img
Home / Info Fauna / 13 Jenis Landak Mini yang Sangat Menggemaskan Beserta Harganya

13 Jenis Landak Mini yang Sangat Menggemaskan Beserta Harganya

/
/
/
229 Views

Landak Mini – Jika pembaca membaca judul artikel ini, mungkin akan berfikir dua kali untuk memelihara hewan yang satu ini. Dari namanya saja pasti sudah membuat sebagian orang takut, karena landak yang ada di benak kita adalah sangat berbahaya, berduri dan juga beracun.

Namun, berbeda dengan landak yang satu ini. Landak Mini sangat berbeda dengan jenis landak yang biasa kita kenal.

Landak Mini berasal dari Negara Afrika, yang dikenal dengan nama African Pygmy Hedgehog. Jenis Landak Mini ini bisa menjadi hewan peliharaan.

Karena duri yang ada pada Landak Mini tidaklah berbahaya selain itu juga memiliki wajah yang lucu dan bentuknya bisa melingkar seperti bola duri.

Meskipun berduri, Landak Mini sudah terbiasa dengan manusia dan bisa dipegang dan digendong layaknya hewan-hewan piaraaan pada umumnya.

Landak Mini tergolong hewan Nocturnal (aktif pada malam hari). Ketika di siang hari Landak Mini lebih suka untuk tidur di bawah rumput, tumpukan serutan kayu atau liang-liang yang tersedia.

Hewan lucu satu ini bukanlah tipe hewan yang suka bertempur. Jika merasa terancam atau terganggu ia akan memilih untuk lari, atau jika terdesak ia bisa melindungi dirinya dengan membentuk gumpalan bola dengan menegakan duri-durinya.

Jenis Landak Mini

Landak mini memiliki beberapa jenis yang sangat menggemaskan, biasanya landak mini dibedakan berdasarkan warna pada duri-durinya yang sangat bervariasi. Untuk bisa menghasilkan jenis landak mini yang baru biasanya dilakukan perkawinan silang antara landak mini jenis satu dengan jenis lainya.

Berikut beberapa jenis landak mini yang banyak beredar di masyarakat luas, diantaranya:

1. Landak Mini Appricot

landak mini appricot
www.petinfoclub.com

Landak Mini jenis Appricot adalah Landak Mini yang memiliki duri berwarna agak ke oranye yang bercampur coklat krem. Sorot matanya memiliki warna merah ruby, pada bagian perutnya memiliki warna putih, sedangkan hidungnya memiliki warna merah muda.

2. Landak Mini Cinnicot

jenis landak mini cinnicot
http://kwhedgehogs.webs.com/

Jenis Landak Cinnicot merupakan hasil dari perkawinan silang antara Landak Mini jenis Cinnamon dan Appricot. Warna landak jenis Cinnicot seperti warna emas atau karat yang pudar. Karena jenis ini hasil dari perkawinan silang, jadi terkadang hasilnya mirip Cinnamon atau mirip Appricot.

3. Jenis Landak Mini Salt and Pepper

landak mini salt and pepper
http://kwhedgehogs.webs.com/

Jenis Landak Mini yang satu ini termasuk yang sering dijumpai baik di alam liar atau di pasaran.  Landak Mini Salt and Pepper memiliki warna puti dan dibalut warna hitam, warna mata dan hidung sama-sama hitam.

Selain dibalut warna hitam, ada beberapa landak jenis ini yang dibalut dengan warna coklat atau abu-abu. Untuk harga landak mini jenis salt and paper ini berkisar antara 175 – 250 ribu untuk anakan, sedangkan indukan kurang lebih 225 – 300 ribu

4. Landak Mini Champagne

jenis landak mini champagne
http://kwhedgehogs.webs.com

Jenis Landak Mini yang satu ini merupakan jenis Landak Mini yang jarang ditemui. Landak Mini jenis Champagne merupakan Landak Mini yang memiliki warna pirang atau warna pastel. Warna putih pada durinya lebih dominan sekitar 75%, dan sissanya dibaluti warna oranye atau krem.

5. Landak Mini Charcoal

jenis landak mini charcoal
http://kwhedgehogs.webs.com/

Landak Mini jenis ini memiliki dua jenis, yaitu white Charcoal & Charcoal Snowflake Gray. Perbedanya ada pada warna ujung durinya saja. Perbandingan warnanya antara 30% sampai 70% durinya memiliki warna putih, sedangkan sisanya berwarna putih dibalut dengan warna hitam.

6. Jenis Landak Mini Cinnamon

jenis landak mini cinnamon
http://kwhedgehogs.webs.com/

Landak Mini yang satu ini kalo dilihat sekilat mirip dengan jenis Salt and Pepper tetapi perbedaan warnanya dari hitam dan krem atau coklat muda. Pundaknya memiliki warna merah muda, sedangkan kulit di bawah perutnya berwarna putih.

7. Landak Mini Albino

jenis landak mini albino
http://kwhedgehogs.webs.com/

Di alam liar mungkin Landak Mini jenis ini yang sangat rentan di serang predator, disebabkan karena kurangnya kamuflase.

Dinamakan Albino karena tidak mempunyai pigmem warna, jadi seluruh tubuhnya akan berwarna putih atau pucat, dan juga warna matanya merah karena tidak ada pigmen warna di matanya. Sedangkan warna kulit dan hidungnya berwarna merah muda.

Harga landak mini jenis albino ini berkisar antara 150 – 300 ribu untuk anakan, sedangkan indukan kurang lebih 175 – 300 ribu. Harga mungkin bisa berubah tergantung pada kondisi dan kesehatan dari landak mini.

8. Jenis Landak Mini Platinum

jenis-landak-mini-platinum
www.pinterest.com

Sesuai namanya, Jenis Landak yang satu ini pastinya istimewa. Jika pembaca ingin memiliki Landak Mini jenis Platinum, maka harus sabar mencari informasi terkait Landak Mini yang satu ini.

Karena memang tergolong langka. Ciri khasnya yaitu biasanya durinya berwarna putih dan pada bagian kulit, hidung serta telinga memiliki warna agak gelap dengan warna coklat. Untuk harga landak mini jenis Platinum harganya disesuaikan.

9. Landak Mini Pinto

jenis-landak-mini-pinto
http://kwhedgehogs.webs.com/

Landak Mini Pinto sebenarnya lebih ke arah corak warna, corak Pinto dapat dilihat dari kekuranganya pada duri dan kulitnya, sehingga terlihat bercak putih. singkatnya, Pinto adalah kelainan bercak putih yang terdapat pada warna aslinya. nah, di situlah yang kadang-kadang menjadi daya tarik tersendiri dari Landak Mini jenis ini.

Itulah beberapa jenis landak mini dan harganya. Karena semakin banyak dan pintar orang-orang yang mengembangkanya, kemungkinan jenisnya juga akan bertambah.

Bisa dari warna, bulu, corak atau semisalnya. Untuk harga sendiri semua jenis hamper sama berkisar antara 150 ribu hingga 500 ribu untuk satu ekornya.

Demikian artikel tentang jenis-jenis Landak Mini dan harganya yang bisa penulis berikan, sumber harga diambil dari berbagai forum pecinta hewan hias dan beberapa sumber dari mbah Google. Semoga bermanfaat.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: