KINGPRASTYO.COM

Tempat Sharing Informasi Generasi Milenial

img
Home / Artikel / Tips Penting / Penting! 7 Cara Merawat Tas Kulit Kesayangan Agar Awet

Penting! 7 Cara Merawat Tas Kulit Kesayangan Agar Awet

/
/
/
84 Views

Cara Merawat Tas Kulit – Salah satu tas yang sedang popular sekarng ini adalah tas dengan bahan kulit. Tidak bisa dipungkiri bahwa tas ini memang menjadikan anda yang memakainya nampak lebih menawan, modis serta terkesan berkelas baik laki-laki ataupun perempuan.

Namun yang menjadi kendala adalah beberapa orang mengeluhkan bagaimana cara untuk menjaga tas ini agar selalu terlihat keren dan awet tentunya. Biasanya, jika anda salah dalam melakukan perawatan pada tas ini, bisa-bisa tas kulit kesayangan malah jadi rusak atau warnanya luntur.

Tas berbahan kulit memang memiliki ketahanan yang cukup lama, jika cara perawatanya baik dan benar. Jika dirawat dengan cara yang salah, tas yang anda beli dengan harga cukup mahal tersebut justru akan cepat rusak.

Tentunya hal ini tidak mau terjadi pada anda. Nah, untuk membuat tas kulit kesayangan tahan lama, berikut tips cara merawat tas kulit.

1. Hindari Sinar Matahari Secara Langsung

tas kulit
Hindarkan dari Sinar Matahari

Hindari tas kulit dari cahaya matahari secara langsung. Tas kulit sangat rentan retak pada bagian luarnya beda dengan bahan-bahan tas lainya semisal tas rajut, tas kanvas dll. Oleh karena itu hindarkan dari sinar matahari secara langsung terutama pada waktu siang hari dalam waktu yang lama.

Jika memang harus beraktifitas di bawah sinar matahari, sebaiknya tidak menggunakan tas kulit tersebut, gunakanlah tas dengan bahan kulit yang lain, semisal tas bahan kanvas, tas bahan denim dan bahan lain sebagainya.

Selain bisa merusak tekstur kulit, sinar matahari juga bisa membuat warna tas lebih cepat kusam dan pudar.

Baca: Cara Merawat Sepatu Kulit, Kets dan Sintetis Agar Awet

2. Jauhkan Tas Kulit dari Plastik

Tips berikutnya adalah jauhkanlah tas kulit anda dari plastic. Plastic merupakan salah satu benda yang harus dijauhkan dari tas kulit anda.

Alasanya, jika tas kulit disimpan menggunakan plastic, dan bersentuhan dengannya, maka bahan plastic tersebut perlahan-lahan akan menyerap warna pada tas kulit bagian luar, bahkan kulit tas akan mengelupas jika menempel dengan plastic dalam jangka waktu yang lama.

Oleh sebab itu, hindarilah menyimpan tas menggunakan plastic. Mungkin akan lebih baik jika anda menyimpanya menggunakan penyimpan berbahan kain, yang pastinya juga akan memperlancar sirkulasi udara yang masuk dan keluar.

3. Hindari Penggunaan Air

cara merawat tas kulit
help-me.pp.ua

Jika anda ingin tas kulit kesayangan lebih awet, sebaiknya hindarkan ia dari menaruh di tempat-tempat yang lembab, bahkan terkena air. Air ataupun tempat yang basah merupakan tempat favorit bagi jamur untuk bisa berkembang.

Selain itu meletakannya di tempat yang lembab juga akan menimbulkan bau tidak sedap pada tas kulit. Namun, jika tas kulit anda tidak sengaja terkena air atau terlanjur terkena air, maka sebaiknya segera keringkan menggunakan tissue atau menggunakan lap lembut yang bisa menyerap air.

Menggunakan kain yang lembut untuk mengelap akan mengurangi intensitas gesekan yang terjadi pada tas kulit tersebut sehingga akan terhindar dari munculnya goresan pada tas kulit kesayangan anda.

4. Gunakan Silica Gel Agar Tidak Lembab & Terhindar dari Jamur

Silica-Gel-Putih-Lebih-Aman-Untuk-Digunakan
Silica Gel Putih

Tas menggunakan bahan kulit cenderung akan lebih mudah terkena jamur dari pada jenis tas lain yang berbahan kain, kanvas atau denim. Oleh sebab itu, dibutuhkan perawatan khusus untuk menghindari tas kulit dari tumbuhnya jamur.

Ketika tas kulit sedang tidak digunakan atau sedang disimpan, taruhlah di dalam lemari yang sebelumnya telah anda taruh silica gel untuk bisa menyerap kelembapan.

Selain bisa menghindarkan dari kelembapan, fungsi silica gel juga bisa menghindarkan dari serangga-serangga kecil seperti ngengat yang bisa memakan bagian luar tas.

Sesekali bukalah lemari tersebut agar sirkulasi udara menjadi lancar dan udara di dalam lemari bisa keluar dan diganti dengan udara baru, sehingga tidak akan mengakibatkan munculnya jamur. Jangan lupa juga untuk menyimpan tas tersebut menggunakan pembungkus bahan kain agar terhindar dari debu.

Silica gel yang biasa untuk digunakan untuk perawatan tas kulit ialah silica gel biru dan putih saja. Adapun silica gel alami jarang sekali digunakan untuk keperluan ini, karena biasanya silica gel alami hanya digunakan untuk makanan atau obat-obatan. Selain itu, daya serap silica gel natural juga termasuk rendah (Baca: Perbedaan Jenis-jenis Silica Gel).

5. Jauhkan Tas Kulit dari Lipatan dan Tumpukan

Untuk merawat tas bahan kulit, sebaiknya hindari lipatan atau tumpukan pada tas kulit. Karena hal tersebut dapat merusak bentuk dari tas tersebut. Cara yang paling aman untuk menyimpanya yaitu dengan memasukan ke dalam lemari seperti yang diterangkan di atas atau anda bisa juga menggantungkanya di dalam wadah berbahan kain.

Bungkus tas kulit anda menggunakan kain dan jangan lupa untuk memasukan beberapa bungkus silica gel. Penggunaan kain tersebut agar terhindar dari debu, sedangkan silica gel untuk menghindari kelembapan yang mengakibatkan tumbuh jamur.

6. Cara Membersihkan Tas Kulit

membersihkan tas kulit

Jika tas kulit kesayangan anda terkena kotoran atau noda. Anda bisa membersihkanya menggunakan baking soda atau menggunakan alcohol. Cara menggunakanya cukup mudah, anda hanya perlu mengoleskanya pada bagian yang kotor kemudian bersihkan.

Jika membersihkan menggunakan bakin soda encerkan terlebih dahulu menggunakan air yang cukup. Setelah selesai dibersihkan, pastikan bahwa permukaan benar-benar telah kering supaya tidak tumbuh jamur.

Cara lain untuk membersihkanya, anda bisa menggunakan lotion, sabun khusus untuk membersihkan kulit atau bisa menggunakan bahan alami seperti minyak zaitun dan jeruk lemon. Caranya, oleskan lotion, minyak zaitun, sabun khusus atau perasan jeruk lemon pada kain yang bertekstur lembut.

Kemudian gunakan untuk membersihkan bagian tas kulit yang terkena noda. Selain itu, untuk membersihkanya gosok tas dengan gerakan satu arah agar tidak merusak teksturnya. Missal dari atas ke bawah atau dari kanan ke kiri.

7. Hindarkan dari Bahan-bahan ini

Ketika sedang membersihkan tas menggunakan produk pembersih tertentu, sebaiknya anda memperthatikan bahan apa yang terkandung di dalam produk tersebut. Jika setelah diteliti ternyata produk tersebut mengandung pelarut petroleum, sebaiknya hindari menggunakanya.

Minyak petroleum dan silicon adalah zat yang perlu dihindari untuk membersihkan tas kulit. Hindari juga menggunakan bahan pembersih yang berasal dari minyak bumi, silicon atau jenis minyak bahaya lainya. Karena minya dapat meninggalkan noda dan mengurangi kualitas dari kulit tersebut.

Selain itu hindari juga menggunakan pakaian berbahan jeans pada saat anda menggunakan tas kulit. Saat anda membawa tas kulit, pastinya akan bersentuhan dengan baju atau celana jeans. Gesekan yang terjadi dapat berpotensi menimbulkan goresan sehingga akan merusak penampilan tas kulit anda. Semisal pakailah konveksi kaos, pakaian berbahan katun, rajut dan lainya agar aman tidak merusak barang berbahan kulit anda.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: