KINGPRASTYO.COM

Tempat Sharing Informasi Generasi Milenial

3 Varian Resep Sate Padang Spesial yang Lezat dan Bergizi

/
/
/
253 Views

Selain kaya akan budayanya, Indonesia juga sangat kaya akan kuliner yang dimiliki oleh setiap daerah. Tentu saja, setiap daerah yang ada di Indonesia memiliki kuliner khas masing-masing dengan rasa yang berbeda-beda. Salah satu kuliner khas yang sangat terkenal ialah Sate Padang.

Sate Padang ini sendiri merupakan kuliner khas Pulau Sumatera, terutama Sumatera Barat. Ternyata, nama dari Sate Padang ini merupakan sebuah nama untuk 3 varian rasa sate yang ada, yakni Sate Padang, Sate Pariaman dan Sate Padang Panjang.

Berbeda dengan jenis sate kebanyakan, Sate Padang ini dibuat dengan menggunakan berbagai macam olahan sapi, mulai dari daging sapi, lidah sapi, bahkan jeroan sapi (usus, jantung serta tetelan).

Setelah itu, sate akan disiram dengan menggunakan bumbu kuah kacang dengan tekstur seperti bubur. Nah, salah satu ciri khas masakan padang ialah rasa pedas yang dimilikinya, maka untuk memunculkan rasa pedas ini ditambahkan cabai yang sangat banyak.

Dengan cita rasanya yang sangat khas, tentu membuat Sate Padang memiliki banyak sekali penggemar. Sate Padang yang satu ini memang cocok untuk dijadikan menu favorit saat berkumpul bersama dengan keluarga.

Bagi Anda yang ingin menikmati Sate Padang, kini tak perlu repot lagi karena beberapa resep Sate Padang ini sangat mudah untuk Anda buat sendiri di rumah. Apa sajakah itu?

Sate Padang Istimewa

resep sate padang
plesirankotatua.blogspot.com

Untuk resep yang pertama, yakni ada Sate Padang yang original. Cara pembuatan yang sangat mudah tentu akan membantu Anda untuk bisa menghidangkan masakan yang lezat bagi keluarga. Apa sajakah resep dan cara pembuatan Sate Padang yang satu ini? Berikut penjelasannya.

Bahan-bahan untuk membuat Sate Padang

  1. 1 kilogram daging sapi/lidah sapi yang berkualitas tinggi
  2. 3 sendok makan tepung beras
  3. Garam secukupnya
  4. 1 liter air
  5. Minyak goreng secukupnya (digunakan untuk menumis).

Bumbu halus:

  1. 4 siung bawang putih iris (digunakan untuk merebus daging)
  2. 2 sendok makan bumbu kari
  3. 5 buah cabe merah
  4. 10 siung bawang merah
  5. 8 siung bawang putih
  6. 5 butir kemiri
  7. 2 ruas kunyit
  8. 1 ruas jahe
  9. 3 ruas lengkuas.

Bumbu iris (ditumis):

  1. 3 siung bawang merah
  2. 3 siung bawang

Bumbu utuh:

  1. 3 butir asam kandis
  2. 1 lembar daun kunyit
  3. 2 batang sereh
  4. 6 lembar daun jeruk.

Proses pembuatan Sate Padang

  1. Bersihkan daging/lidah sapi yang sudah Anda pilih. kemudian, rebus dengan menggunakan 1 liter air. Jangan lupa untuk menambahkan bawang putih yang sudah diiris dan garam. Tunggu sampai daging benar-benar empuk dan air mulai menyusut.

Jangan lupa untuk membuang setiap kotoran yang mengambang di air. Setelah daging mulai empuk, kemudian angkat daging, potong tipis-tipis, lalu masukkan kembali ke dalam kuah kaldu dan matikan apinya.

  1. Langkah selanjutnya yakni tumis bumbu iris yang sudah disiapkan sampai harum. Setelah itu, tambahkan bumbu utuh. Masukkan bumbu halus yang sudah Anda siapkan, masak sampai bumbu matang.

Jika sudah, masukkan tumisan tersebut ke dalam kuah kaldu. Diamkan selama 15 hingga 30 menit lamanya sampai bumbu benar-benar meresap ke dalam daging. Jika sudah, angkat dan sisihkan daging.

  1. Tusuk daging yang sudah matang dengan menggunakan tusuk sate. Kemudian, bakar sate dengan menggunakan arang seperti membakar sate pada umumnya.
  2. Langkah keempat yakni cara membuat kuah Sate Padang. Pertama, larutkan tepung beras dengan menggunakan air dingin sedikit saja. Masukkanlah ke dalam kuah kaldu, panaskan dengan menggunakan api sedang dan terus diaduk agar tidak menggumpal. Untuk kekentalan dari kuah Sate Padang ini sesuai dengan selera Anda.
  3. Jika sudah, Anda bisa menata Sate Padang di atas piri Tambahkan garnish seperti cabai dan tomat untuk mempercantik tampilan. Nah, Sate Padang siap untuk Anda nikmati.

Beberapa langkah yang harus Anda lakukan di atas tentu akan sangat membantu Anda dalam belajar memasak Sate Padang. Sangat mudah bukan? Pembuatan Sate Padang yang cukup berbeda jika dibandingkan dengan pembuatan sate pada umumnya membuat rasa dari Sate Padang selalu memiliki ciri khas tersendiri.

Buat Anda yang ingin memasak menu Sate Padang lainnya dengan varian rasa yang berbeda, di bawah ini ada menus Sate Padang yang unik dan patut untuk Anda coba.

Sate Padang Danguang-Danguang

masakan sate khas padang
jalanterus.id

Cukup berbeda dengan Sate Padang pada umumnya, untuk varian Sate Padang yang satu ini sangat cocok bagi Anda para pecinta kuliner yang ingin merasakan variasi Sate Padang yang berbeda namun tetap tidak melupakan ciri khas masakan dari Sumatera Barat tersebut.

Buat Anda yang ingin berkreasi dengan menu masakan yang satu ini, berikut adalah beberapa bahan dan cara pembuatan Sate Padang Danguang-Danguang.

Bahan tumis daging

  1. 600 gram daging sapi has dalam, potong dengan bentuk dadu
  2. 2 batang serai (digeprek)
  3. 2 lembar daun jeruk
  4. 2 lembar daun kunyit
  5. 3 sendok makan minyak (digunakan untuk menumis)
  6. ½ buah kelapa parut (agak muda)
  7. 25 sampai 30 lidi tusuk sate.

Bumbu halus (untuk kuah sate):

  1. 4 sendok makan tepung beras
  2. 1 ½ sendok makan kari bubuk
  3. 200 ml santan kental
  4. 1 sendok makan garam
  5. 1 sendok teh jinten
  6. 1 sendok makan ketumbar
  7. 3 cm kunyit (iris kasar)
  8. 3 cm jahe (iris kasar)
  9. 5 cm lengkuas
  10. 5 buah cabe merah
  11. 10 buah bawang merah
  12. 5 siung bawang putih.

Cara pembuatan Sate Padang Danguang-Danguang

  1. Panaskan minyak di atas wajan, tumis bumbu halus sampai benar-benar harum, kemudian tambahkan daun jeruk serta daun serai. Tumis hingga daun jeruk dan daun serai menjadi layu.
  2. Masukkan setengah bagian dari bumbu tersebut ke dalam panci yang berisi daging sapi. Tambahkan kelapa parut serta kaldu. Masak dengan menggunakan api yang kecil. Masak hingga matang dan angkat.
  3. Langkah selanjutnya, tusuk daging dengan menggunakan lidi sate. Anda bisa memasukkan daging Sate Padang 3 hingga 4 potong daging setiap lidi sate.
  4. Bakar sate dengan menggunakan bara api. Bakar seperti membakar sate pada umumnya. Jangan lupa untuk membolak-balikkan sate agar matang secara sempurna dan tidak gosong.
  5. Cara membuat kuah sate: campurkan sisa bumbu halus serta santan kental dan juga kari. Tambahkan pula tepung beras, aduk secara terus-menerus hingga kuah mengental, jika sudah kemudian angkat.
  6. Tata Sate Padang Danguang-Danguang diatas piring, tambahkan lontong dan siram dengan menggunakan Sate Padang. Taburkan bawang goreng serta tambahkan beberapa garnish seperti seledri dan tomat untuk mempercantik penampilan. Varian Sate Padang Danguang-Danguan siap untuk dihidangkan.

Mudah bukan untuk membuat varian Sate Padang yang satu ini. Dengan adanya santan kelapa kental di dalam Sate Padang tersebut tentu saja membuat varian menu masakan yang satu ini memiliki rasa yang gurih dan berbeda dari biasanya. Bagaimana? Apakah Anda berniat untuk mencobanya?

Selain kedua resep yang harus Anda coba diatas, dibawah ini masih ada lagi resep Sate Padang yang berbeda dari biasanya. Apakah itu?

Sate Padang Ayam

resep sate ayam padang spesial
travelercorner.com

Jika pada umumnya Sate Padang menggunakan daging, lidah serta jeroan yang berasal dari sapi, namun cukup berbeda untuk satu yang satu ini. Dimana resep dari Sate Padang yang cukup unik ini dibuat dengan menggunakan daging ayam.

Untuk rasanya? tentu, rasa yang dihasilkan sama seperti sate pada umumnya, namun bedanya car4a masaknya sama dengan membuat Sate Padang. Buat Anda yang sudah penasaran dengan resep dan cara pembuatannya, berikut penjelasannya untuk Anda.

Bahan-bahan yang harus Anda siapkan

  1. 500 gram daging ayam segar (bagian dada)
  2. 2 sendok makan tepung beras, larutkan dengan menggunakan 4 sendok makan air
  3. Bawang goreng secukupnya (untuk dijadikan taburan)
  4. Garam secukupnya
  5. Air secukupnya
  6. Minyak secukupnya (digunakan untuk menumis).

Bumbu cemplung:

  1. 5 cm kayu manis
  2. 2 butir cengkeh
  3. 1 buah bunga lawang (pekak)
  4. 2 butir kapulaga
  5. 1 lembar daun kunyit, simpulkan
  6. 5 lembar daun jeruk
  7. 2 batang serai (ambil bagian putihnya kemudian digeprek).

Bumbu halus:

  1. ½ buah pala
  2. 1 ruas jari lengkuas
  3. 1 ruas jari jahe
  4. 1 ruas jari kunyit, bakar
  5. 1 sendok teh merica butiran
  6. 1/3 sendok teh jinten sangrai
  7. 1 sendok the ketumbar, sangrai
  8. 3 cabe merah keriting
  9. 5 siung bawang putih
  10. 10 butir bawang merah.

Cara pembuatan

  1. Bersihkan daging ayam hingga benar-benar bersih. Kemudian potong dadu namun jangan terlalu kecil. Rebus daging ayam sebentar lalu angkat dan buang airnya.
  2. Panaskan minyak di atas wajan, tumis bumbu halus ditambah daun jeruk, daun kunyit dan serai hingga harum. Setelah itu, masukkan kapulaga, pekak, kayu manis dan cengkeh, kemudian aduk rata. Masukkan air agak banyak, dan tunggu hingga mendidih.
  3. Setelah mendidih, masukkan daging ayam yang sudah direbus. Setelah itu, tambahkan garam dan masak hingga matang serta bumbu meresap dengan semp Tes rasa, jika sudah pas Anda bisa mengangkatnya.
  4. Tusukkan daging ayam ke tusuk sate yang sudah disediakan. Bakar di atas pemanggang dengan menggunakan bara api agar rasanya lebih lezat. Jangan lupa untuk mengolesi sate dengan menggunakan margarine sesekali.
  5. Membuat kuah sate: saring bekas kuah yang sudah digunakan untuk memasak daging ayam, tambahkan larutan tepung beras, maka dengan menggunakan api sedang, kemudian aduk hingga kuah benar-benar kental.
  6. Hidangkan sate yang sudah masak di atas piring. Anda bisa menambahkan lontong, siramkan kuah Sate Padang yang sudah Anda buat. Taburkan bawang goreng secukupnya. Bagi Anda penyuka rasa pedas, Anda bisa menambahkan potongan cabe di sate.

Bagaimana? Sangat mudah bukan proses pembuatan untuk varian sate yang satu ini? Nah, dengan adanya 3 resep diatas, tentu akan sangat membantu Anda menghidangkan menu masakan Sate Padang untuk keluarga tercinta.

Buat Anda yang tidak menyukai daging sapi, ada resep Sate Padang dengan menggunakan daging ayam yang sudah dijelaskan di atas. Semoga pembahasan mengenai resep Sate Padang ini bermanfaat untuk Anda. selamat mencoba!.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This div height required for enabling the sticky sidebar
%d bloggers like this: