KINGPRASTYO.COM

Tempat Sharing Informasi Generasi Milenial

Home / Resep Makanan / Menu Steak Daging Sapi Spesial yang Berbeda Dari Biasanya

Menu Steak Daging Sapi Spesial yang Berbeda Dari Biasanya

/
/
/
238 Views
img

Daging sapi menjadi salah satu daging yang bisa diolah menjadi berbagai macam jenis makanan. Rasanya yang lezat memang selalu menjadi idaman bagi sebagian besar orang. Selain diolah menjadi aneka macam masakan nusantara, daging sapi juga diolah menjadi berbagai menu lainnya.

Salah satunya yakni steak daging sapi. Pastinya, Anda sering menemukan menu makanan yang satu ini di beberapa restoran ataupun kedai makanan yang menyajikan menu makanan yang satu ini. Rasa yang lezat dari sebuah daging sapi panggang yang dibumbui dengan bumbu khusus memang menjadikan olahan daging sapi ini makanan favorit bagi sebagian besar orang.

Buat Anda para pecinta steak daging sapi, kini tak perlu repot-repot membelinya di restoran ataupun di kedai makanan, karena Anda bisa membuatnya sendiri di rumah. Tentu saja, selain lebih higienis, membuat steak  dari daging sapi juga lebih menghemat biaya.

Penasaran, dengan resep membuat steak dari daging sapi yang satu ini? Nah, bagi Anda yang sudah tidak sabar untuk memasak steak dengan menggunakan daging sapi spesial, di bawah ini ada beberapa resep yang bisa Anda tiru untuk memasak steak daging sapi yang enak dan lezat.

1. Steak Sapi Saus BBQ

  • resep daging sapi
    laurengreutman.com

Siapa yang tidak suka dengan lezatnya saus BBQ? Rasa saus yang berbeda dari biasanya memang menjadi kesukaan bagi sebagian besar orang. Buat Anda para pecinta steak, Anda bisa menyiramkan saus BBQ diatasnya untuk menciptakan rasa steak yang lebih lezat. Cara membuat Steak Sapi Saus BBQ ini pun sangatlah mudah, ada beberapa langkah yang harus Anda lakukan agar bisa memasak steak yang enak.

Bahan Untuk Membuat Steak Sapi Saus BBQ

  • 250 gram daging sapi yang berkualitas dan masih segar
  • Garam secukupnya
  • Lada secukupnya
  • Nanas
  • Jeruk nipis
  • 2 siung bawang putih
  • Saus BBQ.

Cara Memasak Steak Sapi Saus BBQ

  1. Cuci daging sapi dengan menggunakan air mengalir
  2. Masukkan daging sapi ke dalam sebuah wadah. Tambahkan nanas dan jeruk nipis. Rendam daging sapi dengan kedua bahan tersebut selama 10 sampai 15 menit lamanya (hal ini bertujuan agar daging menjadi lebih empuk)
  3. Setelah itu, panaskan teflon dan tambahkan minyak goreng secukupnya. Tunggu sampai minyak menjadi panas dan masukkan daging sapi yang sudah empuk. Jangan lupa untuk menambahkan bawang putih yang sudah digeprek terlebih dahulu.
  4. Masak hingga daging sapi berubah warna dan matang
  5. Jika daging sudah matang, angkat daging kemudian rendam dengan menggunakan saus BBQ. Lalu, masak kembali sebentar saja
  6. Steak siap untuk dihidangkan. Anda bisa menambahkan saus pedas jika Anda menyukai rasa pedas. Percantik tampilan steak dengan tambahan kentang goreng, buncis dan wortel yang sudah direbus terlebih dahulu.

Nah, agar steak daging sapi yang Anda masak tersebut memiliki rasa yang lezat, pilihlah daging sapi yang masih segar dengan warna yang masih merah. Daging sapi ini tentu akan lebih empuk dan enak saat dimasak. Mudah bukan? Apalagi, bahan yang harus Anda siapkan tidak seribet seperti apa yang Anda pikirkan.

Nah, apakah masih ada menu steak daging sapi lainnya yang bisa Anda pilih? Tentu saja masih ada. Untuk menu yang satu ini bisa dibilang cukup berbeda jika dibandingkan dengan steak dari daging sapi lainnya. Apakah itu dan bagaimana proses pembuatannya? Penasaran? Berikut penjelasannya untuk Anda.

2. Saikoro Beef Steak Curry

daging sapi kari
taste.com.au

Buat Anda yang ingin hidangan steak daging sapi yang beda dari biasanya, maka Anda bisa mencoba menu satu ini. Saikoro Beef Steak Curry merupakan perpaduan antara steak sapi dengan kuah curry yang kental dan lezat. Cara membuat menu masakan yang satu ini pun sangat mudah, berikut beberapa bahan serta cara pembuatannya.

Bahan Untuk Kuah Curry

  • 750 ml kaldu ayam
  • 4 buah wortel, iris dengan ukuran sedang
  • 2 sampai 3 buah kentang yang berukuran besar, iris dengan ukuran sedang
  • 4 batang bawang prei, kemudian potong memanjang
  • 1 buah bawang bombay besar, iris dengan ukuran sedang
  • 8 sampai 10 bawang putih cincang
  • 2 ruas jari jahe digeprek
  • 4 sampai 5 sendok makan creamer (fiber crème)
  • Garam secukupnya
  • Gula secukupnya
  • Lada secukupnya.

Bahan Untuk Topping

  • 300 gram Saikoro beef cube
  • Garam secukupnya
  • Lada hitam secukupnya
  • 4 siung bawang putih iris tipis

Cara Memasak Saikoro Beef Steak Curry

  1. Langkah pertama untuk memasak Saikoro Beef Steak Curry yang satu ini ialah dengan merebus kuah dan bumbunya dalam satu wadah selama kurang lebih 1 hingga 2 jam. Pastikan bahwa wortel dan kentang dimasak hingga empuk
  2. Setelah wortel dan kentang mulai empuk, tambahkan creamer ke dalamnya. Masukkan creamer sesuai selera hingga kuah mengental
  3. Jika kuah sudah mengental, masukkan garam, lada dan gula sesuai dengan selera Anda. Aduk hingga semuanya tercampur rata. Jangan lupa untuk mencicipi rasa kuah apakah sudah pas atau belum. Jika Anda ingin rasa masakan yang lebih lezat, Anda bisa menggunakan bubuk dashi dan mirin sebagai pengganti gula.
  4. Apabila kuah sudah jadi, panaskan minyak dan goreng irisan bawang putih hingga berubah warna menjadi kecoklatan, kemudian tiriskan
  5. Pakailah sisa minyak yang digunakan untuk menggoreng irisan bawang tersebut untuk menumis saikoro beef steak cube yang telah Anda siapkan
  6. Agar bisa menciptakan kematangan yang sempurna dari daging saikoro beef cube yang satu ini, Anda harus memasaknya dalam suhu ruangan. Selain itu, Anda juga harus membalikkan setiap sisi dari daging saikoro beef cube setelah 20 sampai 25 detik saat dimasak.

Untuk bisa mendapatkan tingkat kematangan yang medium, masaklah saikoro beef cube selama 2 hingga 3 menit saja. Setelah itu, taburkan garam dan lada hitam diatas saikoro beef cube setelah daging matang.

  1. Terakhir, Anda bisa menikmati curry yang disiram di atas nasi panas. Tambahkan topping saikoro beef cube ini serta taburan bawang goreng diatasnya. Saikoro Beef Steak Cube siap untuk Anda nikmati.

Tak butuh waktu yang lama dan proses yang ribet bukan untuk memasak daging steak sapi yang lezat satu ini? Sudah tidak sabar untuk mencobanya? Sajikan hidangan lezat dan enak untuk keluarga Anda. Selamat Mencoba!

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This div height required for enabling the sticky sidebar
%d bloggers like this: