KINGPRASTYO.COM

Tempat Sharing Informasi Generasi Milenial

img
Home / Info Fauna / Cara Merawat Landak Mini Hias yang Benar dan Menyehatkan

Cara Merawat Landak Mini Hias yang Benar dan Menyehatkan

/
/
/
205 Views

Setelah kita mengetahui beberapa Jenis Landak Mini dalam artikel sebelumnya, pada tulisan ini akan dijelaskan bagaimana cara merawat landak mini agar bisa tumbuh dengan baik dan jarang sakit.

Binatang ini pernah menjadi icon film kartun dan game di tahun 90 an yang berwarna biru dan bisa lari dengat sangat kencang yaitu Sonic The Hedgehog dan sekarang hewan ini sekarang mulai banyak dijumpai di kalangan para pecinta hewan peliharaan.

Beda halnya dengan landak yang sering di jumpai, landak mini digemari karena memiliki tubuh yang mungil dan juga menggemaskan. Selain itu, landak mini tidak berbahaya karena durinya tidak tajam seperti landak pada umumnya.

Duri landak mini tidak mudah lepas dari tubuhnya. Pertahanan yang dimilikinya sama seperti spesies landak mini pada umumnya yaitu dengan cara menggulung membentuk bolan duri, sehingga semua durinya menghadap keluar dan lawanya pun tidak bisa menyerang.

# Cara Merawat landak Mini Hias Dengan Baik dan Benar

Dalam merawat landak mini sebenarnya tidak terlalu sulit, mungkin hanya perlu ketelitian dan keteraturan dalam merawatnya. Dari mulai memberi makan secara teratur, membersihkan kandang, memandikanya dan lain sebagainya.

Untuk lebih jelas bagaimana cara merawat landak mini, berikut beberapa tips cara merawat landak mini:

1. Kenali Sifat Landak Mini

Landak mini termasuk binatang Noctural atau binatang yang aktif di malam hari, sedangkan pada siang hari landak mini lebih suka untuk bersembunyi di tempat-tempat yang gelap. Sebaiknya landak mini dipelihara pada suhu 21 – 27’ C, jika terlalu dingin Landak Mini bisa masuk ke dalam proses Hibernasi.

sifat-landak-mini
www.thedodo.com

Landak Mini tergolong hewan yang tidak suka bertarung. Sehingga, jika Landak Mini digabung dengan binatang peliharaan lainya, seperti kucing atau anjing, ada kemungkinan ia akan merasa terancam oleh binatang-binatang tersebut.

Sehingga Landak Mini akan memilih untuk menghindar atau mengaktifkan pertahananya yaitu dengan cara membentuk bola duri. Landak Mini cukup bisa membela diri jika ada tikus yang hendak memangsanya, kecuali Landak Mini yang masih bayi.

2. Sediakan Kandang Landak Mini yang Nyaman

Pada dasarnya untuk tempat pemeliharaan Landak Mini tidak terlalu rumit. Bisa menggunakan aquarium kaca/acrilic, container plastik atau juga kotak kayu. Tapi yang perlu diperhatikan adalah dimensinya harus mencukupi ruang gerak dan aktifitas Landak Mini.

Untuk ukuran standarnya biasanya adalah 50 x 50 cm atau 40 x 60 cm, untuk tingginya minimal 30 cm, hal tersebut menghindari agar landak memanjat atau lepas.  Letakan Landak Mini pada suhu yang normal dan memiliki sirkulasi udara yang bagus.

kandang landak mini
www.reptileforums.co.uk

Untuk alas atau beddingnya bisa menggunakan serutan kayu. Berfungsi untuk menyerap kotoran padat / pup atau kotoran cair. Fungsi lain yaitu untuk penghangat tubuh ketika malam hari. Pastikan pilih serbuk kayu yang bagus, dan gantilah serbuk kayu dengan teratur.

Berhubung Landak Mini termasuk hewan Noctural, sebaiknya sediakan Hidding Box yang berfungsi sebagai ruang gelap dimana ia akan menghabiskan waktu di siang harinya.

Hidding Box juga berfungsi untuk beradaptasi Landak Mini, selain itu juga berfungsi ketika Landak Mini dalam masa kehamilan atau proses melahirkan.

Bahan Hidding Box bisa menggunakan pipa paralon / talan pvc berbentuk U, kotak sepatu, kotak triplek atau Hidding Box khusus yang biasanya dijual di pasaran. Jangan lupa juga untuk membersihkan Hidding Box beserta kandangnya setiap minggu, dan ganti juga serutan kayu nya jika sudah mulai bau.

3. Makanan Landak Mini

Landak Mini merupakan hewan yang tergolong Insectivora (pemakan serangga dan hewan kecil lainya). Namun, landak mini juga bisa diberikan makanan buatan, seperti pakan kering kucing atau anjing.

Tapi, sebaiknya ditambahkan beberapa variasi lain, seperti ulat jerman, ulat hongkong, jangkrik dan serangga lainya. Sebaiknya Landak Mini jangan dikasih susu yang berlebihan, karena hewan ini memiliki sensitifitas terhadap susu dalam jumlah yang banyak.

makanan landak mini
www.warrenphotographic.co.uk

Untuk wadah pakanya lebih baik menggunakan mangkuk kecil atau wadah khusus yang biasanya digunakan untuk memberi pakan kucing. Sehingga tidak mudah terbalik / tumpah ketika sedang makan. Selalu sediakan air yang cukup.

Landak Mini juga bisa dilatih untuk minum dari botol minum yang biasa digunakan pada hamster. Ini lebih baik dari pada pemberian minum dengan mangkuk, karena biasanya Landak Mini sering mengotori air minumnya sendiri tanpa ia sadari.

4. Cara Memandikan Landak Mini

Untuk menjaga kesehatan dan kebersihan Landak Mini pastikan memandikanya dengan teratur. Landak Mini lebih baik dimandikan dalam periode 2-4 minggu sekali dan tidak boleh terlalu sering dimandikan, kecuali dalam keadaan kurang normal, seperti berkutu parah. Alat yang dibutuhkan antara lain : sikat gigi, shampo bayi, handuk kering, wadah air atau baskom.

cara memandikan landak mini
www.pinterest.com

Letakan Landak Mini secara perlahan di baskom dengan ketingian air kira-kira setinggi badanya, landak sendiri termasuk hewan yang jago berenang meskipun di air yang dalam, jadi tidak perlu khawatir akan tenggelam.

Setelah seluruh badan basah, gosok bagian punggung, bagian perut dan bagian lainya yang kotor menggunakan shampo bayi dan sikat gigi.

Setelah dirasa cukup bersih, bilas shampo yang masih menempel dengan air keseluruh badan hingga bersih.

Kemudian lap dengan handuk kering agar Landak Mini tidak kedinginan.

Gunakan hairdryer untuk mengeringkanya, jika tidak ada hairdryer bisa dijemur di bawah matahari pagi (dibawah jam 10 pagi) kurang lebih 15 menit.

Agar tubuh Landak Mini benar-benar kering, sehingga mencegah penempelan debu serbuk kayu yang berpotensi menimbulkan kerak kulit atau semacam ketombe. Jika sudah letakan lagi di kandang.

Note : Jangan mandikan Landak Mini sebelum berusia genap 2,5 bulan (dalam kondisi normal). Karena jika terlalu muda, kondisi fisik nya belum siap.

5. Cara Pengembangbiakan Landak Mini

cara landak mini berkembang biak
www.pinterest.com

Untuk membedakan kelamin antara jantan dan betina sudah bisa dilihat semenjak Landak Mini masih bayi. Kelamin jantan, jarak antara kelamin dan anusnya lebih jauh dibandingkan betina.

Usia perkawinan Landak Mini kira-kira 5 bulan. Gabungkan Landak Mini jantan dan betina dalam satu kandang. Pastikan kandang bersih dan juga singkirkan Hidding Box dan aksesoris lainya agar tidak mengganggu proses perkawinan. Kandang hanya berisi wadah pakan dan minum.

Proses perkawinan akan berlangsung diawali dengan siul-siulan si jantan, sambil mengelilingi betina. Proses ini akan terjadi sampai si betina menyerah dan menurunkan durinya, kemudian si jantan akan melakukan penetrasi dan memasukan sperma.

Masa penggabungan jantan dan betina kurang lebih 2-4 minggu. Hal ini diharapkan terjadi kehamilan. Setelah itu pisahkan landak jantan & betina. Setelah terjadi pembuahan,Landak Mini betina akan mengalami masa kehamilan selama 35 hari.

Hal yang perlu diingat adalah pada waktu betina melahirkan anaknya, pastikan Landak Mini jantan tidak berada satu kadang, karena Landak Mini jantan akan memakan anak-anak yang baru lahir tersebut.

Hal lain yang perlu diperhatikan adalah jaga kondisi betina agar tidak stress dengan menutup sekeliling tempat untuk melahirkan. Karena jika betina stres bisa-bisa ia memakan anaknya sendiri.

Landak Mini memiliki umur yang lumayan pangajng, ia bisa hidup kira-kira 6 tahun, bahkan beberapa orang ada yang pernah sampai 10 tahun, tergantung kesehatan dan cara perawatan.

Demikian beberapa tips cara merawat landak mini yang benar dan menyehatkan. Semoga bermanfaat.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: