img
Home / Cahaya Islam / Tulisan Arab Bismillahirrahmanirahim Beserta Keutamaanya

Tulisan Arab Bismillahirrahmanirahim Beserta Keutamaanya

/
/
/
233 Views

Tulisan Arab Bismillah – Lafadz basmalah adalah bacaan pembuka dari surat yang ada di dalam Al-Quran yang berada pada awalan setiap surat kecuali surat At-Taubah. Bismillah juga sering dilafadzkan oleh seorang muslim ataupun muslimah ketika hendak melakukan ibadah, sholat, makan dan aktifitas yaumiyah lainya.

Lantas seperti apakah tulisan arab basmalah. Berikut tulisan arab bismillah dari yang biasa sampai yang kaligrafi bismillah serta penjelasanya.

“Bismillahirrahmanirrahim”

 

 بِسْمِ اللّهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيْمِ

Artinya: “Dengan menyebut nama Allah Yang Maha Pemurah lagi Maha Penyayang

Jar majrur (bi ismi) pada awal ayat berkaitan dengan kata kerja yang tersembunyi setelahnya, sesuai dengan aktifitas apa yang sedang dilakukan. Contohnya, anda membaca bismillah ketika hendak melakukan makan, maka maknanya menjadi, “dengan menyebut nama Allah aku makan”.

Berikut Beberapa Fadhilah Membaca Kalimat Bismillah

Di dalam islam, seorang muslim sangat dianjurkan untuk senantiasa membaca kalimat bismillah ketika hendak melakukan segala aktifitas sehari-hari, karena dengan demikian segala aktifitas kita akan menjadi ibadah jika kita niatkan tulus ikhlas untuk memperoleh ridho dari Allah Ta’ala. Adapun fadhilah-fadhilah bacaan Basmalah yaitu:

 

lafaz bismillah
Kaligrafi Bismillah

1. Tidak Sempurna Wudhu Tanpa Diawali Bismillah

Dalam sebuah riwayat hadis yang dituliskan Imam Ahmad dan Abu Daud. Rosulullah SAW bersabda:

Tidak sah wudhu seseorang yang tidak menyebut nama Allah Ta’ala (mengucap basmalah)” (HR. Ahmad, Abu Daud)

Maka dari itu sebaiknya seorang yang hendak melakukan wudhu, awalilah dengan mengucapkan kalimat bismillah dibarengi dengan niat karena Allah. Agar wudhunya tersebut bisa menjadi sempurna.

2. Membaca Bismillah Sebelum Melakukan Jima’

Kaligrafi Kapal Lafadz Bismillah
Bismillah Kaligrafi

Dianjurkan seorang muslim untuk membaca bismillah ketika hendak melakukan jima’, agar kelak anaknya akan dijauhkan dari gangguan setan.

Dari hadist dalam kitab shahih bukhari dan Muslim, Ibn ‘Abbas r.a, bahwa Rasulullah shalallahu ‘alaihi wa sallam bersabda:

“Apabila salah seorang dari kalian hendak menggauli istrinya ia membaca : ‘Bismillah allahumma janibnasy syaithaana wa janibisy syaithaana maa razaqtanaa (dengan menyebut nama Allah, jauhkanlah kami dari setan dan jauhkanlah setan dari apa yang Engkau anugrahkan kepada kami),’ maka jika Allah menakdirkan lahirnya anak maka anak itu tidak akan diganggu oleh setan selamanya.”

3. Menjauhkan Rumah Anda dari Godaan Syetan

Dengan membaca bismillah ketika hendak masuk rumah, maka rumah tersebut akan dijauhkan dari gangguan setan. Karena rumah yang tidak dibacakan kalam Allah, maka setan sangat senang menempatinya. Oleh karena itu biasakan untuk selalu mengucap bismillah atau salam ketika hendak masuk rumah.

4. Mendatangkan Keberkahan

Tulisan Bismillahirrahmanirrahim
Gambar Kaligrafi Bismillah

Berkah disini yang dimaksud adalah kebaikan serta ketenangan hati yang bertambah. Keberkahan dalam segala hal itulah yang sering kita cari. Memperoleh pekerjaan yang bisa mendatangkan berkah, rizki yang berkah, rumah tangga yang selalu berkah, hidup yang bermanfaat, serta makanan yang penuh keberkahan adalah dambaan bagi setiap manusia.

Supaya apa yang kita minum dan apa yang kita makan bisa mendatangkan keberkahan, resepnya cukup mudah. Makanlah dengan teman atau keluarga dan jangan lupa membaca basmalah sebelum memulainya.

Kita berharap dari makanan yang kita konsumsi akan bisa membuat perut kenyang, sehingga akan menjadikan kita semangat dalam beribadah kepada Allah Ta’ala.

5. Disunnahkan untuk Membaca Bismillah Ketika Hendak Melakukan Aktifitas atau Pekerjaan.

Disunnahkan untuk membaca bismillah pada awal hendak memulai aktifitas atau pekerjaan. Selain itu disunnahkan juga membacanya ketika hendak melakukan khutbah dan disunnahkan membaca bismillah ketika hendak masuk kamar mandi.

Demikian tulisan arab bismillah beserta dengan penjelasan dan fadhilah bagi orang yang senantiasa membacanya. Tempelah tulisan bismillah atau kaligrafinya ditempat di mana anda banyak menghabiskan waktu. Dengan harapan anda selalu mengingatnya untuk memulai aktifitas sehari-hari.

Semoga bisa bermanfaat dan semoga kita semua bisa mengamalkan dari fadhilah-fadhilah bacaan bismillah tersebut.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: