KINGPRASTYO.COM

Tempat Sharing Informasi Generasi Milenial

img
Home / Artikel / Tips Penting / 7 Tips Membersihkan Sepatu Bludru Paling Cepat Dan Mudah

7 Tips Membersihkan Sepatu Bludru Paling Cepat Dan Mudah

/
/
/
21 Views

Sepatu bludru merupakan salah satu sepatu yang pernah booming tahun 2013 lalu, dan ternyata pada tahun 2017 hingga 2018 booming kembali. Entah kenapa sepatu bludru selalu booming saat tahun-tahun tertentu, mungkin karena desain nya yang unik.

Jika anda memiliki sepatu bludru, mungkin anda perlu menyimpan nya untuk beberapa waktu sebelum menggunakannya kembali. Anda jangan membuangnya meski sudah lama tidak terpakai, meskipun lambat laun tidak booming lagi, tetapi sepatu bludru akan booming lagi beberapa tahun selanjutnya.

Apakah anda sudah menyimpan sepatu bludru anda? Jika iya, sebaiknya anda lihat apakah sepatu tersebut masih layak pakai atau tidak? Karena sepatu bludru yang disimpan terlalu lama dan tidak dirawat akan sedikit perlu dibersihkan.

Nah, jika memang sepatu anda masih bisa digunakan, sebaiknya anda bersihkan saja tanpa perlu membeli baru. Tetapi jika memang sepatu bludru anda sudah tidak layak pakai, tidak ada salahnya untuk membeli sepatu yang baru.

Baiklah, kami akan memberikan sedikit tips membersihkan sepatu bludru paling cepat dan mudah agar sepatu anda bisa digunakan lagi. Cobalah untuk lihat detail cara membersihkan sepatu bludru berikut ini agar tidak salah dalam melakukan nya:

1. Protector Spray

Sepatu bludru memang cukup sulit perawatan nya karena teksturnya yang mirip dengan kulit anak sapi, jadi anda perlu hati-hati. Langkah awal atau tips membersihkan sepatu bludru yang pertama adalah dengan menyemprotkan protector spray.

spray sepatu
gq.com

Jadi protector spray ini akan menjadi pelindung sepatu bludru anda, fungsinya adalah untuk membuat lapisan bludru jadi anti air. Nah, hal inilah yang akan membuat sepatu bludru anda tidak akan tertempel debu, cairan, hingga kotoran yang mungkin saja menempel.

Lalu bagaimana sih cara menggunakannya? Cara penggunaan nya sangatlah mudah, anda hanya perlu menyemprotkan protector spray pada sepatu yang sudah bersih. Jarak semprotnya sendiri sekitar 10 – 15 cm, jangan terlalu dekat karena kurang baik untuk kulit bludru anda.

Sebenarnya yang dibutuhkan dari protector spray ini adalah embun yang dimilikinya, jadi tidak perlu terlalalu dekat. Jika terlalu dekat justru akan membuat sepatu anda basah, bahkan bisa membuat sepatu anda terlihat pitak karena bulu sepatu bludru anda bisa menempel satu sama lain.

2. Sikat Khusus

Ternyata tips membersihkan sepatu bludru selanjutnya adalah anda harus menggunakan sepatu khusus untuk membersihkan sepatu yang berbulu. Karena tekstur sepatu yang berbulu itu lembut, maka sikat yang bisa anda gunakan juga harus lembut.

Sikat yang lembut tersebut tujuan nya untuk membersihkan debu yang menempel pada bulu, jadi tidak merusak tekstur bludru. Jika anda menggunakan sikat yang kasar, maka bisa jadi teksturnya akan membuat bludru mengelupas dan rusak.

3. Vacuum Cleaner

Jika memang anda memiliki vacuum cleaner ukuran kecil, tidak ada salahnya untuk menggunakan nya untuk menyedot debu pada sepatu anda. Biasanya penyedot debu ini digunakan untuk membersihkan ruangan, tetapi anda bisa menggunakan nya untuk membersihkan sepatu blduru anda.

Dari pada langsung menggunakan cara pembersihan sepatu bludru dengan cara basah, sebaiknya anda coba dulu cara yang kering-kering. Membersihkan dengan vacuum cleaner adalah cara yang tepat untuk anda.

4. Tisu

Jika sepatu anda terkena noda basah ataupun minyak sehingga perlu dibersihkan, maka tidak ada salahnya anda membersihkan nya dengan tisu. Tips membersihkan sepatu bludru dengan tisu ini akan sangat bermanfaat untuk menyerap noda basah dari minyak tersebut tentunya.

Gunakan tisu kering untuk membersihkannya, jangan lupa anda tidak boleh menggosokkan nya pada permukaan sepatu. Anda tidak boleh menekan tisu terlalu keras pada sepatu anda, karena justru bisa membuatnya semakin menyebar.

5. Sabun Pencuci

Tips membersihkan sepatu bludru selanjutnya adalah dengan sabun pencuci yang pastinya harus membuat sepatu bludru anda mandi. Hal ini perlu dilakukan jika memang sepatu anda terlalu kotor untuk dibersihkan secara normal saja. Coba cari tahun bahan sabun cuci yang sekiranya akan cocok dengan bahan blduru anda.

Tidak ada sabun khusus yang bisa anda gunakan untuk sepatu berbahan bludru, jika memang anda takut melakukan nya. Anda bisa melakukan laundry sepatu saja, agar sepatu anda bisa tetap bagus meskipun sudah lama tidak dipakai dan kotor.

Biasanya pihak laundry sepatu akan sangat paham harus bagaimana dan seperti apa cara membersihkan sepatu bludru. Ini adalah ide yang bagus, tetapi jika memang anda bisa melakukan nya sendiri, tidak ada salahnya untuk melakukan nya sendiri agar bisa menghemat pengeluaran laundry sepatu anda.

Setidaknya anda bisa tahu caranya dan bisa membersihkan sepatu bludru anda kapan saja dan dimana saja tentunya.

6. Penyimpanan

Jika anda tidak ingin menggunakannya secara langsung, tidak ada salahnya untuk memasukkan nya ke dalam rak atau lemari sepatu. Anda bisa memasukkan nya ke kantong sepatu atau kotaknya agar tidak terkena debu kembali.

Sebaiknya rak sepatu atau lemari sepatu anda tersebut selalu dalam keadaan kering agar ia tidak lembab. Keadaan lembab bisa membuat sepatu anda bau meskipun tidak pernah anda gunakan, karena itulah anda perlu hati-hati dalam penyimpanan nya.

7. Penyimpanan Lanjutan

Jika sepatu bludru anda sudah anda simpan dalam jangka waktu lama, maka anda perlu ekstra dalam melakukan penyimpanan nya. Anda perlu memastikan dulu bahwa sepatu anda tersebut sudah benar-benar kering, lalu anda bisa menggunakan cetakan pembentuk sepatu.

Silica gel pengering sepatu
pl.aliexpress.com

Jika memang anda tidak punya cetakan seperti itu, anda bisa memasukkan sepatu anda ke dalam kota penyimpanan sepatu saja. Agar sepatu anda tetap kering, sebaiknya anda memasukkan silica gel ke dalam kotaknya, Lalu agar  tidak bau, sebaiknya anda memasukkan seburi kemper ke dalam books.

Tips membersihkan sepatu bludru memang cukup ribet, karena anda benar-benar membutuhkan silica gel ketika akan menyimpannya. Nah, sebaiknya anda membeli silica gel di tempat jual silica gel yang memiliki kualitas bagus.

Jika anda menyimpannya dengan silica gel, maka sepatu anda akan lebih tahan lama dibanding biasanya. Silica gel akan membuat sepatu anda tetap kering sehingga tidak akan bau maupun lembab meski lama disimpan.

Nah, bagaimana apakah anda ingin mencoba tips membersihkan sepatu bludru seperti yang kami berikan diatas? Jangan lupa bahwa setiap barang perlu dicek secara berkala kondisinya, sama seperti manusia yang harus dirawat, sepatu juga perlu dirawat.

Jika manusia harus mandi setiap hari, sepatu tidak perlu setiap hari yang penting secara berkala saja agar kondisinya tetap bagus. Jika anda ingin sepatu bludru lama anda kembali fresh, sebaiknya ikuti langkah-langkah tips membersihkan sepatu bludru seperti di atas.

Itulah informasi penting bagi anda yang memiliki sepatu bludru, jika memang anda ingin mendapatkan kondisi sepatu anda kembali bagus. Tidak ada salahnya untuk melakukan salah satu tips membersihkan sepatu bludru seperti yang kami berikan, terima kasih.

 

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: