KINGPRASTYO.COM

Tempat Sharing Informasi Generasi Milenial

img
Home / Info Fauna / 7 Cara Ternak Sapi Potong di Jamin Sukses Bagi Pemula

7 Cara Ternak Sapi Potong di Jamin Sukses Bagi Pemula

/
/
/
137 Views

Ternak sapi potong bagi sebagian orang memanglah sangat sulit untuk diprediksi tingkat penjualannya. Hal ini biasanya karena tingkat impor sapi saat ini di indonesia yang semakin tinggi sehingga imbasnya sapi lokal sangat sulit untuk dijual.

Tetapi penyebab utama para pembeli yang lebih memilih produk impor pun dengan alasan yang logis. Maka dari itu bagi seorang peternak harus membuat sapi peliharaanya itu memiliki harga jual tinggi layaknya sapi impor.

Persaingan dari sebuah perdagangan itu pasti dan salah satunya ialah ternak sapi yang kini semakin hari  semakin harus berfikir keras guna membentuk sapi untuk mampu menarik minat dari para pembeli.

Sapi sehat dengan fisik kuat pastilah akan semakin meningkatkan harga jual dari sapi tersebut.

Perlulah kita mengetahui tentang cara beternak yang baik dan benar pada sapi potong sehingga meskipun dikelola secara mandiri dan lokal namun mampu bersaing dengan sapi impor.

Justru dengan adanya perbandingan ini akan semakin meningkatkan persaingan dari sebuah usaha dan bisnis. Pastilah dengan pengelolaan yang tepat akan menghasilkan sapi potong yang banyak diminati para pembeli layaknya sapi impor.

1. Tentukan Jenis Sapi Potong

gambar ternak sapi
pixabay.com

Sebelum anda memulai sebuah bisnis ternak sapi potong tentukan terlebih dahulu jenis sapi. Pilihlah yang secara habitat bisa dengan mudah berkembang dan juga tidak memiliki masalah seperti iklim dan jenis makanan.

Karena hal tersebut akan berpengaruh kepada proses penggemukan, sejatinya karena sapi ini sapi potong maka yang diambil ialah daging  dan berat badannya.

Jenis sapi itu bermacam dan dengan cara pemeliharaan yang berbeda pula. Maka dari itu pemilihan bibit harus dilakukan sejak awal agar mengetahui persiapan dan hal penting yang bisa dilakukan dalam proses percepatan penggemukan daging sapi.

Semakin proses penggemukan berjalan lebih singkat maka proses penjualan pun akan semakin cepat dan nantinya akan bisa dilakukan pembibitan selanjutnya.

2. Kandang Sapi Potong

menata kandang sapi yang bagus
adamfarrah.com

Persiapan awal dalam proses beternak sapi  yaitu menentukan kandang yang memang nyaman untuk sapi agar senantiasa menjaga dari stres yang berlebih.

Kondisikan kandang berada di lingkungan yang sejuk dan jauh dari keramaian serta terdapat lokasi untuk melepaskannya sehingga sapi pun akan bergerak bebas mencari rumput sendiri.

Dengan memaksimalkan pemilihan lokasi kandang yang baik maka kesehatan sapi pun akan terjaga dan ketika sapi dalam kondisi seperti itu maka akan semakin cepat menggemukkan badan dari sapi tersebut karena tidak mengalami stres yang berlebih.

Karena ketika tidak mampu memilih lokasi yang baik dan menimbulkan keramaian, suhu tinggi, dan minim nya ruang gerak dari sapi pastilah akan menjadikan sapi ini lama untuk gemuk dan justru stres.

3. Tata Ruang Kandang Sapi Potong

kandang ternak sapi potong
garagegympower.com

Ternak sapi potong layaknya beternak ayam di mana harus menentukan tata kelola ruang sehingga bisa memaksimalkan baik itu asupan makanan, ruang gerak dan menjaga ke stabilan dari hewan tersebut.

Ayam potong dalam tata ruang nya berjajar menghadap ke arah yang sama sehingga ini memungkinkan tidak terjadi saling injak yang dapat membuat kematian pada ayam tersebut.

Sapi pun demikian yang harus mengatur tata ruang kandang agar asupan makanan pun seimbang, memiliki ruang gerak yang leluasa dan tidak terlalu sempit, sehingga sapi pun akan mampu maksimal dalam penggemukan.

Ada banyak peternak yang tidak mengoptimalkan hal ini yang padahal faktor kandang ini begitu pentingnya.

4. Pembibitan Ternak Sapi

pembibitan sapi yang baik
wallpapertag.com

Menghasilkan sapi yang gemuk dan sehat juga dipengaruhi oleh bibit sejak awal. Oleh karena itu dalam beternak ini hal penting yang perlu diperhatikan ialah ketika memilih bibit muda. Lakukanlah dengan hati – hati dan cermat dalam memilihnya karena nantinya akan mempengaruhi kualitas dari sapi tersebut.

Ketika sejak bibit sudah memiliki tubuh dan fisik yang kuat maka kedepannya akan baik dan sehat dan tidak mengidap berbagai penyakit.

sapi di negara eropa tergolong jenis sapi dengan kualitas terbaik dan dengan ukuran yang besar dan ini bisa dijadikan perhatian untuk memilih bibit sapi pula.

Kebanyakan dari peternak sapi di indonesia memilih sapi buah dari kawin silang sehingga kualitas secara fisik dari sapi pun akan setara dengan jenis sapi yang ada di eropa.

5. Pemeliharaan Sapi

Proses penentu keberhasilan dalam penggemukan sapi ialah dalam pemeliharaannya, ketika seorang peternak tidak maksimal dalam perawatannya. Yaitu berupa pemberian asupan makanan yang seimbang, vitamin dan lain sejenisnya.

Maka dari itu akan sangat dimungkinkan sapi pun akan lama dalam proses penggemukan dan bisa menurunkan harga jual dari sapi tersebut.

Dampak terburuk ketika dalam beternak tidak maksimal dalam perawatannya, maka bisa menyebabkan munculnya berbagai penyakit pada sapi tersebut hingga menyebabkan kematian.

Pastilah akan sangat merugikan sekali bagi peternak jikalau terjadi hal demikian, maka sebelum hal itu terjadi berikan asupan yang cukup dan asupan pendukung lainnya guna menjadikan sapi yang berkualitas dan memiliki harga jual yang tinggi.

6. Pemeliharaan Kandang Ternak

Faktor penting lainnya yang mampu memaksimalkan ternak sapi potong ialah proses pembersihan dari kandang sapi. Sebagaimana kita ketahui, jika kandang sapi ini jarang dibersihkan dari kotoran maka gas amoniak pada kotoran sapi tersebut akan mengakibatkan bau tidak sedap dan pada akhirnya akan mempengaruhi udara  dalam kandang.

Kemudian akan munculnya berbagai penyakit yang biasa nya terjadi akan mengakibatkan mata sapi berair dan bersin.

Melakukan pembersihan kandang dan juga memberikan asupan makanan yang sehat dan teratur tentunya sudah cukup bagi sapi untuk lebih cepat dalam proses penggemukan karena hal ini yang paling utama selain beberapa hal tadi.

Tetapi memang semua faktor tersebut dapat berpengaruh lebih ketika mampu kita lakukan secara lebih maksimal lagi.

7. Pengendalian Penyakit Sapi

Ternak sapi potong tentunya sama hal nya dengan beternak jenis hewan lainnya yang akan mengalami berbagai permasalahan seperti penyakit dan hasil lainnya.

Tetapi dalam prosesnya terdapat banyak cara yang bisa dilakukan untuk menghindari dan mencegah terjadinya hal – hal yang tidak diinginkan tersebut. Salah satunya ialah ketika mengalami serangan penyakit yang menyebabkan kematian.

Ketika anda mengalami permasalahan tersebut maka carilah kemungkinan hal yang terjadi. Pada kasus kematian dengan jumlah yang lebih dari satu bisa di indikasikan terjadinya penyebaran melalui udara sehingga segera langkah awal untuk memberikan ventilasi udara yang lebih pada kandang.

Kemudian ketika proses penggemukan terasa lama bisa di indikasikan asupan makanan yang kurang maksimal. Sehingga berikan dengan meningkatkan takaran makanan atau mengganti jenis makanan yang ada.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: