KINGPRASTYO.COM

Tempat Sharing Informasi Generasi Milenial

4 Resep Olahan Daging Sapi yang Lezat dan Bergizi

/
/
/
329 Views

Daging sapi menjadi salah satu menu makanan yang banyak digemari oleh masyarakat untuk dikonsumsi. Selai memiliki rasa yang lezat, ternyata kandungan nutrisi yang ada di dalam daging sapi juga sangat banyak.

Nah, daging yang sudah melalui proses trimming atau sudah dihilangkan lemaknya mengandung berbagai macam gizi yang sangat dibutuhkan oleh tubuh Anda.

Bahkan, gizi tersebut merupakan sumber protein yang sangat baik. Beberapa kandungan nutrisi yang ada di dalam daging sapi ialah lemak tak jenuh, vitamin B5, vitamin B6, vitamin B12, vitamin D, riboflavin, zat besi, selenium, seng, fosforus, sumber omega 3 dan masih banyak yang lainnya.

Tak ayal, banyak olahan daging sapi yang ada saat ini untuk bisa menikmati kelezatan daging sapi sekaligus berbagai macam gizi yang ada di dalamnya.

Ada banyak sekali menu masakan dari olahan daging sapi yang satu ini. Jika sebagian orang berpikir bahwa memasak daging sapi tidaklah mudah, namun tidak dengan beberapa menu yang bisa Anda coba di bawah ini.

Sapi Lada Hitam

Resep Beef with Black pepper sauce
cookpad.com

Sapi lada hitam merupakan salah satu menu makanan olahan daging sapi yang wajib untuk Anda coba. Menu makanan yang satu ini tentu saja cocok untuk dihidangkan saat sedang berkumpul bersama dengan keluarga.

Nah, apa sajakah bahan yang harus Anda siapkan dan bagaimana cara membuatnya? Berikut akan dijelaskan untuk Anda.

Bahan-bahan yang harus disiapkan:

  1. 500 gram daging sapi dengan kualitas terbaik
  2. 1 siung bawang putih
  3. 1 buah bawang bombay
  4. 1 sendok teh gula
  5. 1 sendok teh garam
  6. 1 ruas jahe
  7. 1 sendok teh tepung maizena
  8. 1 sendok makan minyak goreng
  9. 2 bungkus saori saus lada hitam
  10. Kecap manis secukupnya
  11. 1 buah paprika

Langkah pembuatan sapi lada hitam

  1. Pertama, iris tipis-tipis daging sapi yang sudah Anda cuci bersih. Kemudian pukul-pukul. Tambahkan 1 sendok makan minyak minyak goreng, ½ sendok teh garam, 1 sendok teh tepung maizena serta 1 sendok teh kecap manis. Setelah itu, campurkan semua bahan tersebut dan diamkan selama 15 menit agar bumbu meresap.
  2. Langkah berikutnya, potong bawang Bombay dan paprika seukuran korek api.
  3. Haluskan jahe dan bawang putih.
  4. Setelah itu, panaskan minyak dan tumis jahe serta bawang putih yang sudah dihaluskan sampai harum. Jika sudah, masukkan bawang Bombay, tumis hingga bawang bombay menjadi layu.
  5. Jika sudah, masukkan daging sapi yang sudah didiamkan selama 15 menit. Tumis daging sapi tersebut hingga warna daging berubah. Apabila daging warna dari daging sapi sudah berubah, masukkan paprika hijau yang sudah diiris-iris tadi dan kembali ditumis hingga tekstur dari paprika hijau menjadi layu.
  6. Jika paprika hijau sudah layu, tambahkan sedikit air dan tambahkan 2 bungkus saori lada hitam. Aduk semua bahan hingga tercampur dengan rata. Anda bisa mencicipi rasanya apakah sudah pas atau belum. Apabila rasanya masih kurang, Anda bisa menambahkan garam, gula serta kecap. Kemudian aduk kembali hingga benar-benar merata.
  7. Tunggu hingga air sedikit meresap serta mengental.
  8. Apabila kuah sudah tinggal sedikit dan agak kental, tes rasa masakan. Jika dirasa sudah pas, maka makanan siap untuk dihidangkan.

Nah, sangat mudah bukan untuk membuat olahan daging sapi yang satu ini. Terlebih lagi, untuk membuat menu masakan Sapi Lada Hitam tersebut Anda tidak memerlukan bahan-bahan yang susah dicari. Proses pembuatan yang mudah dan cepat pun bisa jadi andalan buat Anda untuk menghidangkan menu makanan yang sehat untuk keluarga.

Selain olahan daging sapi tersebut, masih ada resep olahan daging sapi lainnya yang patut untuk Anda coba. Buat Anda yang penasaran, berikut adalah olahan daging sapi yang bisa Anda buat.

Beef Yakiniku

olahan daging sapi yakiniku
Pepper.ph

Melihat namanya saja pasti Anda mengira bahwa proses pembuatan olahan daging sapi yang satu ini cukup rumit. Terlebih lagi, menu makanan tersebut biasanya ditemukan di beberapa restoran.

Namun, siapa sangka, jika proses memasaknya pun sangatlah mudah. Selain itu, bahan-bahan yang harus Anda siapkan pun sangat mudah dicari di pasar ataupun supermarket. Berikut cara pembuatannya:

Bahan-bahan yang harus disiapkan

  1. 250 gram daging sapi segar
  2. 1 buah bawang bombay (iris sesuai dengan selera Anda)
  3. 2 buah cabe merah besar (buang isi atau bijinya, kemudian potong kecil dengan cara menyerong)
  4. 2 siung bawang putih (cincang hingga halus)
  5. 2 sendok makan kecap manis
  6. 1 sendok makan kecap asin
  7. 1 sendok teh saus tiram
  8. ½ sendok teh merica bubuk
  9. Lada secukupnya
  10. ½ sendok teh garam
  11. ½ sendok teh gula
  12. Air yang sudah matang secukupnya
  13. Minyak goreng secukupnya.

Cara pembuatan Beef Yakiniku

  1. Bersihkan daging sapi hingga benar-benar bersih. Setelah itu, potong daging menjadi bagian yang kecil-kecil. Tusuk daging dengan menggunakan garpu atau Anda bisa memukul-mukul daging dengan menggunakan cobek hingga ukuran daging menipis.
  2. Masukkan kecap manis. Kecap asin, saus tiram, bawang putih yang sudah dicincang halus dan lada bubuk kemudian aduk hingga rata. Rendam daging sapi kedalam bumbu. Diamkan selama kurang lebih 30 menit lamanya.
  3. Setelah itu, panaskan minyak goreng, tumis daging sapi yang sudah dibumbui. Jangan lupa untuk memasukkan bumbu rendaman daging. Tumis daging hingga berubah warna, tumislah dengan api yang besar.
  4. Tambahkan gula dan garam secukupnya, kemudian aduk sampai daging setengah matang.
  5. Langkah selanjutnya, tambahkan air matang secukupnya. Diamkan sampai air sedikit menyusut dan daging matang. Masukkan cabai serta bawang bombay ke dalamnya dan aduk hingga benar-benar rata.
  6. Jika sudah matang, Anda bisa menyajikannya dengan menambahkan buncis, wortel dan juga kol. Selamat mencoba!

Bagaimana? Sangat mudah resep untuk membuat Beef Yakiniku yang satu ini? Jadi, Anda tak perlu repot-repot membeli Beef Yakiniku di restoran. Cukup dengan membuatnya sendiri di rumah dengan harga yang lebih murah dan tentunya lebih higienis.

Buat Anda yang ingin olahan daging sapi lainnya, di bawah ini masih ada beberapa menu dari daging sapi yang wajib untuk Anda coba. Nah, kira-kira menu apa lagi yang bisa Anda coba?

Rawon Daging Sapi

olahan daging sapi rawon
pinterest.com

Makanan khas daerah yang satu ini biasanya Anda temukan di beberapa warung makan yang menyajikan masakan khas nusantara. Namun, untuk bisa menikmatinya, kini Anda bisa membuatnya sendiri di rumah. Berikut beberapa bahan yang harus Anda siapkan serat cara pembuatan dari Rawon Daging Sapi yang satu ini.

Bahan-bahan yang harus disiapkan:

  1. 250 gram daging sapi yang masih segar
  2. 1 bumbu jadi rawon
  3. 4 siung bawang putih
  4. 4 siung bawang merah
  5. 1 lembar daun salam
  6. 4 lembar daun jeruk
  7. 2 buah klewek
  8. 1 buah sereh yang sudah digeprek
  9. Toge secukupnya
  10. Kerupuk udang
  11. Telur asin
  12. ¼ gula merah.

Proses pembuatan rawon daging sapi

  1. Langkah pertama yang harus Anda lakukan ialah dengan membersihkan daging sapi segar hingga benar-benar bersih. Kemudian, potong daging sapi menjadi bagian yang lebih kecil. Setelah itu, rebus daging sapi yang sudah dipotong hingga benar-benar empuk. (Air bekas rebusan daging sapi jangan dibuang karena bisa digunakan sebagai kaldu).
  2. Geprek beberapa bumbu seperti bawang, sereh dan kleweh kemudian tumis hingga bumbu mengeluarkan aroma yang harum.
  3. Jika sudah harum, masukkan bumbu ke dalam rebusan kaldu dan jangan lupa untuk menambahkan gula merah.
  4. Masak sampai wangi dan empuk. Tambahkan daun jeruk.
  5. Setelah itu, sajikan Rawon Daging Sapi bersama dengan pelengkap makanan seperti telur asin, kerupuk udang dan toge. Masakan siap untuk dinikmati.

Sangat mudah bukan? Apalagi, bahan-bahan yang harus Anda gunakan pun sangat mudah untuk ditemukan di pasaran. Jadi, Anda tidak perlu jauh-jauh ke rumah makan yang menyediakan Rawon Daging Sapi, karena Anda bisa membuatnya sendiri di rumah. Nah, untuk makanan yang satu ini sangat nikmat jika Anda santap saat musim hujan.

Ada banyak sekali olahan daging sapi yang bisa Anda pilih untuk menu masakan sehat keluarga Anda. Selain beberapa menu diatas, ada lagi satu menu yang tidak boleh untuk Anda lewatkan. Apakah itu?

Sop Daging Sapi

sop daging sapi
Pinterest.com

Sop Daging Sapi menjadi menu yang sangat cocok untuk dinikmati kapanpun itu. Baik saat musim hujan atau saat musim panas, kuahnya yang segar pastinya menjadi ciri khas sendiri dari menu makanan tersebut. Tak hanya itu, bahkan olahan daging sapi yang satu ini juga sangat sehat karena dilengkapi dengan berbagai macam sayuran yang tinggi akan nutrisinya. Cara pembuatannya pun sangat mudah seperti yang akan dijelaskan di bawah ini.

Bahan yang Harus Anda Siapkan:

  1. 500 gram daging sapi yang masih segar
  2. 1 buah wortel dengan ukuran sedang
  3. 1 buah kentang dengan ukuran sedang
  4. 10 buah buncis
  5. 2 helai jamur kuping dengan ukuran sedang

Bumbu halus untuk membuat sop daging sapi

  1. 3 butir kemiri yang sudah disangrai
  2. 5 buah bawang putih
  3. 1 sendok teh garam
  4. 1 sendok teh merica
  5. 3 lembar daun jeruk
  6. 10 buang bawang merah
  7. Kaldu sapi secukupnya
  8. Gula secukupnya
  9. 1500 ml air

Cara pembuatan sop daging sapi

  1. Bersihkan daging sapi, kemudian potong-potong daging sapi yang masih segar menjadi bagian yang lebih. Rebus daging sapi sampai air rebusan mendidih.
  2. Setelah itu, angkat daging sapi dan cuci hingga bersih, lalu tiriskan. Gantilah air yang baru untuk merebus daging sapinya kembali.
  3. Haluskan bumbu seperti bawang putih, merica dan kemiri.
  4. Iris sampai halus bawang merah kemudian tumis bersamaan dengan daun salam dan daun jeruk.
  5. Jika sudah, masukkan bawang putih yang sudah dihaluskan ke dalam tumisan bawang merang. Tumis bumbu tersebut hingga harum.
  6. Jika sudah harum, langkah berikutnya yakni masukkan bumbu tumisan ke dalam panci rebusan yang berisi daging. Jangan lupa tambahkan gula, garam serta kaldu.
  7. Masukkan berbagai macam sayuran secara berurutan mulai dari sayur dengan tekstur yang keras hingga sayuran yang gampang layu.
  8. Masak hingga matang
  9. Sajikan bersama dengan bawang goreng.

Mudah bukan sop daging sapi yang bisa Anda buat. Dengan berbagai macam olahan daging sapi yang sudah dijelaskan diatas tentu akan membantu Anda untuk bisa menikmati berbagai macam olahan daging sapi yang bervariasi. Selamat mencoba!

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This div height required for enabling the sticky sidebar
%d bloggers like this: