img
Home / Cahaya Islam / Hukum Wudhunya Orang yang Memakai Minyak Rambut/Pomade

Hukum Wudhunya Orang yang Memakai Minyak Rambut/Pomade

/
/
/
626 Views

Minyak rambut yang berupa gel, minyak, atau pomade sangat digemari oleh banyak kaum laki-laki terutama bagi kalangan anak-anak muda. Benda satu ini dapat menjadikan rambut tampak mengkilap dan mudah untuk ditata sesuai kreasi kita.

Bahkan dikalangan artis-artis dunia banyak yang menggunakan pomade seperti David Beckam, Elvis presley, Tora Sudiro, CR7 dan banyak lagi.

Bahan-bahan yang sering ditemui dalam minyak rambut adalah minyak yang berbau harum, karena di dalam pembuatanya memang ditambahkan parfume yang akan membuat rambut wangi.

Minyak penata rambut cenderung banyak digunakan oleh kaum pria untuk menata rambutnya agar tampil stylish dan rapi serta enak dipandang.

Namun, adapun kaum wanita terkadang juga menggunakan minyak penata rambut biasanya berbentuk spray untuk mengatur rambut-rambutnya agar sesuai yang diinginkan.

Produk-produk penata rambut biasanya banyak kita jumpai di tempat-tempat seperti salon, pangkas rambut. Sedangkan untuk membeli alat penata rambut bisa ditemukan di apotek, supermarket ataupun toko kosmetik.

Dalam penggunaanya biasanya akan lebih baik hasilnya jika rambut bersih dan lembab.

Sebelum masuk kepada bab pembahasan masalah hukum pemakaian minyak rambut ketika hendak berwudhu, 4 jenis penata rambut yang mesti dipahami.

1. Pomade

Pomade
Aneka Jenis Pomade

Pemakaian pomade sebenarnya sudah ada sejak zaman dahulu yaitu pada tahun 1900-an.

Pomade sendiri berbahan dari minyak kelapa, lanolin, wax dan parfume atau fragrance serta tambahan zat-zat lain seperti vitamin E atau protein untuk membuat rambut agar tampak mengkilap dan mudah untuk ditata dalam jangka waktu lebih lama.

Pomade akan membuat rambut tampak mengkilap, rapih, lebat dan tampak basah alami dengan jangka waktu cukup lama. Sedangkan untuk menghilangkanya mungkin cukup sulit dan perlu menggunakan air dan shampo untuk hasil yang benar-benar bersih.

banyak pomade yang beredar dimasyarakat luas baik pomade import maupun pomade buatan lokal. Namun, apakah anda tahu bahan yang digunakan di dalamnya? apakah terjamin aman dan halal untuk digunakan?

Nah, dalam memebeli jenis pomade sebaiknya anda harus benar benar teliti, anda harus mengetahui bahan apa saja yang digunakan untuk membuatnya dan pastikan pomade tersebut tidak mengandung bahan berbahaya dan satu lagi, pastikan pomadenya halal (silahkan baca: Pomade Halal dan Alami Non Alkohol) tanpa ada bahan najis yang digunakan untuk membuatnya, semisal minyak babi atau bahan lainya.

2. Hair Gel

Gambar Minyak Rambut
Hair Gel

Hair gel adalah produk penata rambut pria yang lebih kasar, kaku dan keras dibandingkan dengan pomade, produk ini akan menjadikan rambut sangat keras, mengkilap dan berminyak.

Penggunaan gel yang berlebih terhadap rambut akan membuatnya menjadi berminyak dari pada pomade.

Namun untuk membuat rambut tetap teratur, mengkilap dan tahan lebih lama, sebaiknya menggunakan pomade. Karena pomade tidak mengandung alkohol, sedangkan gel mengandung alkohol.

Namun, gel sendiri sangat mudah untuk dihilangkan, cukup menggunakan air saja untuk bisa menghilangkanya.

3. Minyak Rambut Cair

Minyak rambut atau biasa dikenal dengan istilah hair tonic adalah produk penata rambut yang berbentuk cair tidak seperti pomade ataupun gel. Minyak rambut berbentuk cair serta cenderung membuat rambut berminyak dan kasar. Tetapi tetapp membuat rambut tampak mengkilap seperti pomade.

Salah satu minyak rambut yang paling terkenal di Indonesia adalah produk Urang Aring dan Kemiri yang juga telah digunakan sejak jaman dulu.

Namun dalam menjaga rambut tetap rapi minyak rambut kurang direkomendasikan, lebih baik gunakan pomade yang mampu bertahan lama dalam menjaga rambut tetap rapi.

4. Krim / Pasta

Gatsby Krim Rambut
Gatsby

Krim rambut atau hair cream merupakan produk berbentuk agak padat hampir mirip seperti pomade dan hasilnya pun juga mirip pomade. Namun, zat krim dan pomade tetaplah berbeda. Krim berbentuk enteng dan tidak kaku seperti pomade. Tetapi sama-sama digunakan untuk menata rambut.

Kelebihan krim biasanya mengandung zat atau vitamin dan protein lebih banyak. Tetapi tidak sekuat pomade dalam menjaga rambut tetap rapi. Untuk menghilangkan krim dari rambut tidaklah sesulit pomade, cukup dibilas dengan air, maka akan hilang.

#Bagaimana Hukum Wudhunya Orang yang Menggunakan Pomade?

Dari penjelasan singkat diatas, dapat disimpulkan bahwa minyak rambut terbagi beberapa bagian dari segi zat yang terdapat di dalamnya dan dari segi bentuk cair dan kepadatanya. Dalam pandangan ilmu fiqih dalam menyikapi hal ini adalah.

Berikut penjelasan Syaikh Muhammad bin Shalih Al-Utsaimin:

Allah berfirman dalam surat Al-Maidah :

“Hai orang-orang yang beriman, apabila kamu hendak mengerjakan shalat, maka basuhlah mukamu dan tanganmu sampai dengan siku, dan sapulah kepalamu dan (basuhlah) kakimu sampai dengan kedua mata kaki.” (Al-Maidah: 6)

Di dalam kandungan ayat tersebut terdapat perintah untuk membasuh beberapa anggota tubuh dan mengusap bagian yang perlu diusap, serta diharuskan untuk menghilangkan apa saja yang menghalangi mengalirnya/meresapnya air pada anggota wudhu.

Karena jika ada bagian tubuh yang tidak terkena aliran air maka tidak sah.

Berdasarkan hal tersebut, jika seseorang menggunakan minyak pada beberapa anggota tubuhnya, misalnya benda tersebut akan menjadi padat karena membeku, maka baginya wajib untuk menghilangkan benda tersebut sebelum memmbasuk anggota wudhunya.

Sebab jika minyak tersebut berubah menjadi zat padat, kemungkinan akan menghalangi mengalirnya air pada anggota wudhu. Dan akan mengakibatkan tidak sah wudhunya.

Namun jika benda tersebut tidak berubah menjadi zat padat dan bekasnya masih menempel pada rambut maka hal ini tidak akan membatalkan wudhunya.

Namun, dianjurkan bagi yang memakai benda tersebut alangkah baiknya menguatkan tekanan kedua telapak tanganya pada saat membasuh atau mengusap bagian wudhu atau rambut kepala.

Karena pada umumnya minyak mampu mengalirkan air, bahkan bisa jadi bagian anggota wudhu atau rambut tidak akan teraliri air jik atidak ditekan saat mengusap dan membasuhnya.

Demikian penjelasan dai penjelasan Syaikh Muhammad bin Shalih Al-Utsaimin tentang bagaimana hukum wudhunya orang yang memakai minyak rambut pomade.

Semoga menambah wawasan anda dalam menggunakan pomade dan dianjurkan agar mengusap dengan sedikit lebih ditekan saat membasuh rambut kepala, atau lebih baik jika anda membersihkan terlebih dahulu dengan shampo agar yakin bahwa air wudhunya bisa mengalir ke seluruh bagian helai rambut kepala.

Jual Pomade Halal Terbuat dari Bahan Alami Non Alkohol

pomade
pomade halal

Mau Rambut Kamu Terawat, Tidak rusak, dan Sehat namun tetap Bergaya? Gunakan Produk Golden Legacy dari Malaysia. Produk ini sudah beredar resmi dan best seller di malaysia sejak tahun 2014 dan diakui khasiat nya.

Merangsang pertumbuhan rambut, sehingga rambut cepat panjang.

Tidak Hanya membantu membantu style rambut kamu, tetapi juga merawat rambut kamu.

Terbuat dari bahan-bahan alami seperti : minyak zaitun,minyak kelapa muda, minyak argan, minyak almond, yang sudah turun temurun terkenal akan khasiat nya untuk perawatan rambut anda.

Info pemesanan dan lainya silahkan klik di sini.

 

  • Facebook
  • Pinterest

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *