img
Home / Artikel / Tips Penting / 11 Fungsi Silica Gel Menakjubkan yang Belum Banyak Orang Tahu

11 Fungsi Silica Gel Menakjubkan yang Belum Banyak Orang Tahu

/
/
/
90 Views

Tahu kah kamu ternyata silica gel sangat membantu dalam menjaga barang-barang yang biasa kita simpan, agar tetap terjaga kualitasnya dan menjadikan anti jamur.

Silica gel atau Gel silika adalah butiran seperti kaca yang berbentuk butiran seperti kristal dan sangat berpori, silika dibuat secara sintetis dari natrium silikat. Walaupun namanya, gel tapi benda ini berbentuk padat.

Gel silika adalah mineral alami yang dimurnikan dan diolah menjadi salah satu bentuk butiran atau manik-manik. Ia memiliki ukuran pori rata-rata 2,4 nanometer dan memiliki afinitas yang kuat untuk molekul air.

Beberapa masyarakat meyakini bahwa silica gel beracun, padahal sebenarnya tidak beracun kecuali jenis silica gel biru yang mengandung cobalt chloride (Baca: Perbedaan Silica Gel Putih, Biru & Alami). Banyak orang menganggapnya semua jenis silica beracun karena membaca labelnya yang biasanya bertuliskan “Jangan dimakan” atau “Do not eat.”

Meskipun beberapa jenis tidak beracun, memakannya tetap tidak dianjurkan karena bisa menyebabkan gangguan pencernaan dan pernapasan. Silica gel juga bisa saja beracun, tergantung dari zat apa yang sudah diserapnya.

Sebagai contoh, jika silica gel ditempatkan dalam sebuah wadah yang mengandung racun, racun bisa saja terserap dan menimbulkan bahaya saat dimakan.

1. Menghindari lensa kamera dari kondensasi (pengembunan).

gambar tas kamera kulit
HighOnLeather.com

Dari gambar tersebut terlihat lensa kamera mengalami kelembapan dikarenakan suhu yang dingin. Hal ini dinamakan pengembunan atau kondensasi yang disebabkan udara disekitar tempat penyimpanan kamera tersebut.

Hal ini tentu sangat merugikan, hanya karena salah dalam cara penyimpanan membuat kamera kita tidak bisa digunakan maksimal atau lebih parahnya bisa menjadikan kamera rusak.  Sehingga tidak bisa dipakai lagi.

Untuk menghindari hal tersebut kamu bisa meletakan beberapa bungkus silica gel kedalam tas penyimpanan kamera, sehingga akan terhindar dari kelembapan yang akan mengakibatkan lensa berair/berembun.

2. Jika handphone basah, kamu bisa mengeringkanya menggunakan silica gel

handphone yang kena air
skillprogramming.com

Caranya, pertama lepaskan baterai dan memori card. Kemudian bersihkan air yang menempel pada handphone sehingga bagian luarnya tidak terlalu basah dan tetap kering. Atau kamu juga bisa mengibas-ngibaskan handphone tersebut untuk menghilangkan air yang masih tersisa.

Setelah bagian luar handphone terlihat kering. Letakan handphone kedalam wadah seperti mangkuk atau lainya, kemudian taruh beberapa bungkus silica gel disekitar handphone atau kalau ada silica gel curah (yang belum terbungkus) kamu bisa menaburkanya ke wadah yang berisi handphone basah tersebut.

Setelah itu tunggu beberapa jam atau lebih baik satu hari satu malam, lalu hidupkan lagi handphone tersebut. Biasanya akan berfungsi normal lagi. Demikian manfaat silica gel untuk hp yang belum banyak orang ketahui, selamat mencoba.

3. Foto-foto kenangan tetap awet tanpa jamur

poto album jadul
pixabay.com

Pada zaman digital seperti sekarang ini kebanyakan orang menyimpan foto dalam bentuk file di dalam PC atau leptop. Karena hal ini sangat aman dan praktis. Namun, bagaimana kalau PC kamu terkena virus? Bisa-bisa semua file foto kenangan kamu hilang.

Oleh karena itu, sebaiknya kamu menyimpanya juga dalam bentuk foto cetak yang tersimpan dalam satu album. Namun, ternyata banyak orang juga mengalami masalah karena foto cetak yang disimpan mudah rusak dan terserang jamur. Untuk mengatasinya kamu bisa menggunakan silica gel.

Kamu bisa selipkan bungkusan silica gel pada setiap halaman foto album. Silica gel ini sangat ampuh mengusir jamur akibat kelembapan suhu. Jadi foto album tetap selalu kering dan bikin awet tanpa jamur.

4. Menjadikan kaca mobil tidak berembun

gambar kaca mobil
thepinsta.com

Tidak perlu lagi mengelap atau menunggu kaca mobilmu jernih dari embun akibat cuaca dingin semalam atau hujan deras. Kamu bisa meletakan beberapa sachet silica gel di dalam mobil tersebut. Taruhlah tepat dibawah kacanya agar bisa menyerap kelembapan yang biasa mengakibatkan berembun. Hasilnya mobil akan tetap kering dan bening bagaimanapun cuacanya.

5. Menjadikan alat pencukur lebih tahan lama

alat cukur kumis
thewirecutter.com

Bagi seorang pria aktivitas mencukur adalah hal yang sering dilakukan, terutama bagi pria yang mempunyai kumis dan brewok. Namun apa jadinya alat cukur yang digunakan tidak lagi tajam atau tumpul, pasti akan sangat mengganggu sekali. Salah satu penyebab cepatnya tumpul peralatan cukur adalah karena penyimpanan kurang tepat yang biasanya mengakibatkan kelembapan.

Dalam keadaan tersebut alat cukur akan mudah tumpul dan tidak bekerja maksimal. Maka dari itu sebaiknya kamu menyimpanya di dalam wadah kedap udara dan juga jangan lupa untuk memasukan beberapa bungkus silica gel di dalamnya. Alhasil, peralatan cukurmu akan tetap tajam, tahan lama dan awet.

Baca: Cara Merawat Sepatu Kulit, Kets dan Sintetis Agar Tetap Awet

6. Solusi tas olahraga anti bau dan tetap segar

tas olahraga
HiConsumption.com

Tas olahraga memang biasanya kita gunakan untuk membawa peralatan olahraga, jadi wajar jika didalamnya akan lembab dan dipenuhi bau keringat. Nah, dari sinilah lama-kelamaan jamur akan mulai tumbuh dan penuh bakteri.

Dengan silica gel hal tersebut bisa dihindari, cukup dengan menaruh beberapa sachet di dalamnya. Tidak hanya berfungsi sebagai anti jamur dan bakteri namun juga menghindarkan dari bau apek.

7. Melindungi peralatan kosmetik

peralatan kosmetik
thekrazycouponlady.com

Tentu akan sangat mengganggu jika peralatan kosmetik atau kosmetik yang biasa kita gunakan menjadi berjamur atau sulit digunakan akibat menggumpal. Dengan menggunakan silica gel di dalam tas make up akan melindungi peralatan dari jamur dan kosmetik yang berbahan dasar bubuk menjadi menggumpal sehingga akan sulit untuk digunakan.

8. Bisa mengawetkan bunga agar tidak cepat pudar dan layu

cara mengawetkan bunga
Pinterest.com

Jika kamu membeli bunga yang akan dijadikan hiasan di dalam rumah, tentunya anda tidak ingin menginginkan bunga tersebut cepat layu. Gunakanlah silica gel untuk menjadikanya lebih awet. Caranya cukup mudah, kamu hanya perlu menyiapkan wadah cukup besar kemudian masukan bunga dan timbunlah hingga merata.

Tutup dengan rapat dan simpan sekitar 3-5 hari. Setelah itu kamu bisa menata bunga kering tersebut dan menaruhnya di vas yang indah. Selamat mencoba.

9. Handuk terhindar dari jamur

handuk di dalam lemari
Pinterest.com

Semua orang pasti merasa kesal ketika menyimpan handuk di dalam lemari namun tiba-tiba timbul jamur dan bau apek. Namun kamu bisa menghindarinya hanya cukup dengan menaruh beberapa bungkus silica gel atau sicca dry di dalam lemari penyimpananmu. Jangan lupa juga untuk mengganti yang baru jika silica gel telah mengalami titik jenuh.

Baca: Penting! 7 Cara Merawat Tas Kulit Kesayangan Agar Awet

10. Makanan kucing atau hewan peliharaan tetap kering dan renyah

gamabar makanan kucing
PurrfectLove.net

Rasa sayang terhadap hewan peliharaan bisa kita lakukan dengan berbagai cara salah satu nya dengan memberikan makanan terbaik. Makanan hewan peliharaan kamu bisa tetap nikmat dan lezat jika benar penyimpananya. Cukup masukan beberapa sachet silica gel di dalam wadah makanan hewanmu.

Pilih kemasan yang cukup besar agar mudah dipisahkan saat dituangkan. Dengan tersebut makanan hewan peliharaan tetap renyah dan lezat. Tenang silica gel aman untuk makanan, asal gunakan silica gel putih atau silica gel natural yang memang khusus untuk makanan atau biasa dikenal dengan istilah silica gel food grade.

Untuk mendapatkan silica dengan kualitas terbaik anda bisa membelinya di link berikut ini jual silica gel termurah dengan harga grosir.

Demikian fungsi silica gel untuk menjaga barang-barang penting yang kita simpan agar tidak cepat rusak atau berjamur. Selamat mencoba, semoga bermanfaat.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: