img
Home / Artikel / Tips Penting / Perbedaan Antara Silica Gel Putih, Biru dan Natural / Alami

Perbedaan Antara Silica Gel Putih, Biru dan Natural / Alami

/
/
/
45 Views

Silica gel merupakan produk yang mampu menyerap kelembapan udara dengan system absorbs (air masuk ke dalam pori-pori yanga da pada silica). Silica gel masih menjadi pilihan utama bagi beberapa perusahaan industri untuk mengatasi kelembapan.

Sebagian industry masih banyak memilih silica gel sebagai penyerap kelembapan karena silica gel mampu bertahan cukup lama yaitu sekitar 6 bulan dengan suhu sedang.

Sedangkan produk lain seperti quicklime, desiccant meskipun keduanya memiliki daya serap lebih tinggi namun kedua produk tersebut memiliki jangka waktu lebih rendah dari pada silica gel, yaitu hanya mampu bertahan selama 3 bulan saja.

Bahan yang Digunakan untuk Membuat Silica Gel Putih

Silica gel putih sangat efektif jika digunakan pada keadaan humidity yang rendah dengan daya penyerapan 30-40%. Kandungan SiO2 mencapai 98%. Selain itu silica gel juga aman untuk digunakan, karena tidak mengandung bahan kimia yang berbahaya. Tidak bersifat korosif dan tidak berbahaya .

Bahan yang digunakan dalam pembuatan silica gel adalah sodium silicate solution, ada pun properties dari silica itu sendiri memiliki:

  • Surface area : 600 – 800 m2/gr
  • Avarege Pore diameter : 5 – 3000A
  • Stabil terhadap suhu panas ( T<700oC)
  • Stabil tidak mudah untuk bereaksi dengan senyawa kimia lainnya.
  • Tidak korosif
  • Tidak mengandung racun
  • Dapat didaur ulang dengan cara dijemur
  • Ketika  diaktivasi silica gel tidak mengalami perubahan bentuk.
  • Jika ikatan Si semakin banyak, maka pori-pori dari silica gel akan semakin banyak pula.

Secara umum silica gel yang beredar di masyarakat pada saat ini ialah

Silica Aktivasi (Quicklime)
zat active bahan dasar dari silica ini ialah:

Kalsium oksida adalah biji kalsium karbonat alam yang memiliki warna putih dan diproses menggunakan pemanas dengan suhu tinggi (calcinasi) yaitu lebih dari 700 derajad celcius.

Hasil akhir dari pembakaran ini akan menyisakan kadar Ca yang cukup tinggi sehingga memiliki unsure kimia Cao. Bentuk fisik dari calcium oksida adalah padat, warnanya putih agak kekuning-kuningan dan padat pada suhu ruangan.

Untuk mempertahankan struktur kimia yang terkandung di dalamnya maka kalsium oksida sebaiknya disimpan pada udara kering dan dikemas dalam wadah kedap udara.

Karakter:

Sebagaimana yang telah kita ketahui bahwa kalsium oksida atau kapur terdiri dari Cao, yang memiliki daya serap cukup tinggi sekitar 35-45% dari berat awal pada suhu tinggi maupun rendah, menyerap kelembapan dengan reaksi kimia.

Karakteristik Silica Gel Warna Biru

Apa yang menjadi perbedaan antara silica gel putih dan silica gel biru adalah:

Self indicating silica gel atau indicator dari masing-masing silica gel. Silica gel warna biru merupakan silica gel dengan cobalt chloride sebagai indicator.

Secara khusus silica gel biru akan memberikan indikasi khusus yang tampak. Yaitu ia akan berubah warna dari biru menjadi warna merah muda (pink).

Penggunaan silica gel warna biru lebih dibatasi dari pada silica gel berwarna putih. Dikarenakan keberadaan cobalt chloride sebagai zat aditifnya, oleh karena itu silica gel warna biru tidak diperbolehkan untuk digunakan pada makanan, obat-obatan atau semua produk yang dikonsumsi manusia.

Silica gel warna biru banyak digunakan pada industry mesin dan elektrik terutama sering digunakan pada kompresor, blower, panel listrik untuk menghindari kelembapan.

Cobalt chloride memiliki sifat carsinogenik sehingga dalam jangka waktu tertentu dapat mengakibatkan kanker jika terkena dampaknya.

Baca: Penting! 7 Cara Merawat Tas Kulit Agar Awet

Silica Gel Natural / Alami

Silica gel natural adalah salah satu jenis silica gel yang dibuat dari bahan mineral alami. Selain bahan dasarnya alami, kertas yang dibuat untuk membungkus menggunakan semi permeable dalam unit-unit tertentu semisal 5 gr, 2 gr, 1 gr dan lainnya.

Silica gel natural memiliki sifat hydrophilic aktif, food grade, tidak memiliki bau dan juga tidak memiliki rasa. Produk ini memiliki fungsi yang sama seperti jenis silica gel lainya yaitu berfungsi untuk menjaga produk tetap kering terhindar dari kelembapan udara.

Karena silica gel natural berbahan dasar alami maka banyak industry-industri yang menggunakanya sebagai pengering. Perusahaan yang biasa menggunakan silica gel natural adalah industry makanan, industry farmasi, industry elektronik, tas kulit, sepatu dan lain sebagainya.

Kelebihan Silica Gel Natural

  1. Memiliki sifat hydrophilic aktif
  2. Tidak mudah terbakar
  3. Food grade, aman digunakan untuk makanan dan tidak beracun
  4. Tidak memiliki bau
  5. Tidak memiliki rasa
  • Indikator Titik Jenuh Silica Gel Natural

    Ketika silica gel natural terlalu banyak menyerap air maka ia tidak lagi bisa untuk digunakan. Hal ini dinamakan titik jenuh atau silica gel sudah tidak aktif. Karena daya serap silica gel tersebut sudah mencapai titik maksimal.

    Bagaimana caranya kita mengetahui bahwa silica gel natural sudah tidak aktif? adapun cara untuk mengetahui apakah silica gel natural masih bisa digunakan atau telah non aktif.

    Langkah pertama buka kemasan silica gel natural kemudian masukan beberapa butiran silica gel ke dalam air. Setalah itu perhatikanlah reaksi yang akan terjadi. Pada fase ini aka nada dua reaksi yang terjadi.

    Yang pertama silica gel natural akan bereaksi terhadap air dan kemudian akan mengeluarkan gelembung-gelembung udara hingga kemudian pecah menjadi serbuk lalu akan mengendap dalam air. Jika hal ini terjadi maka silica gel natural masih aktif dan masih bisa digunakan.

    Reaksi yang kedua silica gel natural tidak akan menimbulkan reaksi apapun terhadap air tersebut. Maka bisa dibilang bahwa silica gel natural telah mengalami titik jenuh dan sudah tidak aktif lagi.

Cara Penggunaan Silica Gel

Benda kecil satu ini sangat berfungsi banyak sekali di dunia industri, berikut beberapa cotoh kegunaan silica gel:

1. Obat-obatan

Silica yang banyak digunakan industry farmasi ialah silica gel kemasan kecil satu dan dua gram yaitu untuk melindungi kaplet dan kapsul yang dikemas dalam wadah botol plastic. Jenis yang digunakan adalah silica gel warna putih dan silica natural.

Baca: Fungsi Silica Gel yang Belum Banyak Orang Tahu

2. Digunakan untuk Makanan

Pada industry makanan banyak yang menggunakan silica gel kemasan satu sampai lima gram. Biasanya untuk kue kering, snack yang pemasaranya menggunakan wadah plastic atau kemasan toples plastic. Jenis silica gel yang digunakan adalah silica gel putih dan quicklime.

3. Silica Gel untuk Garmen, Sepatu dan lainya

Yang biasa digunakan adalah ukuran silica natural, silica gel biru dan putih. Dengan ukuran antara 1,2,3,4,5 gram. ukuran Kemasan silica gel bisa disesuaikan sesuai dengan kebutuhan. Biasanya jenis yang digunakan untuk kebutuhan satu ini ialah silica gel biru namun silica gel putih juga bisa digunakan untuk perawatan sepatu kulit ataupun jenis sepatu lain, karena daya serap silica gel putih masih tinggi sekitar 40%.

  • Facebook
  • Pinterest

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *