KINGPRASTYO.COM

Tempat Sharing Informasi Generasi Milenial

12 Cara Penggemukan Sapi untuk Mendapatkan Kualitas Unggul

/
/
/
452 Views

Sebagai peternak sapi, Anda pasti memikirkan berbagai macam cara yang bisa dilakukan untuk membuat sapi lebih gemuk dan sehat. Sebenarnya, ada banyak sekali cara yang dapat Anda lakukan untuk membuat sapi menjadi lebih gemuk dan sehat. Akan tetapi, setiap cara yang harus Anda lakukan tentu berbeda untuk beberapa jenis sapi.

Misal, cara penggemukan sapi potong berbeda dengan sapi perah. Untuk sapi potong itu sendiri dibesarkan dengan cara pengelolaan minimal dan menaikkan daging yang dimiliki oleh sapiĀ  potong tersebut. Sedangkan, untuk sapi perah dibesarkan agar dapat menghasilkan susu yang banyak dan berkualitas akan tetapi tidak meningkatkan populasi anak sapi.

Namun demikian, pada pembahasan kali ini tidak akan membahas bagaimana cara penggemukan sapi dari salah satu jenis sapi tersebut. Akan tetapi, yang akan dibahas ialah dasar dari penggemukan kedua jenis sapi agar bisa meningkatkan kualitas daging dan susu yang dapat dihasilkan. Nah, apa saja aspek umum yang bisa Anda lakukan untuk menggemukkan sapi? Berikut ini pembahasannya.

1. Memilih Sapi yang Berkualitas

sapi berkualitas
news.streetroots.org

Pastinya, agar bisa menghasilkan sapi yang unggul, Anda juga membutuhkan sapi yang unggul pula. Pada saat membeli sapi untuk diternakkan, belilah sapi yang berkualitas dari berbagai macam segi.

Artikel Terkait: Cara Ternak Sapi Limosin

Setelah itu, buatlah strategis dari rencana bisnis yang akan Anda jalankan. Namun harus Anda ingat, bahwa setiap rencana yang akan Anda jalankan pastinya tidak akan berjalan dengan mulus. Tapi, Anda harus siap dengan hal itu.

2. Merawat Hewan Ternak Harian

gambar sapi potong
pxhere.com

Langkah berikutnya yakni Anda harus merawat hewan ternak dengan cara yang baik dan benar seperti berikut:

  • Menyapihnya
  • Melakukan pemasaran serta penjualan hewan ternak dari berbagai macam kelas
  • Melakukan penggantian heifers kriteria seleksi serta manajemen
  • Kriteria serta pengelolaan sapi perah atau sapi potong
  • Pengelolaan jenis sapi jantan
  • Memproduksi susu.

3. Memberikan Pakan Sapi Terbaik

pakan sapi terbaik
pxhere.com

Tentunya, memberikan pakan merupakan hal yang tidak boleh Anda lewatkan begitu saja. Untuk memberikan pakan sapi, terlebih dahulu Anda harus memiliki padang rumput. Selain rumput, Anda juga bisa menyiapkan jerami, biji-bijian, dna silase sebagai pakan sapi.

Artikel Terkait: Cara Penggemukan Sapi Bali

4. Program Kesehatan Ternak

cara penggemukan sapi berikutnya yang bisa Anda lakukan ialah dengan program kesehatan ternak. Program kesehatan ternak itu sendiri sangat penting untuk Anda lakukan.

Mengapa? Ini karena apabila Anda membawa atau membeli sapi lagi dan membawanya ke kawanan sapi Anda, program kesehatan ternak harus segera dilakukan. Hal tersebut bertujuan untuk meminimalisir adanya penyakit yang dibawa oleh si sapi agar tidak tertular ke kawanan sapi yang lainnya.

5. Simpan Berbagai Macam Peralatan yang Dibutuhkan

Jika terjadi sesuatu hal yang tidak diinginkan dan dokter hewan tidak bisa datang tepat waktu, Anda harus menyimpan berbagai macam peralatan yang dibutuhkan.

Berbagai macam peralatan itu ialah 70% solusi alcohol, dettol (atau sejenis desinfektan lainnya), jarum suntik ekstra, jarum suntik, sarung tangan sepanjang bahu, sarung tangan karet, tali (poli atau tali kapas), tabung esophagus dengan tabung frick, minyak mineral, canola dan trocar, deksamesaton, epnefrin, penarik lembu, rantai calving dan masih banyak yang lainnya.

6. Memakan Bahan Organik

Menggunakan berbagai macam bahan organic merupakan cara penggemukan sapi yang tepat yang bisa Anda lakukan. Dengan cara yang satu ini, Anda bisa menghasilkan sapi yang berkualitas unggul. Bahan organic yang bisa Anda gunakan mulai dari pakan dari sapi itu sendiri seperti biji-bijian, rumput dan lain sebagainya.

7. Mengatasi Berbagai Macam Penyakit

Saat Anda melakukan bisnis ternak sapi, berbagai macam kemungkinan bisa saja terjadi. Seperti sapi yang terserang oleh berbagai macam jenis penyakit. Oleh karena itu, Anda harus selalu memeriksa kesehatan sapi ternak dan selalu melakukan pengawasan setiap harinya. Jika ada sapi yang terkena penyakit, segera pisahkan sapi dari kawanan sapi agar penyakit tidak menular dan segera panggil dokter hewan.

8. Tahu Waktu yang Tepat Untuk Memasarkan Hewan

Untuk menjual hewan ternak yang telah Anda pelihara, ada lima cara yang bisa Anda lakukan yakni dengan penjualan obralan, penjualan langsung, perjanjian pribadi, gudang penjualan dan pelelangan.

Nah, sebagian besar ternak itu sendiri ternyata dijual lewat pelelangan dan gudang penjualan. Namun, cara penjualan dari sapi ternak itu sendiri bergantung pada Anda.

9. Pengelolaan Pangan

Mengelola pangan juga menjadi salah satu cara penggemukan sapi yang tidak boleh untuk Anda abaikan. Pengelolaan pangan yang satu ini tentu sangat penting agar bisa meningkatkan kualitas dari sapi ternak itu sendiri. Penggunaan pakan organik memang menjadi pilihan terbaik untuk membuat sapi lebih gemuk dan memiliki hasil produksi yang berkualitas tinggi.

10. Berikanlah Pakan Ternak Secara Tepat Waktu

Selain Anda harus memperhatikan kualitas pakan dari sapi ternak, memberikan pakan secara tepat waktu dan continue akan membuat sapi lebih mudah gemuk dan memiliki kualitas yang baik. Selain itu, jangan pula untuk memberi pakan ternak terlalu cepat. Hal ini agar kualitas pakan yang akan diberikan tidak membusuk jika diberikan kepada hewan ternak terlalu lama.

Tak hanya itu, bahkan tempat untuk menyimpan pakan juga harus menggunakan tempat yang baik agar kualitas pakan ternak tetap terjaga.

11. Ikuti Semua Prosedur Penggemukan Sapi

Untuk bisa menghasilkan sapi yang berkualitas, Anda juga harus mengikuti beberapa prosedur yang sudah disebutkan diatas. Selain itu, Anda juga harus membuat beberapa catatan penting seperti:

  • Catatan keuangan (mulai dari biaya, pinjaman, tagihan, sewa, listrik, air, pendapatan dan lain sebagainya)
  • Catatan calving
  • Data pengembangbiakan (seperti sapi betina yang dikembangbiakkan dengan sapi jantan, sapi betina diisolasi setelah musim kawin dan lai-lain)
  • Catatan kesehatan (vaksinasi, cacingan, sapi ternak yang sakit, pengobatan dan masih banyak lagi).

12. Mengelola Sapi Ternak Dengan Cara yang Baik

Cara penggemukan sapi yang tidak boleh Anda lupakan ialah Anda harus mengelolanya dengan baik dan benar. Mengapa? Jika Anda melewatkan beberapa prosedur yang sudah dijelaskan, tentu saja hal ini akan menurunkan kualitas sapi ternak itu sendiri.

Melakukan penggemukan sapi ternak memang bisa dibilang susah-susah gampang. Namun, jika Anda bisa konsisten untuk melakukannya, bukan berarti Anda tidak akan mendapatkan sapi yang berkualitas tinggi. Nah, semoga cara penggemukan sapi bermanfaat untuk Anda. Selamat mencoba!

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This div height required for enabling the sticky sidebar
%d bloggers like this: