-gelembung sabun.

Setelah dicuci bersih menggunakan sabun atau deterjen, jemur sepatu tersebut dibawah terik matahari agar terkena sinar matahari dan angin, sehingga sepatu lebih cepat kering.

Jika sepatu sudah kering angkat kemudian semprotkan beberapa bahan antiseptic.

Kemudian simpan di dalam lemari atau kotak sepatu dan selipkan beberapa bungkus silica gel agar kadar air yang ada bisa terserap oleh silica gel.

Baca: Perbedaan Antara Silica Gel Putih, Biru dan Natural

Sepatu Kulit Menggunakan Bahan Sintetis

sepatu-kulit-sintetis
mallonlineindonesia.com

Sepatu ini menggunakan bahan sintetis yang artinya tidak menggunakan bahan kulit asli seluruhnya. Harganya pun lebih terjangkau dari pada harga sepatu kulit yang asli. Cara perawatanya juga hamper mirip dengan sepatu kulit yang asli dan membutuhkan cara perawatan yang lebih agar tidak cepat rusak.

Cara Perawatan

  • Bersihkan sepatu dari kotoran dan debu yang menempel pada sepatu tersebut menggunakan sikat. Hindari mencuci menggunakan deterjen dan air saat membersihkanya, karena dapat merusaknya, cukup kamu menggunakan tisu basah atau lap basah saja.
  • Jika sudah selesai dibersihkan, keringkan dengan kipas atau cukup didiamkan beberapa saat hingga kerin. Hhindari menjemur di bawah terik matahari, karena dapat merusaknya.
  • Setelah benar-benar kering, simpanlah ditempat lemari atau di dalam kotak sepatu, jangan lupa untuk memasukan beberapa bungkusan silica gel agar terhindar dari jamur.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: