img

13+ Gambar Jenis Kucing Persia di Dunia & Cara Merawatnya

/
/
/
49 Views

Kucing persia merupakan salah satu jenis kucing yang banyak dicari orang untuk dijadikan hewan peliharaan di rumah. Jenis kucing peliharaan satu ini cukup populer di Indonesia. Kucing Persia pada umumnya mempunyai bentuk tubuh yang agak gemuk, besar serta tambun. Selain itu salah satu cirri khas dari kucing Persia adalah pada bentuk hidungnya yang pesek, bentuk wajah sedikit bulat dan mempunyai bulu panjang yang lembut.

Apabila diamati lagi lebih dekat dari samping pada bagian dahi, hidung dan dagu terlihat sama rata atau datar. Terbayangkan bagaimana wajah lucu kucing Persia yang menggemaskan ini? selain itu kucing Persia juga mempunyai sifat yang manja. Sehingga sangat cocok jika di jadikan hewan peliharaan dirumah.

Namun, pada saati ini telah banyak para pengembangbiak kucing mencoba untuk mengawinkan silang antara ras kucing Persia dan jenis kucing lainya. Sehingga sedikit banyak yang menghilang dari ras kucing asli Persia.

Kucing Persia yang dikawinkan silang dengan kucing lain, biasanya aka nada beberapa cirri-ciri yang hilang. Ada yang mempunyai warna bulu baru, ada yang memiliki hidung yang agak mancung, ada juga yang memiliki postur tubuh yang agak ramping dari kucing ras Persia pada umumnya dan ada juga yang memilki bulu yang lebih pendek.

Beberapa jenis kucing Persia hasil silang tersebut beberapa juga sudah sangat populer di kalangan para pecinta kucing di seluruh idonesia. Untuk mengenal lebih jau jenis kucing Persia apa saja yang populer di Indonesia, mari simak ulasan berikut lengkap dengan contoh gambarnya:

Kucing Persia Flatnose

gambar kucing persia jenis flatnose
maioz.com

Sesuai dengan namanya flatnote yang berarti hidung datar, kucing Persia jenis ini tentunya mempunyai bentuk hidung yang pesek. Bentuk tubuh kucing ini cukup gemuk dan wajahnya bulat dan sedikit tembem pad abagian pipinya. Meski demikian banyak juga yang menyukai jenis kucing satu ini. mereka memilih untuk memelihara kucing Persia flatnote karena memiliki bentuk wajah unik dan tingkah lakunya unik dan lucu.

Kucing Persia Peaknose

gambar jenis kucing persia
GlobalPetXpo.org

Jenis kucing Persia satu ini merupakan salah satu jenis yang paling banyak peminatnya. Mengapa demikian? Karena kucing ini mempunyai tubuh gemuk dan hidung yang pesek, sehingga bentuknya begitu lucu dan menggemaskan.

Karena keunikan dan kelucuan kucing ini, tidak jarang jenis kucing Persia peaknose ini diikut sertakan dalam kontes kucing. Untuk harga nya, kucing Persia peaknose yang berusia 3 bulan bisa mencapai 3-5 juta.

Kucing Persia Himalayan

gambar kucing persia himalayan
Pulpbits.net

Kucing Himalaya ialah salah satu ras kucing hasil dari persilangan antara kucing siamse dan kucing Persia. Himalayan memiliki postur yang gemuk, kaki pendek, tubuh dan wajah yang bulat seperti halnya kucing Persia pada umumnya.

Hal yang membedakan kucing Persia Himalayan dengan kucing Persia lainya ialah pada bagian warna bulu yang dimiliki kucing ini. warna kucing Himalayan lebih cenderung megikuti kucing siamse. Namun ada juga Himalaya yang memiliki tubuh seperti siamse. Himalayan ini memiliki bentuk tubuh langsing dan ramping sehingga terlihat anggun. Kucing Himalayan yang langsing seperti ini dapat loncat hingga ketinggian 2 meter.

Kucing Persia Medium

gambar kucing persia medium
BinatangPeliharaan.org

Jenis kucing Persia medium memiliki bentuk tubuh yang standar sebagaimana seperti kucing pada umumnya. Selain itu bulu yang dimilikinya juga tidak terlalu panjang, pada bagian hidung juga tidak terlalu pesek seperti kucing Persia pada umumnya. Kucing Persia jenis medium ini banyak digemari pada pecinta kucing dengan wajah yang oriental. Jadi, sekilas wajah kucing pada umumnya bisa terlihat pada wajah kucing Persia satu ini.

Kucing Persian Blue and Odd Bicolor

kucing persia blue and odd eyed bicolor
www.archidvx.pl

Jenis warna kucing Persia berikutnya ialah bicolor. Kucing ini mulai diterima di asosiasi pecinta kucing internasional pada tahun 1990. Salah satu kekurangan dari kucing ini ialah agak susah untuk dikembang biakan. Dua ekor kucing Persian bicolor belum tentu bisa melahirkan anak yang sama dengan induknya.

Kucing Persia Cameo

kucing persia jenis cameo
Pets4Homes.com

Menurut para pecinta kucing di seluruh dunia, kucing jenis satu ini merupakan salah satu jenis kucing Persia yang mempunyai daya terik tersendiri. Hal ini dikarenakan warna bulu nya yang unik. Pertama kali dikembangbiakan sekitar tahun 1950-an dengan melakukan perkawinan silang antara kucing Persia smoke dengan kucing Persia tortoiseshell longhair.

Kucing Persia Chincilia

kucing persia chinchilla
Pets4Homes.com

Pertamak kali jenis kucing Persia satu ini muncul ialah sekitar tahun 1880. Setelah itu pada tahun 1960 kucing ini muncul di serial film james bond dengan menjadi hewan peliharaan dari mata-mata yang menjadi musuh terbesar james bond. Penamaan kucing chinchilla ini diambil dari persamaan warnanya dengan hewan pengerat yang berasal dari amerika utara yaitu bernama chinchilla.

Kucing Persia Golden

kucing persia golden
CatnipCamera.com

Kucing satu ini diakui sebagai jenis terbaru di US pada tahun 1970, daya tarik unik dari kucing satu ini yaitu pada warnanya yang keemasan. Pada awalnya indukan dari kucing ini memiliki warna coklat, namun beberapa pegembang biak kucing Persia menyadari bahwa terdapat potensi untuk bisa menghasilkan kucing Persia berwarna emas, maka mereka melakukan percobaan dan dihasilkanlah kucing Persia warna keemasan.

Kucing Persia Jenis Pewter

kucing persia pewter
evercats.com

Kucing Persia satu ini masih keturunan dari kucing chinchillas. Perbedaanya yaitu pada corak hitam di beberapa bagian tubuhnya. Anakan kucing ini pada mulanya akan mempunyai garis-garis hitam pada tubuhnya, namun lama kelaman garis-garis tersebut perlahan mulai memudar dan tinggal beberapa saja yang masih terdapat warna gelap.

Kucing Persia Cameo Biocolor

Kucing Persia lucu satu ini adalah keturunan daru kucing cameo dengan kucing Persia lain sehingga menghasilkan warna cameo ditambah warna lain.

Kucing Persia Shaded Silver

Male Silver-shaded

Kucing Persia jenis satu ini sedikit mempunyai kemiripan dengan tipe chinchilla dari segi warna bulu nya. Pada mulanya kedua jenis kucing ini dianggap mempunyai warna yang sama yaitu silver. Namun setelah beberapa decade, para peneliti kucing menganggap bahwa kucing chinchilla mempunyai warna yang sedikit lebih pucat sedangkan Persian shaded silver mempunyai corak hitam pada tubuhnya.

Kucing Persia Smoke

kucing persia smoke
Pets4Homes.com

Kucing Persia smoke pertama kali tertulis sekitar pada tahun 1960. Kucing ini mempunyai pola warna pada bulunya seperti warna asap rokok. Warna bulu pada bagian dasar mendekati kulit pada dasarnya berwarna putih sedikit pucat, namun berubah menjadi sedikit lebih gelap atau hitam pada bagian luar.

Kucing Persia Smoke Biocolor

Kucing jenis satu ini tidak terlalu berbeda dengan jenis Persian smoke. Hanya terdapat beberapa perbedaan yang sangat sedikit yaitu pada bagian dada hingga ke kaki bagian depan memiliki warna putih.

Kucing Persia Tabby dan Pached Tabby

Kucing satu ini mempunyai sejarah yang agak panjang jika dibandingkan jenis kucing Persia jenis lain. Kucing Persia brown tabby mulai muncul yaitu dalam sebuah kontes kucing yang diselenggarakan di UK sekitar pada tahun 1870 an, dan ketika itu muncul klub para pecinta kucing yang mulai untuk mentenarkanya. Terdapat 3 pola dari warna bulu kucing satu ini yaitu: mackeler, klasik dan spotted (berbintik).

Kucing Persia Tabby Biocolor

Kucing Persia yang satu ini mengkombinasikan warna putih yang sangat jelas pada bagian dadanya dengan warna corak tabby pada bagian punggungnya.

Kucing Persia Tortie dan Calico (tortoiseshell)

Kucing Persia satu ini mulai dikenal sejak akhir dari abad 19. Kucing Persia tipe ini termasuk salah satu kucing yang sulit untuk dikembangbiakan dengan konsisten karena warnanya cukup kompleks.

Persian Biocolor

Hingga tahun 1960 an biocolor Persian bukan termasuk kucing yang difavoritkan untuk dijadikan sebagai hewan peliharaan bagi para breeder. Namun, saat ini jenis kucing Persia satu ini mampu bersaing dengan jenis Persian lain. Paduan warna yang pertama dari kucing ini ialah hitam dan putih. Namun saat ini sudah banyak dikembangbiakan hingga berbagai macam jenis warna dari kucing ini.

  • Facebook
  • Twitter
  • Google+
  • Linkedin
  • Pinterest

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *