KINGPRASTYO.COM

Tempat Sharing Informasi Generasi Milenial

Home / Artikel / Tips Penting / 7 Tips Kunci Sukses Dalam Melakukan Wawancara Kerja

7 Tips Kunci Sukses Dalam Melakukan Wawancara Kerja

/
/
/
8 Views
img

Kamu pasti sering mendengar istilah wawancara atau interview, begitu pula saat mendaftarkan pekerjaan di suatu perusahaan atau institusi pastilah wawancara menjadi salah satu bagian dari tahap seleksi.

Sebelum mengetahui lebih jauh hal-hal apa saja yang harus dipersiapkan sebelum wawancara. Ketahui dulu apa yang dimaksud dengan wawancara atau interview. Wawancara adalah percakapan yang dilakukan antara dua orang atau lebih untuk mencapai tujuan agar bisa mendapatkan informasi dari percakapan tersebut.

Wawancara bisa dilakukan dalam berbagai kegiatan, misalnya wartawan dengan narasumber untuk penulisan sebuah berita atau peneliti dengan responden untuk menggali data penelitian. Namun yang akan kita bahas adalah wawancara untuk mendaftar pekerjaan.

Wawancara kerja biasanya menjadi tahap akhir dalam proses mendaftar kerja. Saat wawancara, pewawancara akan mengutarakan pertanyaan berdasarkan data yang tertera dalam surat lamaran kerja si pelamar.

Bisa dikatakan wawancara merupakan cara pewawancara untuk membuktikan kebenaran yang tertulis dalam surat lamaran. Jadi pastikan bahwa kamu jujur dalam membuat surat lamaran kerja, agar tidak terjebak dalam pertanyaan pewawancara.

Tujuan wawancara meliputi banyak hal, mulai dari mengenal kepribadian dan attitude pelamar, menggali keterampilan, dan juga mengetahui motivasi kerja pelamar. Dari sinilah pihak perusahaan akan mengetahui potensi, keahlian, dan posisi yang diinginkan pelamar tersebut.

Oleh karena itu persiapkan diri sebaik mungkin sebelum mulai wawancara, karena hasil wawancara akan sangat menentukan bagaimana nasib mu sebagai pelamar, apakah bisa diterima atau tidak di perusahaan yang dilamar.

Untuk menghindari kesalahan dan hal buruk lain terjadi saat wawancara berlangsung. Maka perhatikan hal-hal berikut sebelum memulai wawancara, tips ini bisa dilakukan sebelum dan saat hari H interview tiba ya.

1. Latihan Memperkenalkan Diri

Seseorang yang akan wawancara kerja wajib memperhatikan perkenalan diri, karena hal ini menjadi point utama dalam wawancara kerja. Kesiapan pelamar akan dilihat dari cara memperkenalkan diri.

tips sukses wawancara kerja
aimsvisa.com

Pastikan bahwa kamu terlihat percaya diri dan tidak ragu dalam memperkenalkan diri, maka pewawancara akan tertarik untuk terus menggali potensi mu. Jangan sampai pewawancara dibuat bosan karena kamu tidak percaya diri dan cara perkenalan mu tidak menarik.

Agar persiapannya lebih matang, kamu bisa berlatih memperkenalkan diri dirumah. Jangan lupa siapkan cermin besar sebagai media bantu untuk menilai keluwesan, gerak-gerik, maupun tatapan mata saat wawancara nanti.

Meminta tolong anggota keluarga mu untuk bisa menjadi talent pewawancara atau memberikan penilain terhadap penampilan kamu sangat boleh dilakukan. Tanyakan hal apa yang masih kurang dalam memperkenalkan diri, dan jangan bosan untuk berlatih.

2. Latihan Menjawab Pertanyaan

Ingatlah bahwa poin utama dalam wawancara adalah pertanyaan. Jadi tidak mungkin saat wawancara nanti kamu tidak menjawab pertanyaan. Persiapkan diri sebaik mungkin dalam sesi tanya jawab ini ya, pastikan semua pertanyaan yang diajukan pewawancara terjawab dengan lugas.

foto sedang melakukan wawancara kerja
haknem.com

Tanyakan pada teman atau kerabat yang pernah diwawancara, atau membaca buku-buku tips sukses wawancara, bisa juga internet untuk mendapatkan gambaran bagaimana saat wawancara nanti.

Persiapkan juga Bahasa Inggris yang baik dan benar apabila perusahaan yang didaftar adalah perusahaan asing. Pastikan bahwa kamu terlihat mahir dan cakap dalam berbahasa asing, agar pewawancara tertarik untuk merekrut.

Kematangan dan kesiapan menghadapi pertanyaan tentu saja akan berpengaruh pada aspek-aspek yang lain, seperti percaya diri, keluwesan dalam menjawab pertanyaan, sampai dengan penampilan.

Berbagai macam pertanyaan pasti dilontarkan oleh pewawancara, oleh karena itu berlatih terus menerus sedini mungkin agar terbiasa, akan menjadi kunci sukses saat wawancara nanti.

3. Penting Memahami Posisi yang Hendak Dilamar

Daftar apa saja yang penting ada lowongan dan segera mendapat pekerjaan. Itu adalah persepsi yang salah ya. Jangan sampai kamu asal-asalan dalam mendaftar, karena hal ini berpengaruh pada kualifikasi yang dibutuhkan juga potensi yang kamu miliki.

Pelamar yang benar-benar sesuai dengan kualifikasi yang dibutuhkan perusahaan tentu akan diterima. Jadi pahamilah posisi yang hendak kamu ambil di perusahaan tersebut, agar ketika wawancara nanti kamu terlihat memilki kemampuan dalam posisi tersebut.

Jika sudah paham dengan posisi yang dilamar, tentu saja pewawancara akan tertarik untuk menggali lebih dalam tentang diri kamu, bukan tidak mungkin hal ini akan berbuntut pada kesuksesan interview.Memahami posisi pekerjaan yang dilamar tidak hanya akan memudahkan saat interview saja, namun juga akan memudahkan saat bekerja nanti.

4. Berpakaian yang Rapi dan Sopan

Appearance is number one! Ya, karena penampilan adalah cerminan dari kepribadian kita.

Dengan berpenampilan rapi kamu tidak hanya akan terlihat good looking, namun hal ini juga menunjukkan bahwa kamu memiliki attitude yang baik. Ketika pelamar memiliki attitude baik, tentu saja pewawancara akan dengan senang hati menyambut kedatangan mu.

Pun sebaliknya jika kamu berpakaian asal-asalan ketika interview kerja, maka pewawancara akan memandang sebelah mata dan dianggap tidak memiliki attitude yang baik. Jangan sampai hal ini terjadi ya, karena poin kamu dalam tahap wawancara pasti akan berkurang.

Jadi perhatikan gaya berpakaian dan penampilan kamu sebelum wawancara. Mintalah saran kepada keluarga atau teman kamu tentang penampilan kamu bila perlu. Karena orang lain biasanya akan lebih jeli dalam meperhatikan penampilan kita.

5. Be On Time Please

foto pria tepat waktu
the-hub.proteusleadership.com

Time is money! Ya Waktu adalah hal paling penting yang harus dipertikan saat akan wawancara kerja. Jangan sekali-kali meremehkan waktu walupun itu hanya 1 detik. 1 detik saja kamu terlambat datang dalam interview, maka hancur sudah impian mu untuk bekerja di perusahaan yang dilamar.

Pasti kamu tidak mau kan? Maka dari itu lebih baik datang paling awal walaupun tiada kawan daripada terlambat akan menggagalkan impian. Begitulah orang bilang dalam dunia interview.

Kedisiplinan sangat dijunjung tinggi dalam interview, terutama di perusahaan-perusahaan besar. Hal ini juga untuk menguji pelamar apakah memiliki kepribadian yang disiplin atau tidak. Jika saat interview saja sudah terlambat, bagaimana nanti saat bekerja?

Jadi perhatikan ketepatan waktu dan estimasi waktu sebaik mungkin, jika perlu sisipkan waktu untuk kemungkinan hal-hal buruk terjadi dijalan, misal macet atau ban bocor, dsb. Lebih baik menunggu lama daripada terlambat berakhirlah semuanya.

6. Siapkan Energi Sebelum Wawancara

Sarapan itu penting! Pasti kamu tidak mau kan malu di depan pewawancara karena perut keroncongan?

Jadi jangan lupa sarapan sebelum interview dimulai, selain untuk memberikan energy dalam tubuh. Sarapan juga bisa memberikan nutrisi dalam otak sehingga membantu kamu dalam berpikir.

7. Jangan Lupa Berdo’a

foto orang berdoa
youth.mcws.org

Ketika semua hal sudah kamu persiapkan dengan baik dan matang, jangan pernah sombong pada sang pencipta. Karena segala urusan yang ada di dunia ini sudah diatur oleh sang pencipta. Setelah semua usaha sudah kamu lakukan, berdo’alah semoga Tuhan senantiasa mengabulkan cita-cita mu.

Selamat mencoba, semoga sukses.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This div height required for enabling the sticky sidebar
%d bloggers like this: