KINGPRASTYO.COM

Tempat Sharing Informasi Generasi Milenial

Home / Artikel / Tips Penting / 5 Tips Menulis Surat Pengunduran Diri Beserta Contohnya

5 Tips Menulis Surat Pengunduran Diri Beserta Contohnya

/
/
/
14 Views
img

Berhenti dari pekerjaan merupakan sebuah keputusan yang besar, untuk mengakhirinya agar tidak menimbulkan masalah perlu dipirkan secara matang. Banyak yang harus anda pertimbangkan jika anda mengundurkan diri dari suatu perusahaan.

Adakalanya seseorang harus mengundurkan diri dari pekerjaan yang digelutinya, banyak faktor yang menyebabkan orang mengundurkan diri dari pekerjaannya, faktor tersebut bisa berasal dari hal-hal internal maupun eksternal.

Apapun alasan seseorang mengundurkan diri, anda harus mengikuti dan melaksanakan prosedur yang dimiliki perusahaan dengan cara terhormat, agar meninggalkan kesan yang baik. Jika anda ingin resign dari pekerjaan, maka surat pengunduran diri menjadi salah satu yang harus anda perhatikan.

Surat pengunduran diri adalah surat singkat yang formal menginformasikan bahwa anda akan meninggalkan pekerjaan saat ini yang tertuju kepada atasan. Surat ini nantinya bisa membantu untuk menjaga hubungan dan kesan yang baik kepada atasan.

Tujuan surat pengunduran ini sebagai pemberitahuan resmi dan karyawan lainnya, bahwa anda berhenti pada jabatan tersebut. Biasanya sebelum anda pergi mengundurkan diri, perusahaan membutuhkan waktu untuk mencari pengganti atau bahkan anda diminta untuk melatih karyawan pengganti anda.

Tips untuk anda yang ingin mengundurkan diri dari pekerjaan

karyawan kantor
smartprogress.do

1. Berbicara Jujur kepada Atasan

Pastikan atasan tahu mengenai pengunduran diri langsung dari kamu bukan dari orang lain. Lakukan secara pribadi bisa bicara secara langsung atau pesan formal. Utarakan alasan anda mengundurkan diri secara jujur kepada atasan.

2. Waktu yang Tepat

Pilih waktu yang tepat saat memberitahu niatan anda untuk mengundurkan diri, sebagai kesempatan untuk mencari pengganti anda.

3. Jangan Mengumbar

Memiliki banyak teman di kantor memang seru, tapi usahakan niat untuk mengundurkan diri dari kantor jangan di umbar sebelum itu resmi. Ini untuk menghindari adanya berita yang tidak baik mengenai anda dan sampai ke atasan.

4. Reward / Penghargaan

Ungkapkan rasa terimakasih atas kesempatan dan pengalaman yang diberikan kepada anda sehingga dapat berkarya.

Dalam membuat surat pengunduran diri, terdapat format yang cukup sederhana. Walaupun terlihat sederhana, namun dalam pembuatannya harus memperhatikan etika yang ada. Perhatikan ulasan dalam membuat surat pengunduran diri ini :

  1. Cantumkan tempat dan tanggal surat tersebut dibuat. Letakkan di bagian kanan atas surat.
  2. Setelahnya, cantumkan nama dan alamat perusahaan yang mana surat tersebut ditujukan. Letaknya berada di sebelah kiri atas berjarak satu baris dengan tempat dan tanggal surat tersebut dibuat.
  3. Pada bagian isi, beritahukan maksud anda membuat surat tersebut bisa juga sertakan alasan mengapa anda mengundurkan diri dari perusahaan tersebut. Sampaikan juga rasa terima kasih atas apa yang telah perusahaan berikan. Anda juga dapat menambahkan permohonan maaf atas hal-hal yang dirasa kurang berkenan bagi perusahaan tersebut. Jika anda merasa perlu, berikan harapan anda bagi perusahaan.
  4. Berikan penutup surat.
  5. Sertakan tanda tangan serta nama terang anda di bagian kanan bawah, sertakan juga meterai.

Berikut ini adalah contoh-contoh surat pengunduran diri :

Contoh Surat Pengunduran Diri Karyawan

menulis surat pengunduran diri
generalleads.com

                                                                                                                                                  Malang, 12 Oktober 2017

Perihal: Permohonan Pengunduran Diri

Kepada :

Yth.      Ibu Natasha Panggabean

Direktur Utama PT MAJU MAPAN

Jalan Belimbing Wuluh III Nomor 117, Malang 65136

Dengan hormat,

Bersamaan dengan surat ini saya sampaikan. Saya Kiki Rizkia Amalia yang sekarang ini bekerja di PT MAJU MAPAN. Dengan ini saya sampaikan pengunduran diri saya sebagai karyawan di perusahaan yang Ibu pimpin efektif tertanggal 12 November 2017.

Saya mengucapkan banyak terima kasih atas pengalaman dan kesempatan yang diperoleh selama bekerja di perusahaan yang Ibu pimpin. Semoga Ibu dapat memahami keputusan yang telah saya buat dan Semoga juga PT MAJU MAPAN selalu maju, berkembang dan sukses selalu kedepannya.

Hormat saya,

Kiki Rizkia Amalia

 

Surat Pengunduran Diri dengan Jabatan

Tangerang Selatan, 12 Juli 2017

Kepada :

Yth. Manager HRD CV Anugerah Sosial

Jalan Pajajaran Nomor 52, Pamulang

Tangerang Selatan, Banten 15417

Dengan hormat,

Melalui surat ini, saya Amelia Tjandra Dewi Dinata, hendak menyampaikan maksud saya untuk mengundurkan diri dari jabatan sebagai Market Analyst di CV Anugerah Sosial terhitung tanggal 15 Agustus 2017.

Saya ucapkan terima kasih atas kesempatan serta dukungan yang telah diberikan kepada saya selama bekerja di CV Anugerah Sosial. Juga saya sampaikan permohonan maaf jika selama saya bekerja terdapat hal-hal yang tidak berkenan.

Demikian surat pengunduran diri ini saya buat dengan sebenarnya untuk dapat dipergunakan sebagaimana mestinya.

Hormat saya,

Amelia Tjandra Dewi Dinata

Contoh Surat Pengunduran Diri Manager

surat pengunduran diri
detiklife.com

Bogor, 7 September 2017

Kepada:

Yth.      Pimpinan PT Indojaya Cream

Menara Lunar Lantai 7, Cilendek Barat

Bogor, Jawa Barat 16112

 

Yang bertanda tangan di bawah ini :

Nama              : Angela Chintya Ramadhanti Darmawan

Alamat            : Kluster Nusa Indah Nomor 15, Tegallega, Bogor, Jawa Barat

Jabatan            : Manajer Pembukuan

Dengan surat ini, saya bermaksud untuk mengajukan surat pengunduran diri dari perusahaan serta jabatan saya saat ini, terhitung sejak 10 Oktober 2017. Dikarenakan saya akan pindah ke luar kota, sehingga tidak dapat melanjutkan pekerjaan saya di PT Indojaya Cream.

Saya mengucapkan terima kasih atas kesempatan bekerja yang telah diberikan perusahaan. Saya mendapatkan banyak pengalaman selama saya bekerja di PT Indojaya Cream. Terima kasih juga kepada seluruh jajaran dan karyawan PT Indojaya Cream yang telah banyak membantu dan bersedia membagi pengetahuannya kepada saya.

Saya memohon maaf jika selama saya bekerja banyak kesalahan dan hal-hal yang tidak berkenan di hati.

Semoga PT Indojaya Cream semakin maju dan sukses. Atas perhatiannya, saya ucapkan terima kasih.

Hormat saya,

Angela Chintya Ramadhanti Darmawan

 

Dalam menuliskan surat pengunduran diri sebaiknya ditulis dengan bahasa yang tidak terbelit-belit atau lebih baik to the point menjelaskan maksud surat tersebut diajukan agar pihak perusahaan dapat memahami maksud anda secara jelas.

Berikan juga alasan logis mengapa anda mengundurkan diri dari perusahaan dengan sopan tanpa unsur memberikan kesan buruk bagi perusahaan maupun orang tertentu. Berikan ucapan terima kasih agar meninggalkan kesan baik.

Sampaikan juga ucapan maaf mungkin saja selama anda bekerja di sana terdapat hal-hal yang tidak anda sadari kurang baik di perusahaan tersebut.

Mengundurkan diri dari pekerjaan anda selama ini merupakan keputusan yang harus anda pikirkan dengan baik dan matang. Persiapkan diri anda untuk menjalani kehidupan setelah anda keluar dari pekerjaan tersebut.

Selalu percaya dengan keputusan yang anda buat. Dunia ini tidak melulu tentang materi saja, kebahagiaan anda juga perlu. Apapun keputusannya setelah ini, tetap semangat. Juga tetap jalin relasi dengan siapa saja. Trust Yourself, You Know The Best For Your Life. Live With It, Then.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This div height required for enabling the sticky sidebar
%d bloggers like this: