img
Home / Cahaya Islam / Tulisan Arab Assalamualaikum Beserta Arti dan Penjelasnya

Tulisan Arab Assalamualaikum Beserta Arti dan Penjelasnya

/
/
/
399 Views

Tulisan Arab Assalamualaikum – Islam merupakan agama yang paling sempurna. Seluruh kehidupan manusia dari perkara yang paling kecil hingga yang paling besar telah ada aturanya. Dari perkara individual hingga perkara yang berhubungan dengan social.

Salah satu tuntunan ajaran islam yang sangat dianjurkan yaitu bertegur sapa antara muslim satu dengan muslim lainya.

Rosulullah Saw memberikan contoh kepada umatnya, apabila seorang muslim berjumpa dengan muslim lainya maka hendaknya mengucapkan salam. Berikut tulisan assalamualaikum arab beserta makna dan penjelasanya.

السَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُهُ

Assalamualaikum wa rahmatullahi wa barakatuh.

Artinya  “Salam damai untukmu dan semoga Rahmat serta Keberkahan Allah menyertaimu”.

Kemudian bagi yang mendengarnya wajib menjawab dengan ucapan.

وَعَلَيْكُمْ السَّلاَمُ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُهُ

Wa ‘alaikum salam wa rahmatullahi wabarakatuh.

Artinya: “Dan semoga keselamatan dan rahmat Allah serta keberhanNya terlimpah juga kepada kalian”.

Begitu indahnya tegur sapa yang diajarkan di dalam agama islam kepada hamba-hambanya. Dengan saling memberikan salam diharapkan akan tumbuh sifat saling menyayangi sesama muslim, mendapatkan berkah dan kebaikan lainya.

Hukum Menjawab Salam

Gambar Jabat Tangan
Berjabat Tangan

Hukum memberikan salam kepada saudara muslim lainya adalah sunnah, namun hukum menjawabnya adalah fardhu ‘ain (wajib) jika kita dalam kondisi sendirian.

Sedangkan jika salam yang diucapkan kepada suatu rombongan atau sebuah kelompok, maka hukum menjawabnya adalah fardhu kifayah. Jika salah satu anggota kelompok tersebut seudah menjawabnya maka hal itu sudah cukup.

Dari Ali bin Abi Thalib, Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda: “Sudah mencukupi untuk suatu rombongan jika melewati seseorang, salah satu darinya mengucapkan salam.” (HR. Ahmad dan Baihaqi)

Adab Mengucapkan Salam

Selain dari dianjurkanya mengucapkan salam terhadap sesama muslim, adapun adab-adab salam yang harus dipenuhi seorang muslim agar sempurna salamnya dan tidak salah dalam mengamalkanya. Berikut adab yang harus dipenuhi dalam mengucapkan salam.

1. Hendaklah Mengucapkan Salam dengan Sempurna

Dalam mengucapkan salam sangat dianjurkan untuk mengucapkan kalimat salam dengan sempurna dengan ucapan salam “assalamualaikum warahmatullahi wa barakatuh.

2. Memulai salam terlebih dahulu

Mengucapkan salam terlebih dahulu memang hukumnya adalah sunnah, namun hal ini sangat dianjurkan. Hendaknya yang muda mengucapkan salam kepada yang lebih tua, yang lewat memberikan salam kepada yang sedang duduk, kemudian yang sedikit sebaiknya mengucapkan salam kepada yang banyak, yang naik kendaraan mengucpkan salam kepada yang berjalan.

Dalam sebuah hadist Rosulullah Saw bersabda:

Yang lebih baik dari keduanya adalah yang memulai salam.” (HR. Bukhori & Muslim)

Salah satu upaya untuk menyebarkan salam diantara umat muslim yaitu senantiasa mengucapkan salam kepada setiap muslim yang kita jumpai meskipun tidak mengenalnya.

3. Mengulangi Salam Ketika Berjumpa Lagi Meskipun Hanya Sesaat

Gambar Tulisan Assalamualaikum
Kaligrafi Salam

Bagi seorang muslim yang telah mengucapkan salamnya kepada saudaranya, kemudian ia berpisah, lalu berjumpa kembali meskipun hanya sesaat, maka sebaiknya tetap mengucapkan salam. Bahkan seandainya hanya terpisah oleh pohon lalu berjumpa lagi, maka dianjurkan untuk mengucapkan salam.

4. Tidak Mengucapkan Salam Kepada Nasrani & yahudi Terlebih Dahulu

Dari Ali bin Abi Thalib radiallahu ‘anhu, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda: “Janganlah kalian mengucapkan salam lebih dahulu kepada kaum Yahudi dan Nashrani, dan jika kalian berjumpa mereka pada suatu jalan, maka desaklah mereka ke sisi jalan yang sempit.”

Hadist ini menunjukan bahwa agama islam adalah agama yang mulia serta lebih unggul dari pada agama lain. Namun apabila mereka mengucapkan salam kepada kita, maka cukup jawab saja salam nya dengan ucapan “Wa ‘alaikum”.

5. Membalas Salam dengan yang Lebih Baik atau Semisalnya

Maksudnya adalah, tidak layak bagi kita membalas salamd ari orang lain dengan salam yang lebih singkat atau sedikit. Sebagaimana firman Allah:

Apabila kalian diberi salam/penghormatan, maka balaslah dengan yang lebih baik atau balaslah dengan yang serupa.” (QS. An-Nisa’: 86)

 

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: