KINGPRASTYO.COM

Tempat Sharing Informasi Generasi Milenial

img
Home / Info Fauna / 7 Jenis Sapi Perah yang Laku Keras dengan Harga Selangit

7 Jenis Sapi Perah yang Laku Keras dengan Harga Selangit

/
/
/
105 Views

Sapi perah merupakan salah satu bisnis yang sangat diminati dan banyak dicari karena banyak manfaat yang bisa didapatkan. Saat ini harga dari hewan ini mencapai angka yang sangat mengejutkan, dan sangat membuka peluang usaha di bidang peternakan. Di indonesia pelaku bisnis ternak sapi tergolong sedikit sehingga dampaknya pun semakin melambungnya harga dari sapi ini.

Harga mengalami peningkatan berbanding lurus dengan tingkat pemeliharaan yang sangat berhati-hati dari para peternak guna menjadikan sapi  ini mampu menghasilkan susu yang berkualitas dan dengan produksi yang maksimal. Sehingga tidak heran jika harga dari hewan ternak yang satu ini semakin hari semakin tinggi.

Jenis sapi yang biasa di ternak terbagi menjadi beberapa hal penting yang menjadikannya mahal karena memang harga tinggi mengikuti dari berat badan, peranakan dan produksi susu. Di bawah ini akan dijelaskan tentang jenis sapi dengan harga yang mahal dan juga deskripsi secara detailnya mengapakah bisa semahal itu.

1. Jenis Sapi Perah Holstein Friesien

Sapi Perah Holstein
sapi.co.id

Sapi perah yang satu ini memiliki berat sekitar 1300 pound dengan harga 50 juta. Sapi ini merupakan jenis sapi yang berasal dari amerika serikat dengan warna bulu putih bertabur hitam yang membuat sapi ini terkesan gagah dan lembut. Di indonesia penggunaan jenis sapi yang satu ini sangat banyak karena memang habitat alam dari sapi ini tergolong tidak terlalu ekstrim.

Sapi holstein friesien ini menjadi unggulan dalam memproduksi susu dengan jumlah yang besar dan kandungan lemak yang sedikit pada susu sehingga semakin menjadikan sapi yang satu ini sebagai primadona. Ukuran tubuh yang sangat besar seakan menegaskan jika kandungan air yang ada dalam sapi ini sangatlah penuh.

2. Sapi Ayrshire

sapi perah
Livestockpedia.com

Sapi ini dikembangkan di sebuah kota ayr scotlandia dengan suhu yang tinggi. Memang beternak sapi diharuskan pada lokasi suhu yang sejuk dan tergolong dingin karena akan semakin cepat memproduksi susu dalam tubuh sapi. Jika kita melihat di indonesia sudah mulai banyak yang melirik ternak ini karena sangat menguntungkan dari sisi harga dan penjualan yang tergolong mahal.

Sapi perah ayrshire ini memiliki berat antara 1250  pound hingga 1600 pound dan lebih besar dari sapi holstein friesien dengan harga jual sebesar 60 juta sehingga dapat diambil kesimpulan jika sapi ini memiliki bentuk yang lebih besar dan berat. Warna kulit dari sapi ini kemerahan dengan motif merah pastilah semakin menampakkan kegagahan dari jenis sapi yang satu ini.

3. Sapi Brown Swiss

Sapi perah swiss
Pinterest.com

Jenis sapi perah yang satu ini berasal dari negara swiss seperti namanya yang menegaskan tentang negara penemu dan pengembangnya. Memang yang mendominasi ternak sapi berasal dari sebuah negara dengan suhu yang dingin. Berbeda dengan di indonesia yang mampu membudidayakan ternak sapi pada tempat tertentu dengan dataran tinggi yang memiliki suhu dingin seperti boyolali.

Sapi brown swiss memiliki berat sekitar 1400 pound hingga 2400 pound dengan harga jual 70 juta. Sangat sulit untuk dibayangkan dengan harga sapi yang sedemikian mahalnya, tetapi tidak diragukan lagi tentang produktifitas dari sapi ini pastilah akan mampu menghasilkan susu dengan jumlah yang sangat besar.

4. Jenis Sapi Perah Guernsey

Sapi perah Guernsey
grassfood..me

Sapi yang satu ini memiliki corak dan warna yang unik dengan warna dasar putih yang bertabur kekuningan sehingga seolah menjadikannya lucu. Berat dari sapi ini antara 1500 pound dan dengan harga yang tergolong terjangkau yaitu 50 juta, memang sapi ini yang banyak dikembangkan di indonesia selain mampu berkembang dengan baik di suhu yang relatif tinggi.

Sapi guernsey ini berasal dari inggris dan kini penyebarannya telah sampai ke seluruh dunia. Produksi susu yang kaya akan protein dan dengan lemak yang sedikit tentunya menjadikan sapi ini sangat diminati oleh para pelaku bisnis ternak di berbagai wilayah dan negara. Tidak hanya itu saja, sapi jenis ini pun sangat kuat terhadap berbagai penyakit sehingga tergolong mudah dalam pembudidayaannya.

5. Sapi Jersey

Sapi perah Jersey
glenbrookjerseys.co.nz

Sapi perah ini berasal dari negara inggris dengan warna kulit yang khas berwarna cokelat tanpa perpaduan warna lain. Berat dari sapi ini antara 1100 pound dan harga jual nya mencapai 50 juta dan sapi ini mampu memproduksi susu dengan jumlah yang tidak terlalu tinggi dan kadar lemak rata-rata 5,2 % yang menjadikannya tidak diperkenankan untuk di konsumsi oleh kalangan yang mengidap kolesterol.

Sapi jersey ini layaknya guernsey yang juga berasal dari inggris, Cuma ada perbedaan yang memang mencolok dalam kandungan susu yang mana ini menjadikan daya saing pun sangat jauh. Tetapi meskipun demikian jenis sapi yang satu ini juga banyak terdapat di indonesia sebagai jenis sapi yang dikembangkan melalui pemeliharaan yang standar.

6. Sapi Perah Sahiwal

Sapi perah jenis Sahiwal
Pinterest.com

Jenis sapi yang satu ini berasal dari pakistan dengan warna kulit berwarna kemerahan dengan balutan warna putih khas negara pakistan. Sapi ini memiliki bobot sekitar 1000 pound dan dengan harga sekitar juta. Memang jenis sapi ini kurang populer di kalangan peternak di indonesia selain produksi yang tidak maksimal juga kadar lemak yang tinggi.

Jenis sapi perah sahiwal mampu memproduksi susu 2500-3000 kg/tahun, bisa anda bayangkan jika sapi jenis ini saja bisa sebanyak itu apalagi jenis sapi dari eropa dan dengan harga yang selangit tentunya akan semakin banyak lagi. Memang pengaruh dari iklim, rumput sangat mempengaruhi produktifitas susu dan juga berat dari sapi itu sendiri.

7. Sapi Red Sindhi

Sapi jenis ini memiliki corak warna merah tua yang memang khas dari daerah karachi kohistan. Berat sekitar 300-350 kg membuat sapi jenis ini jarang dilihat oleh para peternak di indonesia tetapi di negara asalnya sangat menjadi primadona memelihara jenis sapi ini karena memang kandungan protein yang tinggi terdapat pada susu dan juga kadar lemak yang rendah.

Masih banyak lagi jenis sapi yang saat ini mulai dikembangkan di indonesia melihat permintaan akan pasar yang semakin besar pula sehingga menjadikan para peternak sapi ini semakin berpikir ulang tentang jenis sapi yang cocok untuk dikembangkan di indonesia dengan suhu udara rata-rata 25 derajat.

 

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: